Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Menjadi Detektif Pemula Yang Handal

1 min read

cara menjadi detektif

Hai Sahabat Blog Militer Indonesia, Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang bagaimana cara menjadi Detektif Pemula Yang Handal.

Baca Juga:

Detektif Adalah Sebuah pekerjaan yang mempunyai Tugas menyelidiki suatu kejadian seperti sebuah kejahatan sehingga ditemukan pelaku dan kejadian sebenarnya.

Jadi di Negara kita istilah Detektif lebih familiar disebut juga dengan Penyidik seperti Penyidik KPK, POLRI, TNI, Kejaksaan dll

Detektif secara pekerjaan terjadi menjadi 2 yaitu Detektif Pemerintah yang bekerja bagi Pemerintahan yang resmi Seperti Detektif Polisi, Militer maupun Kejaksaan.

Yang kedua adalah Detektif Swasta yaitu detektif yang bekerja secara Komersial dan atas permintaan Client, untuk menjadi detektif swasta tentu juga perlu ada lisesensi Pemerintah.

Cara Menjadi Detektif

Untuk menjadi seorang Detektif baik Pemerintah Maupun Swasta ada beberapa cara yang dapat ditempuh yaitu antara lain sbb :

Ambil Pendidikan di Sekolah Intelijen / sandi

Cara Pertama untuk menjadi seorang detektif Profesional anda harus mendapatkan Ilmu Detektif dan Intelijen yang benar benar terakreditasi.

Di Luar negeri seperti Amerika Serikat sudah banyak perguruan tinggi yang menfasilitasi sesorang untuk menjadi seorang Detektif antara lain seperti CUNY John Jay College of Criminal Justice, City University of Seattle, Texas State University dan beberapa Universitas terkenal lainnya.

Sedangkan Di Indonesia baru ada 2 Perguruan tinggi yang benar benar mengajarkan tentang Ilmu Detektif ( Sesuai yang kami tahu ) yaitu Sekolah Tinggi Intelijen Negara / STIN dan Sekolah Tinggi Sandi Negara / STSN.

Kedua perguruan tinggi tersebut merupakan sekolah kedinasan yang mengajarkan ilmu detektif seperti materi Pengamanan, Penggalangan dan lebih khusus tentang Penyelidikan.

Setelah Lulus dari Perguruan tinggi tersebut barulah kalian akan menjadi seorang penyidik / Detektif Pemula Handal yang dapat bergabung dalam berbagai Institusi resmi seperti Kepolisian, TNI, Badan Intelijen Negara, Sandi dan Institusi pemerintah lainnya.

Menjadi Abdi Negara

Cara Kedua menjadi seorang detektif adalah mendaftar dan bergabung menjadi abdi negara seperti TNI, POLRI, Kejaksaan, Kemenkumham, Kemenhan dan intitusi lainnya.

Nah setelah lulus dan menjadi pegawai di beberapa institusi tersebut nanti akan ada penjurusan untuk menjadi seorang detektif atau penyidik yang bertugas mengungkap suatu kejadian dan kejahatan.

Menjadi Advokad / Pengacara

Cara Ketiga untuk menjadi seorang detektif adalah mengambil pendidikan jurusan Hukum di perguruan tinggi yang terakreditasi baik tentunya.

Setelah lulus dan menjadi sarjana dibidang hukum kalian juga harus mengambil keahlian profesi sebagai pengacara.

Dengan demikian kalian akan dapat bergabung dengan Firm atau perusahaan Advokat atau penasehat hukum.

Lho Kok Pengacara / Advokad / Penasehat Hukum ? Kok Bukan detektif ? Yup karena di Indonesia kita belum mengenal tentang institusi Detektif swasta yang mempunyai legalisasi dari pemerintah.

Nah dengan menjadi pengacara / Advokad kalian akan menjadi seorang detektif sekaligus membantu klien untuk mengungkap kejadian yang sedang menimpanya.

Akhir Kata

Di Luar negeri seperti USA dan negara barat lainnya sudah banyak Intitusi Swasta yang mewadahi keinginan warga negaranya menjadi detektif atau penyidik.

Di Indonesia untuk menjadi penyidik kita harus bergabung dengan Institusi negara yang resmi.

Nah Demikianlah kawan kawan pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara menjadi detektif, khususnya di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!