Cara Menghitung Berat Badan Ideal TNI, Lengkap dengan Contohnya

0
763
cara menghitung berat badan ideal tni

Cara menghitung badan berat ideal TNI – literasi Militer,- Bagi adek – adek yang lulus SMA dan ingin langsung bekerja. Mengikuti rekrutmen TNI tentu menjadi salah satu pilihan Favorit untuk segera dapat mendapatkan pekerjaan.

Untuk itu sebelum kamu lulus ada baiknya mempersiapkan diri baik terutama syarat fisik dan Syarat Administrasi. Syarat Fisik salah satunya adalah harus tahu bagaimana cara menghitung berat badan ideal TNI.

Selain untuk mengabdi sebagai Abdi Negara dengan menjadi Prajurit yang bertanggung jawab di garis terdepan untuk menjaga pertahanan negara. Jaminan gaji yang teratur walau tidak besar dan Jaminan hari tua serta kebanggaan keluarga. Juga menjadi alasan mengapa TNI menjadi Favorit bagi para pemuda saat ini.

Baca Juga : Tips Lolos Tes Samapta

Ada banyak macam tes yang harus dilalui untuk dapat lolos menjadi seorang Prajurit TNI. Antara lain Tes Administrasi , Tes Psikologi/ Psikotes, Tes Samapta/garjas, Tes Akademik, Tes Kesehatan, Tes mental Idiologi dan beberapa macam tes lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Tes Postur dalam seleksi rekrutmen TNI. Sebuah tes yang dianggap enteng namun ternyata banyak juga para peserta tes yang gugur dalam tes ini khususnya cara menghitung berat ideal untuk memenuhi Syarat Fisik Masuk TNI .

Tes Postur TNI

Tes Postur TNI merupakan kelanjutan dari tes kesamaptaan, dimana dalam tes ini akan diteliti secara cermat bentuk tubuh setiap calon prajurit. Antara lain meliputi bentuk tangan, bentuk kaki, berat badan, kondisi telapak tangan dan kaki, keseimbangan tubuh, geometri simetris tubuh casis, hingga cara berjalan.

tes-postur-tni-1

Artikel Terkait :

Penilaian Posyur tubuh TNI ini dilakukan tentunya untuk mendapatkan seorang Prajurit dengan Berat badan Ideal. Serta kualitas tubuh yang baik, Kekuatan Fisik dan mempunyai mobilitas yang tinggi.

Dari sekian tes postur yang dilaksanakan banyak yang bertanya – tanya tentang cara menghitung berat badan ideal. Karena banyak yang merasa mempunyai berat badan dan tinggi tubuh yang baik namun tetap gagal dikarenakan mempunyai berat badan di luar batas maximal yang telah ditentukan.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal TNI

Kita sering atau terbiasa mendengar dan melaksanakan untuk mendapatkan berat badan ideal dengan hanya menggunakan rumus tinggi badan – 100. Hal ini sebenarnya adalah untuk menghitung berat badan Normal bukan Ideal. lalu bagaimana cara menghitung berat badan ideal ?. Yuk kita pelajari bersama.

Dalam dunia kedokteran ada beberapa cara dalam menghitung Berat Badan Ideal antara lain dengan cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI atau Body Mass Index dan Cara menghitung berat badan menggunakan rumus Brosca.

Dalam seleksi rekrutmen TNI sendiri cara yang digunakan dalam menghitung berat badan ideal sebagai syarat fisik masuk TNI adalah menggunakan cara Brosca.

cara menghitung berat badan Ideal TNI dengan menggunakan cara atau rumus Brosca adalah sebuah cara menghitung berat badan yang ditemukan oleh Pierre Paul Brosca.

cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Brosca ini terbagi menjadi 2 cara. Cara yang pertama yaitu rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan Laki – laki serta cara kedua adalah Rumus untuk menghitung berat badan Wanita.

berat-badan-ideal-tni

Rumus menghitung Berat Badan Ideal TNI Laki – Laki / Pria

Berat Badan Ideal ( dalam kg ) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

Contoh : Berat badan ideal untuk laki – laki dengan tinggi Tubuh 170 cm adalah

Berat Badan Ideal = { 170 (cm) – 100} – {[170(cm) – 100] x 10%}

Berat Badan Ideal = 70 – {70 x 10%}

Berat Badan Ideal = 70 – 7 = 63

Jadi Berat Badan Ideal untuk laki – laki atau Pria dengan tinggi tubuh 170 cm adalah = 63 kg

Rumus menghitung Berat Badan Ideal TNI Perempuan atau wanita

Berat Badan Ideal ( dalam kg ) = {tinggi badan (cm) – 100} – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh : Berat badan ideal untuk Perempuan / Wanita dengan tinggi Tubuh 160 cm adalah

Berat Badan Ideal = { 160 (cm) – 100} – {[160(cm) – 100] x 15%}

Berat Badan Ideal = 60 – {60 x 15%}

Berat Badan Ideal = 60 – 9 = 51

Jadi Berat Badan Ideal untuk Perempuan atau Wanita dengan tinggi tubuh 160 cm adalah = 51 kg

Saat ini anda telah dapat menghitung berat badan ideal yang anda miliki, namun apakah berarti bila kita mempunyai berat badan diatas atau dibawah berat badan ideal pasti tidak lolos dalam rekrutmen TNI ?

Tentu Tidak !!! ada batas maksimal bagaimana TNI menghitung berat badan dalam seleksi TNI. Baik itu batas maksimal atas atau juga berat badan batas maksimal bawah.

Berikut adalah penilaian Tabel berat badan TNI :

1. Ideal ( I ) = Memenuhi Syarat ( MS )

2. Harmonis Atas ( HA ) ( I + 5 ) = Memenuhi Syarat ( MS )

3. Harmonis Bawah ( HB ) ( I – 5 ) = Memenuhi Syarat ( MS )

4. Normal Atas ( NA ) ( I + 10 ) = Memenuhi Syarat ( MS )

5. Normal Bawah ( HB ) ( I – 10 ) = Memenuhi Syarat ( MS )

6. Limit Atas ( LA ) ( I +15 ) = Tidak Memenuhi Syarat ( TMS )

7. Limit Bawah ( LB ) ( I – 15 ) = Tidak Memenuhi Syarat ( TMS )

8. Luar Limit Atas ( LLA ) ( I + 20 ) = Tidak Memenuhi Syarat ( TMS )

9. Luar Limit Atas ( LA ) ( I – 20 ) = Tidak Memenuhi Syarat ( TMS )

Baca Juga :

Akhir Kata

Yup sekarang kita sudah tahu cara menghitung berat badan ideal TNI termasuk batas maksimal atas maupun batas maksimal bawah sebagai syarat fisik masuk TNI, bagi anda yang Tidak memenuhi syarat harus sudah mulai memprogram agar dapat tubuh yang ideal.

Namun perlu diingat bahwa penilaian diatas hannya sebagai bagian dari tes Postur yang masih banyak materi tes lainnya, sehingga jangan berpatokan kalo udah memliki badan ideal pasti lulus tes postur atau memiliki badan yang limit atas pasti tidak lolos.

Hal ini Karena dalam penilaian Postur merupakan gabungan dari keseluruhan nilai semua materi yang di teskan. Terima kasih demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara menghitung berat badan ideal, khususnya dalam rekrutmen TNI. semoga bermanfaat salam literasi militer.

Tinggalkan Balasan