Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Cara Uninstall Aplikasi di Mac, Mudah Ya !

2 min read

Bagaimana cara Un install aplikasi mac

Apakah Anda belum mengetahui cara uninstall aplikasi di Mac ? Maukah Anda mengetahui bagaimana cara menghapus aplikasi di Mac? Sesungguhnya menguninstall aplikasi di Mac dan MacBook caranya sangat mudah untuk dilakukan. Aplikasi X atau macOS dapat diinstal dengan mudahnya. Begitu pula dengan cara menguninstallnya tentu sangat mudah juga.

Cara Uninstall Aplikasi di Mac

Kita semua pasti tahu jika aplikasi di Mac sangat berguna untuk mendukung serta memudahkan pekerjaan kita. Namun, memang ada beberapa aplikasi yang telah terinstall di Mac tidak kita gunakan dan pasti kita ingin untuk menguninstallnya.

Tentu pada saat awal Anda mencoba untuk menguninstall aplikasi di Mac ataupun MacBook akan merasa kesulitan. Namun, jangan khawatir hal ini wajar dan sering terjadi juga pada pengguna lainnya. Penyebabnya tak lain adalah karena Mac OS X atupun mac OS Sierra tidak mempunyai fitur control panel seperti yang ada pada control panel Windows.

Baca Juga : Cara Bobol WiFi

Apalagi pada mac OS kamu tidak boleh melakukan secara asal-asalan saat uninstall aplikasi, misalnya dengan cara mengklik kanan kemudian menghapus aplikasi dengan memilih pilihan “hapus aplikasi Mac”.

Baca Juga:

Cara Uninstall Aplikasi di Mac melalui Folder Aplikasi

Untuk melakukan uninstall aplikasi di Mac, Anda perlu melakukannya dengan cara masuk ke folder aplikasi. Supaya Anda lebih dapat mengikuti apa yang kami maksud, langsung disimak saja cara uninstall aplikasi di Mac.

  1. Langkah pertama, masuk terlebih dahulu ke folder Aplikasi atau Application. Untuk menemukan folder ini Anda bisa mencarinya melalui finder.
  2. Kemudian, carilah aplikasi yang akan kamu uninstall.
  3. Langkah selanjutnya, klik kanan atau bisa juga dengan menekan tombol Control + Klik aplikasi yang akan diuninstall kemudian pilih yang “Move to Trash Can” atau “Pindahkan ke Tong Sampah”.
  4. Aplikasi di Mac sudah berhasil teruninstall. Anda sudah tidak dapat menemukan kembali aplikasi tadi pada daftar aplikasi.

Selain cara yang ada di atas, kami akan memberikan juga cara yang lebih mudah, yaitu melalui Launchpad langsung. Berikut ini caranya.

Cara Menghapus Aplikasi di Mac Langsung melalui Launchpad

Walaupun Anda tidak dapat melakukan uninstall aplikasi secara langsung dengan klik kanan pada aplikasi yang diinginkan, namun Anda dapat menghapusnya melalui Launchpad. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, Anda perlu membuka terlebih dahulu Launchpad dan di sana Anda akan menjumpai berbagai macam aplikasi.
  2. Lakukan drag pada aplikasi yang ingin Anda uninstall ke Trash Can yang berada di pojok kanan bawah Dock.
  3. Setelah itu, Anda diminta untuk melakukan konfirmasi penghapusan aplikasi di Mac.
  4. Anda juga dapat menghapusnya melalui cara menahan tombol Option yang ada di keyboard, kemudian akan muncul ikon (x) di bagian pojok kiri atas pada masing-masing ikon aplikasi.
  5. Selanjutnya, klik ikon (x) tersebut untuk menguninstall aplikasi di Mac dan jangan lupa untuk melakukan konfirmasi penghapusan aplikasi.

Baca Juga : Cara Verifikasi Email Kartu Prakerja Tidak Masuk

Apabila Anda masih merasa tidak yakin apakah aplikasi yang diuninstall tadi sudah terhapus semua beserta dengan semua chache-nya atau belum, tetap tenang dan jangan khawatir karena Anda dapat memakai uninstaller untuk menghapus aplikasi di Mac beserta juga menghapus cache aplikasi yang masih tersimpan. Salah satu contoh aplikasi uninstaller di Mac yang dapat Anda gunakan adalah aplikasi CleanMyMac 3.

Cara Menghapus Aplikasi di Mac melalui Uninstaller

Untuk menguninstall aplikasi menggunakan CleanMyMac 3 juga sangat mudah dilakukan karena hanya dengan menggunakan fitur uninstaller saja maka semua aplikasi dapat Anda hapus.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi CleanMyMac 3.
  2. Kemudian carilah fitur uninstaller yang terdapat di CleanMyMac, apabila sudah ketemu bukalah fitur tersebut.
  3. Pilihlah aplikasi yang akan Anda uninstall dari Mac atau MacBook.
  4. Untuk menghapus aplikasi di Mac tersebut, Anda hanya tinggal mengklik “Uninstall”.
  5. Lalu aplikasi CleanMyMac akan melakukan uninstall pada aplikasi Mac yang telah dipilih tadi serta menghapus cache aplikasinya juga.

Penutup

Sekian informasi tentang cara Menghapus atau uninstall aplikasi di Mac. Caranya sangat sederhana dan mudah untuk Anda ikuti bukan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda. Selamat mencoba!

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!