Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Reset MikroTik Routerboard Hap Lite, CCR1009, RB750r2 Dll

2 min read

Cara Reset MikroTik Routerboard

Mau akses mikrotik tapi lupa username dan kata kunci untuk login ? Adakah ada fitur yang dapat kita gunakan saat kita lupa password ? Jawabannya tidak ada, satu satunya cara agar kalian dapat kembali login adalah dengan mengatur ulang routerboard yang kalian miliki, Nah ada beberapa metode, dimana pada artikel kali ini akan kita ulas beberapa cara reset mikrotik router board. Simak hingga selesai ya.

Cara Reset MikroTik Routerboard

Tujuan dari Cara Reset MikroTik adalah untuk mengembalikan konfigurasi default, yang biasanya dipicu oleh kehilangan kata sandi atau hanya untuk refresh atau menyegarkan sistem.

Jika Anda berencana untuk mereset router Mikrotik Anda, pastikan Anda sudah melakukan backup pengaturan OS MikroTik terlebih dahulu, hal ini untuk cadangan jika pengaturan Mikrotik Anda gagal dan Anda mendapatkan kesalahan perangkat selama reset.

Baca Juga : Cara Reset Router Indihome

Prosedur untuk mengatur ulang proxy itu sebenarnya merupakan langkah sederhana, selama Anda mengikutinya dengan hati-hati. Oke, saya akan membagikan tiga metode untuk mengatur ulang proxy yang saya gunakan secara teratur. lakukan dan ikuti cara – cara berikut :

Baca Juga:

1. Atur Ulang Mikrotik Via Winbox

Cara pertama reset mikrotik yang akan kita bagikan adalah melalui winbox , Dimana kita dapat mengatur ulang proxy di Winbox dengan dua metode.

a. Metode 1: Gunakan menu Terminal

Mengatur ulang via winbox menggunakan menu terminal dapat kalian lakukan dengan langkah – langkah berikut :

  1. Pilih menu New Terminal.
  2. Klik Enter setelah mengetik setelah sebelumnya Tuliskan perintah /system reset-configuration no-defaults=yes
  3. Apabila ada peringatan Dangerous! Reset anyway?, Klik Y lalu Enter.
  4. Tunggu dan biarkan sejenak .
  5. Nah langkah – langkah reset miktotik melalui menu new terminal selesai, Setelah itu MikroTik akan restart sendiri.

b. Metode 2: Gunakan menu reset Winbox :

  1. Langkah Pertama, Buka menu System.
  2. Langkah Kedua, Klik atur ulang atau Reset Configuration.
  3. Langkah Ketiga, Akan ada 3 opsi yang perlu Anda tahu. Yaitu :
    • Keep User Configuration, artinya user atau pengguna yang sudah ada tidak dan akan dihapus.
    • No Default, artinya mikrotik tanpa konfigurasi mikrotik akan benar-benar kosong default/bawaan.
    • Do Not Backup, artinya konfigurasi jangan dibackup terlebih dahulu.
  4. Langkah keempat, Klik Reset Configuration atau Konfigurasi ulang.
  5. Selesai.

2. Metode Hard Reset

Proses ini dilakukan dengan mengklik tombol reset pada perangkat routerboard. Ketika Anda tidak dapat masuk ke mikrotik, Anda harus melakukan Hard Reset (lupa kata sandi).

Setiap jenis routerboard memiliki tombol reset mikrotik yang berbeda. Biasanya ada lubang kecil di routerboard di mana Anda harus menempelkannya dengan alat lancip (saya biasanya menggunakan pena / pena) Karena Anda tidak dapat menggunakan jari Anda untuk mencoloknya.

Memastikan MikroTik sudah dimatikan dan kabel power sudah dicabut. Tahan tombol reset selama beberapa detik. Saat tombol daya masih ditekan, pasang kabel daya. Saat lampu ACT berhenti berkedip, sebaiknya lepas tombol power.

setelah menggunakan cara hard reset Silakan coba masuk melalui Winbox.

3. Metode jumper

Jika kedua metode di atas namun tetap tidak berhasil, Anda dapat menggunakan jumper untuk menjalankan proses reset proxy. Dengan memasang jumper di dalam cassing, Anda dapat mengatur ulang pengaturan routerboard. Biasanya ditemukan di bawah kaki routerboard atau di sampingnya.

lakukan dengan cara pasang kuningan dengan obeng atau yang alat serupa, kemudian Hubungkan adaptor daya ke routerboard dan nyalakan.

Baca Juga : Cara Bobol WiFi Dengan Laptop

Tunggu beberapa saat sebelum Anda mendeteksi dua bip berturut-turut. lepaskan unit penghubung yang tadi telah dipasang pada langkah pertama. Jika selesai, uji dengan mengaktifkan sistem mikrotik Anda.

Akhir Kata

Nah demikianlah pembahahasan kita kali ini tentang cara reset mikrotik routerboard, Metode ini bekerja dengan semua bentuk papan router Mikrotik, termasuk Hap Lite, CCR1009, RB750r2, RB750, RB450G, RB750gr3, dan RouterBoards lainnya. Semoga cara ini akan menjadi solusi dari masalah yang ada.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!