Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Mengunci Aplikasi Di Iphone, Jaga Rahasia Tetap Aman

2 min read

Cara Mengunci Aplikasi Di Iphone Tanpa Aplikasi

Hai Sahabat Blog Militer Indonesia, HP Android dan Iphone sekarang menjadi 2 tipe telepon seluler yang merajai dan menjadi terpopuler di dunia. Hal ini tentunya karena keduanya mempunya beberapa kelebihan yang tak dimiliki oleh operating sistem lainnya seperti windows atau symbian. Nah kali ini kita akan bagikan salah satu kelebihan Iphone yaitu tentang bagaimana cara mengunci aplikasi Di Iphone.

Baca Juga:

Demi menjaga kerahasiaan mengunci layar saja tentunya tak cukup aman, hal ini karena dapat dibobol oleh orang tak bertanggung jawab dengan cara yang relatif mudah.

Dan ketika tak ada pengaman tambahan maka yang terjadi adalah ketika orang berhasil membuka layar depan maka semua akses ke aplikasi yang terinstall di iphone anda juga terbongkar.

Baca Juga:

Dengan begitu keamanan data serta aplikasi akan menjadi sangat rentan untuk disalahgunakan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu cara terbaik mencegahnya adalah dengan mengunci aplikasi – aplikasi dan data penting di Iphone yang anda miliki.

Artikel Menarik : Newapps.tech Instagram/privategram

Cara Mengunci Aplikasi Di Iphone Tanpa Aplikasi

Berikut ini akan kami bagikan beberapa alternatif yang bisa kamu coba guna mengunci aplikasi di iphone yang anda miliki agar rahasia anda terjamin keamanannya :

1. Menggunakan Touch ID

Cara mengunci aplikasi di iphone yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan yaitu Touch ID, jadi fitur ini adalah sistem keamanan dengan pemindaian sidik jari.

Langkah – langkah mengunci aplikasi iphone menggunakan touch id :

  1. Cari dan pilih menu ” Pengaturan atau Setting ” di iPhone.
  2. Klik Touch ID & Password.
  3. Masukkan Password.
  4. Pilih dan tekan aplikasi yang ingin anda kunci dengan Touch ID.
  5. Nah selanjutnya cara mengaktifkannya, Anda harus menambahkan beberapa sidik jari.
  6. Setelah selesai menambahkan sidik jari, silakan masuk kembali ke menu pengaturan / Setting >> Passcode & Touch ID.
  7. Aktifkan Passcode & Touch ID.
  8. Selesai

2. Menggunakan Face ID

Salah satu kelebihan iphone adalah dukungan teknis penuh dari apple, sehingga sering diluncurkan teknologi – teknologi baru yang memanjakan penggunanya.

Teknologi tersebut antara lain dengan diluncurkannya fitur face id, suatu teknologi yang sebenarnya telah digunakan oleh sang competitor android.

Jadi fitur ini adalah suatu sistem keamanan dengan menggunakan sistem pengenalan wajah sang pengguna, yang cara kerjanya sebenarnya mirip dengan touch id.

Dengan fitur ini kalian akan dapat mengunci dan membuka layar, membuka aplikasi, mengunci aplikasi, serta mengisi password secara otomatis.

Lalu bagaimana cara menggunakannya ? Tenang, kalian dapat ikuti langkah – langkah atau cara mengunci aplikasi dengan face id sebagai berikut :

  1. Cari danPilih Aplikasi Pengaturan di iPhone
  2. Klik Akun >> Privasi
  3. Setelah halaman selanjutnya muncul, scroll sedikit ke bawah untuk menemukan Kunci Layar.
  4. Cari dan tekan menu Face ID
  5. Pilih aplikasi yang ingin dikunci dengan Face ID

Bila cara ini tak berhasil berarti anda harus masuk terlebih dahulu dan mengunci aplikasi secara manual.

3. Menggunakan Fitur Restrictions

Selain mengunci aplikasi di iphone menggunakan face id atau touch id kali juga dapat menggunakan fitur Restrictions. kalian ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Pilih dan cari menu ” Pengaturan atau Setting “.
  2. Setelah muncul beberapa pilihan menu, pilih “General”.
  3. Selanjutnya, pilih dan tekan menu Restrictions.
  4. Aktifkan Restriction lalu pilih dan tekan menu Enable Restrictions. nantinya kalian harus memasukkan Passcode yang diminta.
  5. Pada halaman selanjutnya, lanjutkan dengan memilih aplikasi yang ingin dikunci.
  6. Selesai.

Baca juga: Cara Buka Data Flashdisk di HP Android

Cara Mengunci Aplikasi Di Iphone Dengan Aplikasi

1. Menggunakan Aplikasi AppLocker

Nah diatas tadi telah kita bahas 3 cara mengunci aplikasi di iPhone tanpa aplikasi tambahan alias menggunakan fitur bawaan yang telah disiapkan oleh iphone.

Selanjutnya kita akan mencoba mengunci aplikasi menggunakan aplikasi applocker yang dapat kalian download dan install melalui appstore dengan mudah.

Berikut langkah – langkah mengunci aplikasi di iphone menggunakan aplikasi applocker.

  1. Download dan install aplikasi applocker di iphone anda
  2. Buka aplikasi AppLocker
  3. Pilih dan klik Menu ” Pengaturan / Setting ” >>> Tekan tombol On
  4. Anda akan diminta untuk mengatur kata sandi untuk mengunci aplikasi
  5. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dikunci.
  6. Selesai.

5. Menggunakan aplikasi iProtect

Aplikasi berikutnya yang dapat kalian gunakan mengunci aplikasi dan dan di iphone adalah iprotect. Namun sayangnya aplikasi ini belum tersedia tersedia di AppStore.

  1. Download dan install iprotech dengan mengunjungi web cydia.
  2. Setelah terpasang di iphonemu, kemudian pilih dan Klik luka aplikasi iProtect.
  3. Disini kalian dapat memilih passcode dengan menggunakan kata sandi atau sidik jari.
  4. Selanjutnya pilih aplikasi mana saja yang ingin dikunci.
  5.  Tekan Save.
  6. Selesai.

Nah bila salah satu dari kelima cara diatas telah anda gunakan maka tidak ada lagi yang dapat membuka aplikasi dan menggunakan data yang ada di iphone yang kalian miliki.

Akhir kata

Sekarang aplikasi dan data kalian miliki telah aman, dan dari sekian banyak cara yang kami sampaikan. Team Blog Militer Indonesia merekomendasikan untuk mengunci aplikasi menggunakan cara tanpa aplikasi.

Hal ini menjaga terjadinya Bug apabila kalian menggunakan aplikasi tambahan, touch id dan face id yang disediakan oleh iphone sudah sangat cukup untuk digunakan guna mengunci aplikasi yang anda miliki.

Nah demikianlah pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara mengunci aplikasi di iphone baik tanpa aplikasi tambahan atau menggunakan aplikasi. selamat mencoba.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!