Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Push Up Yang Benar Dalam Rangka Latihan Fisik Masuk TNI – POLRI

2 min read

cara Push up yang benar

Hai Gaess sahabat Blog Militer Indonesia, Kali ini kita akan kembali membahas tentang Tips Lolos tes Kesamaptaan khususnya dalam tes pendaftaran atau Rekrutmen TNI. Dan Kali ini yang kita akan ulas adalah Cara Push Up Yang Benar dalam rangka Latihan Fisik Masuk TNI – POLRI.

Push Up Adalah

Push Up adalah gerakan naik turun badan dengan bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki bagi pria atau lutut bagi perempuan.

Gerakan ini merupakan salah satu materi yang di ujikan dalam Tes Kesamaptaan baik dalam rangka menguji kesegaran jasmani Anggota maupun latihan Fisik masuk TNI – POLRI bagi para calon anggota TNI.

Push Up Ala Militer pada dasarnya sama dengan pelaksanaan Push Up normal, Namun dalam Push up Pendaftaran TNI ada batas minimal tertentu baik dari segi gerakan maupun jumlah yang harus dilaksanakan.

Baca Juga : cara Pull Up Yang Benar

Baca Juga:

Gerakan dan Cara Push Up yang benar selain membuat badan jadi sehat juga dapat membentuk otot menjadi kuat dan terlihat gagah.

Karena Gerakan ini melibatkan 3 otot sekaligus yaitu Otot Bahu, Otot Trisep ( lengan bagian atas ) dan Otot dada.

Walaupun terlihat mudah ternyata masih banyak yang belum bisa melakukan Gerakan Push Up dengan benar sehingga hasilnya pun kurang Optimal sedangkan untuk lolos tes samapta calon anggota TNI nilai 100 bagi kategori 1 adalah 41 kali.

Latihan Push Up

Berikut Beberapa Cara Push Up yang benar Ala Militer yang penulis buat sesuai pengalaman selama jadi anggota TNI sebagai salah satu latihan Fisik masuk TNI – POLRI :

1. Laksanakanlah latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Kamu harus menyesuaikan latihanmu dengan kemampuanmu. jangan langsung tancap gas dengan melaksanakan latihan berat yang dapat menyebabkan terjadinya cidera otot.

2. Laksanakan Push Up setiap hari dengan target yang jelas. contohnya tiap hari melaksanakan Push Up sebanyak 100 X terbagi menjadi 5 set ( 1 Set = 20 X ) .

Bisa dilaksanakan setelah bangun tidur, sebelum mandi atau sebelum tidur, intinya sehari harus 100 X Push Up.

Baca Juga : Psikotes Gambar Pohon

3. Setelah melaksanakan Push Up tambahkan gerakan Plank guna melatih otot perut dan kestabilan otot bahu dan dada. ini sangat beguna untuk meningkatkan daya tahan agar dapat melakukan repetisi lebih banyak.

4. Atur Waktu dalam pelaksanaan latihan disesuaikan dengan waktu saat tes yaitu 1 menit, hal ini untuk membiasakan latihan sesuai saat pengambilan nilai tes garjas.

5. Laksanakan latihan selama Maximal 5 hari dalam seminggu dan biarkan yang 2 hari untuk istirahat otot.

Cara Push Up yang Benar

1. Laksanakan Warming Up atau Pemanasan. Warming Up pada dasarnya dilaksanakan sebelum pelaksanaan latihan. Hal ini untuk memastikan agar otot siap untuk bekerja sehingga terhindar dari cidera.

2. Pastikan Posisi tangan dan kaki sudah benar ( Selebar Bahu ).

3. Kunci bahu, perut dan pergelangan tangan, titik beratkan otot yang digunakan pada otot Trisep dan Bahu.

4. Tarik nafas panjang dan tahan di perut, tahan semaximal mungkin gerakan Push Up yang bisa dikerjakan. (usahakan hingga 20 X gerakan Push Up ) .

5. Laksanakan Gerakan Push Up dengan Siku Lengan agak merapat ke badan Kurang lebih sudut 45 derajat ( Makin lebar akan makin terasa berat )

6. Bila sudah dapat 41 X gerakan atau nilai 100 sesuai kategori masing masing, segera turun dari tempat pengetesan atau berhenti melaksanakan Push Up karena selebihnya tidak dihitung. Hihihihi ……( simpan tenaga untuk Test berikutnya )

Kesimpulannya

Untuk mendapatkan hasil yang maximal dalam Latihan Fisik Masuk TNI – POLRI Khususnya saat pelaksanaan Tes Samapta maka Laksanakan latihan secara rutin sehingga otot – otot sudah siap saat melaksanakan Push up.

Demikian pembahasan tentang bagaimana Cara Push Up Yang Benar Dalam Rangka Latihan Fisik Masuk TNI – POLRI dari penulis. Semoga bermanfaat dan bagi adek adek yang akan mendaftar sebagai Calon Prajurit TNI, kami doakan mendapat hasil yang terbaik … Aamiin.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!