Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Reset Router Indihome Dengan Mudah

4 min read

cara reset router indihome

Hai Military Lovers, Blog ini akan kembali membahas tentang Teknologi khususnya yang bermanfaat bagi kita sehari – hari tak terkecuali di lingkungan Militer yaitu cara reset router indihome dengan mudah.

Berawal dari kejengkelan gara – gara Jaringa WiFi di kantor jadi lemot maka untuk mempelajarinya kemaren kita telah mengulas tentang Cara Membobol Wifi dan cara mengunci dan mengamankan Jaringan WiFi. Nah agar pembahasab tentang WiFi Tuntas Yuk kita Bahas cara reset router indihome. Simak Selengkapnya Ya !!!

Cara Reset Router Indihome

Jaringan WiFi saat ini menjadi hal cukup dibutuhkan di tengah masyarakat. Apalagi dengan trend tempat nongkrong yang menyediakan free WiFi tergolong mampu menarik banyak peminat.

Jaringan WiFi membuat seseorang lebih mudah terhubung ke internet dan aktivitas download juga jadi lebih cepat tanpa harus memakan kuota utama atau menggunakan pulsa regular.

Jaringan WiFi umumnya dilengkapi dengan password agar bisa mengamankan penggunaan. Tetapi, jika Anda lupa password yang digunakan maka alternative terbaiknya adalah cari tahu bagaimana cara reset router WiFI indihome termudah.

Baca Juga:

Baca Juga : Teknologi Artificial Intelegence di Militer

Salah satu alasan Cara Reset Router Indihome, memang dikarenakan lupa password. Setting ulang pada WiFi ini membutuhkan beberapa langkah yang harus dicermati jika Anda pertama kali melakukan reset tersebut. Bisa menggunakan cara soft reset atau hard reset. Setiap cara memiliki langkah yang berbeda sehingga Anda bisa memilih manakah yang dirasa paling mudah.

Mereset WiFi Indihome harus diketahui dulu jenis modemnya seperti apa. Karena berbeda modem biasnaya juga berbeda langkah-langkah untuk mereset WiFi Anda. Berikut beberapa tips bagaimana reset WiFi sesuai jenis modem yang dimiliki.

1. Cara Reset Wifi Indihome Fiberhome dan ZTE

Cara Reset Wifi Indihome Fiberhome dan ZTE dapat dilakukan dengan beberapa trik. Siapkan PC, laptop atau smartphone. Dua modem 4G LTE yang lebih umum digunakan untuk para pelanggan Indihome ini cukup mudah untuk direset.

Butuh kesabaran dan ketelatenan agar bisa mereset dengan baik. Nyalakan modem menggunakan tombol power, cari dan tekan tombol reset. Untuk jenis modem ZTE dan Fiberhome, tombol reset biasanya terletak di dalam lubang.

Anda bisa menggunakan jarum pentul atau peniti kecil agar bisa memencet tombol reset yang ada di dalam lubang. Tahan dan tunggu sampai lampu indikator disana terlihat mati. Setelah mati, nyalakan kembali dan masukkan password yang ada di belakang modem WiFi untuk menghubungkan ke koneksi internet.

Jika sudah terhubung, buka browser dan login ke dashboard admin WiFi Indihome ZTE dengan mengetikkan alamat IP yang ada di browser yaitu 192.168.1.1. Kemudian masukkan username dan password user.

2. Cara Reset Router Indihome Huawei

Cara reset WiFi Indihome termudah berikutnya untuk jenis modem HUAWEI. Jenis modem ini juga sering digunakan untuk para pengguna IndiHome. Modemnya memang kurang lebih sama dengan modem ZTE.

Cara Reset Router Indihome Huawei adalah dengan memastikan bahwa modem dalam keadaan menyala. Jika mati, nyalakan terlebih dahulu menggunakan tombol power.

Jika sudah menyala, klik reset. Untuk modem HUAWEI, tombol resetnya juga ada di dalam lubang sehingga bisa menggunakan jarum pentul. Pencet dan tahan hingga lampu indikator mati.

Nyalakan modem kembali, sambungkan pc/ laptop atau smartphone Anda ke koneksi WiFi mengunakan password yang ada pada belakang modem. Masuk ke dashboard admin dan ketik alamat IP 192.168.100.1 pada bagian kolom URL browser.

Masukkan username admin dan password. Jika tidak bisa login, gunakan username dengan nama user dan password user. Setelah berhasil, ganti password dan nama WiFi.

3. Cara Reset Router TP LINK

Cara Reset Router TP Link juga tak jauh berbeda dengan modem lainnya. Pastikan modem dalam keadaan menyala, cermati ada lubang kecil yang bisa Anda sentuh menggunakan jarum pentul atau peniti kecil.

Tekan dan tahan selama 5 detik hingga lampu indikator mati. Tunggu beberapa saat sampai modem bisa kembali menyala.

Login ke dashboard admin dengan cara koneksikan smartphone atau perangkat elektronik Anda ke jaringan Wifi. Buka browser, ketikkan alamat IP 192.186.1.254 dan masuk menggunakan username admin serta password admin. Jika salah, Anda bisa menggunakan username user dan password user.

Dari ketiga cara reset WiFi Indihome termudah ini memang tak jauh berbeda. Terutama jika persoalan Anda memang mampu terjawab dengan mereset modem.

Beberapa diantaranya adalah mengatasi masalah koneksi yang lemot, mengantisipasi password WiFi yang kemungkinkan telah diubah oleh orang lain. Mereset WiFi juga mampu mengisi ulang kinerja modem agar bisa lebih ngebut.

Cara Reset WiFi Indihome Termudah Membuat Jaringan Kembali Lancar

Banyak pengguna yang memilih cara mereset WiFi untuk menormalkan kembali berbagai kendala yang ada. Mereset modem bisa melalui adminstrasi modemnya atau hard reset dari lubang kecil yang ada di perangkatnya.

Sistem ISP sekarang ini disebut sudah lebih baik dibandingkan dulu. Sebab ada kemudahan dalam memperbaiki jika pelanggan salah setting.

Reset WiFi memang bisa membuat jaringan kembali lancar. Tetapi ketika jaringan WiFI Anda error atau sulit terkoneksi dengan baik, Anda bisa memilih channel yang tepat. umumnya router WiFi disertai dengan rentang 2,4 GHz hingga 5 GHz.

Baca Juga :

Untuk yang hanya tinggal di dalam rumah dengan lebih dari satu lantai, penggunaan router WiFi frekuensi rendah memang sangat disarankan. Hal ini karena mampu memiliki ruang lingkup yang besar dan sinyal yang bisa menembus tembok.

Penggunaan router dengan frekuensi tinggi bisa jadi piliha Anda jika digunakan pada ruangan atau rumah yang kecil karena akses kecepatannya bagus namun juga memiliki ruang lingkup yang kecil juga.

Jika Anda tidak juga berhasil menggunakan cara reset WiFi termudah untuk mengembalikan konektivitas, Anda bisa memindahkan router. Pindahkan router ke tempat yang paling ideal karena hal ini berpengaruh terhadap kencang tidaknya koneksi WiFI.

Letakkan router di tempat yang lebih tinggi dan ada di tengah ruangan ataupun rumah. Posisikan router WiFi ke arah tembok maka sinyal bisa melewati atau menembus tembok.

Sebaiknya tidak meletakkan router WiFi di dekat tembok yang terbuat dari beton. Karena material beton bisa menghalangi sinyal untuk diakses oleh suer.

Selain itu, penghambat sinyal WiFi juga adalah air serta jendela. Sebaiknya tidak meletakkan router di sekitar pipa air atau benda lainnya yang memiliki kaitan dengan air.

Baca Juga : Cara Merubah Rekaman Suara menjadi Teks Online

Tidak hanya itu, jika sudah melakukan cara reset wifi indihome termudah tetapi masih terkendala maka lakukan kontrol akses aplikasi.

Lakukan pengontrolan terhadap akses aplikasi agar lebih lancar. Jika di dalam rumah Anda ada seseorang yang melakukan obrolan video, game online serta kegiatan internet lainnya tentu hal ini jadi penghambat kecepatan berinternet.

Anda bisa mengontrolnya dengan QoS atau Quality of Service yang bisa mengontrol akses aplikasi serta memberi prioritas untuk aplikasi tertentu.

Anda juga bisa membuat jaringan WiFi lebih lancar dengan meningkatkan rentang WiFi menggunakan network extender. Nantinya sinyal WiFI mampu mencapai beberapa tempat yang sulit untuk dijangkau dengan network extender. Jika Anda memiliki router WiFi lama, gunakan atau manfaatkan sebagai network extender.

Dengan cara reset router indihome termudah ini, Anda bisa memperbaiki jaringan WiFi yang terkendala tanpa harus melakukan panggilan teknisi. Dalam melakukan reset, ikuti tahapan atau langkah-langkahnya dengan cermat. Dari satu jenis modem hingga jenis lainnya memang tak jauh berbeda. Hanya saja agar WiFi bisa kembali digunakan, reset harus dilakukan dengan benar memperhatikan tiap langkahnya.

Akhir Kata

Demikianlah kawan tips kali ini tentang Cara Reset Router Indihome dari beberapa Modem dengan mudah. semoga membantu dan jaringan internet jadi kembali lancar. jangan lupa untuk berbagi ya . Salam Literasi !!!

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!