Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop Dengan Mudah

3 min read

cara menghilangkap iklan di laptop

Iklan yang entah dari mana datangnya dan tiba-tiba muncul di layar laptop tentu sangat mengganggu. Apalagi kalau iklan tersebut berisi hal yang memalukan dan tidak Anda inginkan. Tenang saja, ada beberapa cara menghilangkan iklan di laptop yang bisa dilakukan untuk membersihkan laptop Anda.

Biasanya, iklan-iklan yang tidak dikehendaki tersebut akan muncul segera setelah laptop tersambung ke internet. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kemunculan iklan di layar laptop Anda. Simak 5 cara berbeda dalam melenyapkan iklan hingga tuntas di bawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan di Laptop

Di bawah ini adalah 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk memusnahkan iklan-iklan mengganggu yang sering muncul mendadak di layar laptop Anda. Iklan bisa muncul dari mana saja dan tentunya tiap sumber iklan memerlukan penanganan yang berbeda. Jadi pastikan Anda mencoba cara-cara berikut ini.

  1. Melenyapkan Aplikasi yang Mencurigakan

Aplikasi atau software yang Anda unduh dan pasang di laptop bisa menjadi salah satu sumber munculnya iklan yang tidak Anda sukai. Dibawah ini adalah petunjuk lengkap yang bisa Anda ikuti untuk menghapus pemberitahuan iklan yang sering muncul di laptop dan komputer Anda:

  • Jalankan Control Panel dengan mengetikkan Control Panel pada kolom pencarian laptop dan tekan tombol Enter.
  • Setelah jendela Control Panel terbuka, masuk ke menu Uninstall Program.
  • Akan muncul halaman berisi daftar software yang terpasang di laptop Anda. Pilih software atau aplikasi mencurigakan yang kemungkinan merupakan sumber munculnya iklan-iklan yang mengganggu.
  • Klik kanan software atau aplikasi tersebut kemudian pilih Uninstall untuk melenyapkan software beserta semua iklan yang dibawanya.

Baca Juga : Cara Melihat Tipe Laptop

Baca Juga:

Jika software yang mencurigakan sudah dilenyapkan tetapi iklan-iklan masih tetap saja mengganggu aktivitas Anda dalam menggunakan laptop, Anda perlu mempelajari langkah berikutnya di bawah ini yang tidak kalah penting.

  1. Melakukan Scanning untuk Mencari Virus Berbahaya

Internet adalah salah satu sumber virus. Tapi laptop Anda juga bisa terserang virus dari flashdisk yang pernah tersambung ke port laptop Anda. Gunakan software Windows Defender untuk melakukan pencarian virus yang berbahaya dan mendatangkan iklan yang mengganggu.

  • Buka aplikasi bawaan Windows Defender yang sudah terinstall di laptop Anda.
  • Lalu pada tab Home pilih Quick di bagian Scan options kemudian klik pada tombol Scan Now.
  • Tunggu sampai proses scanning virus benar-benar selesai.
  • Langkah selanjutnya dari cara menghilangkan iklan di laptop ini adalah menghapus seluruh virus yang dideteksi oleh software Windows Defender.
  • Setelah menghapus semua virus tersebut, lakukan restart pada laptop.

Jika semua iklan yang muncul tiba-tiba pada laptop memang diakibatkan oleh seluruh virus tersebut, iklan-iklan tersebut seharusnya sudah tidak lagi menampakkan diri sejak Anda merestart laptop Anda. Tetapi jika iklan masih saja mengganggu performa laptop, cobalah cara ketiga berikut ini.

  1. Menghapus Berbagai File Temporary

File temporary adalah file yang berisi sekelompok data yang otomatis tersimpan setiap kali laptop Anda digunakan. File ini memiliki berbagai fungsi misalnya menyimpan berbagai data aplikasi iklan. Untuk menghilangkan iklan, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows Menu serta tombol R bersamaan untuk membuka command Run.
  • Pada bagian kolom Open, ketikkan temp lalu tekan tombol OK untuk mencari file-file temporary.
  • Klik tombol OK sekali lagi untuk memberikan konfirmasi pencarian file temporary.
  • Jendela baru akan muncul dan menunjukkan banyaknya folder beserta file yang berisi file temporary. Hapus semua data yang muncul.
  • Kemudian jalankan command Run sekali lagi tapi ketikkan %temp% pada kolom Open dan klik tombol OK.
  • Setelah jendela berisi file dan folder temporary muncul lagi, hapus lagi semua data
  • Langkah terakhir adalah melakukan restart pada laptop untuk menyegarkan performa laptop.

Kalau Anda masih menemui berbagai iklan yang muncul setelah mengikuti langkah-langkah di atas, bisa jadi iklan yang muncul datang dari aplikasi yang paling sering Anda gunakan, yaitu Google Chrome. Jika masalah ini muncul dari Google Chrome, gunakan cara keempat di bawah ini.

  1. Menghilangkan Iklan Aplikasi Google Chrome

Sebagai browser yang paling banyak digunakan, Google Chrome hadir dengan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi browser yang lain. Memiliki tampilan yang bersih serta performa yang stabil adalah kriteria utama Google Chrome.

Baca Juga : Cara Merekam Layar Laptop

Sayangnya, iklan dari aplikasi ini bisa muncul di layar laptop Anda setelah pengguna aplikasi ini baik secara sengaja maupun tidak sengaja memberikan izin pada situs tertentu untuk mengirimkan push notification. Beruntung Anda bisa mengikuti cara menghilangkan iklan di laptop berikut ini.

  • Buka software Google Chrome yang terpasang di laptop.
  • Klik tombol menu atau icon tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas jendela Google Chrome.
  • Pilih menu Settings kemudian klik pada tab Privacy and Security yang terletak di panel bagian kiri layar Google Chrome.
  • Klik pada pilihan Site Settings yang berada di panel sebelah kanan layar, lalu pilih menu Notifications.
  • Anda akan melihat daftar situs web yang diperbolehkan untuk menampilkan iklan pada layar laptop Anda. Klik icon tiga titik di samping situs web tersebut lalu pilih Remove atau Block untuk melenyapkan iklan yang mengganggu.
  • Ulangi langkah diatas untuk menghapus seluruh iklan yang diperbolehkan oleh aplikasi Google Chrome. Setelah semua situs web tersebut tidak boleh lagi menampilkan iklan, seharusnya semua iklan tidak lagi tampak di layar laptop Anda.

Selanjutnya, sewaktu menggunakan aplikasi Google Chrome untuk menjelajahi berbagai situs web, pastikan Anda membaca notifikasi penawaran yang muncul. Jika Anda tidak menginginkan iklan apapun, jangan izinkan situs web apapun mengirimkan penawaran dan notifikasi ke laptop Anda.

  1. Menghentikan iklan dari File Explorer

Biasanya, ketika menelusuri folder dan file yang terdapat di laptop Windows 10, akan muncul iklan untuk Microsoft 365 atau OneDrive. Jika Anda merasa terganggu dengan hadirnya iklan-iklan tersebut, ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghentikan munculnya iklan tersebut.

  • Tekan tombol Windows Menu dan tombol E di keyboard laptop bersamaan untuk menjalankan aplikasi File Explorer.
  • Pilih tab Tampilan atau View lalu klik pada Opsi atau Options lalu klik pada pilihan Ubah Folder dan Opsi Pencarian atau Change folder and search options.
  • Buka pada tab View kemudian cari Tampilkan Pemberitahuan Penyedia Sinkronisasi yang terdapat di Pengaturan lanjutan. Hilangkan centang di samping pilihan tersebut.
  • Klik tombol Terapkan atau Apply kemudian klik OK. Keluar dari jendela File Explorer dan mulai ulang aplikasi untuk menikmati perubahannya.

Akhir Kata 

Nah demikianlah Kelima cara menghilangkan iklan di laptop ini terbukti sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja laptop karena berbagai iklan yang mengganggu performa laptop telah dilenyapkan sehingga program lain yang Anda jalankan bisa bekerja dengan lebih maksimal tanpa gangguan dari iklan yang tidak berguna.

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!