Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Pakai WiFi ID Di Laptop Dengan Mudah

3 min read

bagaimana cara pakai wifi id di laptop

Hai kawan selamat datang kembali di blog militer, Blog yang akan selalu berusahan untuk bersama sama meningkatkan kemampuan literasi agar kita lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan sukses dalam pekerjaan, Kali ini kita akan ulas tentang Cara Pakai WiFi ID Di Laptop dengan mudah, Penasaran ? ikuti terus ya !

Cara Pakai WiFi ID Di Laptop

Saat ini internet sudah sangat dibutuhkan apalagi internet yang memiliki kecepatan tinggi. Hal ini didukung karena perkembangan teknologi yang pesat ketika mengakses internet. Keberadaan jaringan internet juga sudah semakin mumpuni dan memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapatkan berbagai macam informasi dengan cepat dan praktis.

Salah satu cara untuk mengakses internet yaitu dengan memakai teknologi Jaringan wifi. Dimana wifi ini memungkinkan untuk kita dapat mengakses internet dengan kecepatan yang tinggi tanpa memerlukan kabel.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi ID Lemot Di Laptop Dan Android

PT Telkom merupakan suatu perusahaan yang menyediakan jaringan internet terbesar yang ada di Indonesia. Perusahaan ini memamhami kebutuhan internet yang cepat dan juga praktis bagi masyarakat di Indonesia.

Baca Juga:

 Wifi ID Adalah

Wifi id merupakan suatu jenis layanan internet publik yang berbasis teknologi wifi hotspot. Pada Wifi id tersedia koneksi internet wifi unlimited dan juga berbagai macam layanan multimedia lainnya yang mendukung puluhan ribu titik akses point (AP) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Wifi id menggunakan teknologi paling baru sesuai dengan standar EEE 802.11 yang populer digunakan untuk menghubungkan antar komputer, laptop, smartphone, dan berbagai perangkat lainnya. Selain itu juga menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet tanpa memakai kabel ataupun jaringan kabel LAN.

Melalui teknologi ini, Wifi id telah dilengkapi dengan fasilitas akses kontrol serta monitoring terpadu. Jadi, Wifi id dapat menyatukan sejumlah layanan broadband melalui tingkat yang lebih baik.

Untuk dapat memakai layanan Wifi id, pengguna harus ada di area yang menyediakan fasilitas Wifi.id ini. Selain itu juga harus memiliki voucher Wifi.id yang bisa dibeli sebelumnya pada tempat-tempat tertentu ataupun dengan cara memotong pulsa memakai format tertentu.

Wifi corner terdapat pada setiap wilayah yang memiliki pusat keramaian, misalnya seperti stasiun, bandara, mall, dan tempat umum lainnya. Karena harganya yang murah, maka Wifi.id dijadikan pilihan yang tepat untuk memperoleh akses internet cepat. Sehingga melaluinya kita dapat melakukan streaming, download, upload, menonton film dan untuk keperluan lainnya.

Ada saatnya kita akan mengalami kesulitan untuk mengakses Wifi.id. Walaupun untuk dapat mengakses Wifi.id hanya dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, namun  ada beberapa orang yang mungkin ingin mengetahui cara login Wifi.id secara gratis.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara pakai Wifi id di laptop sehingga dapat memudahkan Anda untuk dapat terhubung dan memakai internet yang berkecepatan tinggi. Langsung simak saja ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mengakses Wifi id

Untuk dapat mengakses wifi.id, pengguna harus mempunyai nama pengguna atau username dan kata sandi yang akan dipakai untuk login di halaman utama @wifi.id., Bukan dengan Cara Bobol WiFi Ya … hihihi :

Syarat agar bisa terkoneksi ke wifi.id adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna harus ada di lokasi yang menyediakan layanan SSID @wifi.id
  2. Harus mempunyai voucher wifi.id dengan tipe akses yang diinginkan untuk melakukan koneksi.

Nama pengguna dan kata sandi agar bisa melakukan login dan akses wifi.id dengan kecepatan hingga 100 Mbps, dapat Anda peroleh dengan beberapa cara ini, antara lain:

  • Voucher Fisik

Pembelian voucher ini bisa dilakukan di Plaza Telkom dan di konter-konter penjual pulsa terdekat. Selain itu, juga bisa membeli voucher elektrik melalui Tokopedia, Lazada, Hypermart, Informa, Carrefour, dan sebagainya.

  • Voucher 98108 (mekanisme memotong pulsa)

Voucher fisik atauapun voucher Wifi.id 98108 yang berlaku saat ini antara lain:

  1. Voucher dengan nominal Rp 5 ribu (masa berlakukanya sesuai zona)

Dibagi menjadi 3 zona, yakni :

  • Zona A (Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara) : durasi akses 6 jam
  • Zona B (Kalimantan dan Sulawesi) : durasi akses 4 jam
  • Zona C (Maluku dan Papua) : durasi akses hanya 2 jam
  1. Voucher nominal Rp 20 ribu (masa berlaku 7 hari untuk all zona)
  2. Voucher nominal Rp 50 ribu (masa berlaku 30 hari untuk all zona)
  • Id Seamless

Id Seamless ini dapat dipakai dengan berlangganan Rp 10 ribu/bulan per perangkat. Pengguna akan memperoleh akses kecepatan internet hingga 100Mbps di tempat umum yang berbasis wireless disediakan oleh Telkom

Cara Pakai Wifi ID di Laptop

Sebelum Anda memakai voucher-voucher tersebut untuk bisa memperoleh nama pengguna dan kata sandi, maka harus melakukan akses terlebih dahulu di halaman utama Wifi.id. Berikut ini cara pakai Wifi id di laptop :

  • Pertama, terlebih dahulu harus dapat memastikan bahwa laptop Anda telah mendetekasi sinyal Wifi id, yang dapat dilihat melalui taskbar laptop.
  • Kemudian pilih dan klik pada @Wifi.id.
  • Lalu klik tombol Connect.
  • Apabila telah berhasil mengakses ke Wifi id tersebut, maka tunggulah beberapa saat sampai muncul halaman utama Wifi id.
  • Setelah halaman Wifi id muncul, Anda dapat login dengan cara menuliskan nama pengguna dan kata sandi password Wifi id.

Cara Logout Wifi ID di Laptop

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk logout dari Wifi.id melalui browser:

  1. Bukalah browser yang ada di perangkat Anda terlebih dahulu.
  2. Masuk link https://landing2.wifi.id/wifi.id-new/default/landing/ pada browser Anda.
  3. Klik tulisan logout yang terdapat pada halaman tersebut.
  4. Apabila Anda ingin mengecek apakah sudah berhasil ter-logout atau belum, cobalah buka tab baru pada browser Anda dan kemudian masukkan alaman URL apapun. Jika alamat tersebut masih bisa diakses berarti logout belum berhasil.
  5. Cobalah untuk melakukan clear history di browser Anda, kemudian ulangi lagi langkah tadi dari awal.
  6. Dan apabila ternyata masih belum berhasil, maka setelah melakukan logout cobalah untuk menunggu sekitar 10 menit. Setelah itu login lagi ke Wifi id dengan menggunakan perangkat yang lain namun nama pengguna dan kata sandi yang digunakan sama. Cara yang terakhir ini biasanya berhasil dilakukan.

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai cara pakai Wifi id di laptop dan juga cara logout serta menyambung Wifi id, Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda untuk dapat dengan mudah terhubung ke Wifi id dan menikmati jaringan internet kecepatan tinggi. Selamat mencoba!

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!