Cara Reset Network Adapter di Windows 11

2 min read

Cara Reset Network Adapter di Windows 11

Cara Reset Network Adapter di Windows 11 – Hi, Tahun lalu windows telah resmi meluncurkan versi terbaru dengan berbagai fitur tambahan yang makin canggih dengan nama windows 11.

Windows 11 adalah  sistem operasi utama Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows 11 adalah penerus Windows 7,8 dan 10.

Namun dikarenakan hal baru masih banyak para penggunanya yang bertanya beberapa hal simple namun sangat mengganggu bila tidak terselesaikan.

Nah kali ini kami akan membahasa salah satu permasalahan tersebut yaitu bagaimana Cara Reset Network Adapter di Windows 11 sehingga para penggunanya dapat  mengatur ulang, memuat ulang, dan memperbaiki adaptor jaringan di Windows 11 untuk menyelesaikan masalah umum terkait jaringan.

Cara Reset Network Adapter di Windows 11

Baik windows 10 ( versi windoes sebelum 11 ) maupun windows 11 selalu memberi izin bagi para penggunanya untuk mengatur ulang adaptor jaringan mereka.

Baca Juga:

Bahkan Cara Reset Network Adapter di Windows 11 prosenya lebih mudah dan sederhana serta dapat dilakukan dari panel pengaturan Sistem utama dengan beberapa klik.

Namun, sekali lagi karena Windows 11 masih hal baru sehingga ada beberapa yang belum mengetahui proses tersebut.

Sebagai sebuah sistem operasi yang baru saja dirilis maka windows 11 menawarkan kepada penggunanya peningkatan kinerja dan beberapa fitur baru.

Baca Juga : Cara Reset MikroTik Routerboard

Namun ada beberapa bagian  dan cara setting yang harus berubah sehingga orang harus mempelajari cara baru untuk belajar mengelola Windows.

Salah satu fitur yang dipertahankan adalah kemampuan untuk mereset adapter jaringannya, yang merupakan fitur warisan dari windows 10.

Fitur ini bekerja dengan cara dimana Anda Mereset Network Adapter di Windows 11 itu akan menghapus dan menginstal ulang adaptor jaringan Anda dan komponen jaringan lainnya kembali ke keadaan dan pengaturan aslinya.

Untuk memulai dengan mengatur ulang adaptor jaringan di Windows 11, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengatur ulang dan memperbaiki adaptor jaringan Windows 11

Untuk reset atau mengatur ulang adapter jaringan di Windows 11 sangat mudah yaitu dengan menekan beberapa klik. Cukup buka panel pengaturan Sistem, di bagian jaringan dan lakukan di sana.

Windows 11 memiliki lokasi terpusat untuk sebagian besar pengaturannya. Dari konfigurasi sistem hingga membuat pengguna baru dan memperbarui Windows, semua dapat dilakukan dari System Settings panelnya.

Untuk masuk ke Pengaturan Sistem, Anda dapat menggunakan Windows key + i pintasan atau klik Start ==> Settings seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Pengaturan Awal Windows 11

Atau, Anda juga dapat memakai kotak pencarian di bilah tugas dan mencari Pengaturan . Kemudian pilih untuk membukanya.

Panel Pengaturan Windows akan terlihat mirip dengan gambar di bawah ini. Di Pengaturan Windows, klik Network & internet, pilih Advanced network settings di panel kanan layar Anda yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Pengaturan jaringan lanjutan windows 11

Pada panel Pengaturan jaringan lanjutan , di bawah Pengaturan lainnya , pilih Atur ulang jaringan seperti yang disorot di bawah ini. Fitur pengaturan ulang jaringan akan mengatur ulang semua adaptor jaringan ke pengaturan pabriknya.

Reset jaringan di windows 11

Selanjutnya, klik tombol Reset sekarang untuk mengatur ulang jaringan dan semua adaptor.

Klik reset jaringan windows 11

Jendela pop baru akan terbuka dan menanyakan apakah Anda yakin ingin mengatur ulang pengaturan jaringan. Pilih Ya untuk melanjutkan pengaturan ulang jaringan Anda.

windows 11 reset jaringan prompt ya

Setelah beberapa saat, Windows akan mengatur ulang adaptor jaringan Anda dan menjadwalkan untuk mengatur ulang dalam 5 menit. Anda dapat melakukan restart sekarang jika Anda mau.

Untuk jaringan nirkabel, Anda harus menyambungkan kembali ke jaringan Wi-Fi Anda dan memasukkan kembali kata sandi untuk menyambungkan.

Setelah restart, komputer Anda akan boot, memerlukan alamat IP jika disetel dengan DHCP dan informasi jaringan lainnya. Jika Anda menetapkan alamat IP secara statis, Anda harus memasukkan kembali info IP.

Akhir Kata

Nah demikinlah artikel ini tentang bagaimana cara Reset Network Adapter di Windows 11. apabila ada kesalahan jangan segan – segan konsultasi dengan kami. Semoga bermanfaat.

error: Alert: Content is protected !!