China, Negara Raksasa Calon Negara Adi Kuasa

1
2078
China negara raksasa - literacy militer

Blog Militer Indonesia,-Hai Sobat Literacy Militer, Selamat Datang Kembali di Blog kesayangan kita sebagai media berbagi dan berdiskusi pengetahuan di bidang Kemiliteran. Kali ini kita akan menganalisa kemungkinan China, Negara Raksasa Calon Negara Adi KuasaPengganti USA.

Beberapa pengamat Politik dan Militer Dunia menganalisis bahwa beberapa tahun kedepan akan ada pergeseran kekuatan di dunia terutama kekuatan Ekonomi, Politik dan Militer. Dan Negara yang di prediksi menggantikan atau setidaknya berimbang itu bukanlah Rusia atau negara Eropa melainkan sebuah negara Asia yaitu CHINA

Tiongkok atau China saat ini sedang memperkuat pengaruhnya di bidang ekonomi dan kemiliteran, hal itu terbukti dengan semakin gencarnya memperkokoh Klaimnya atas Laut China Selatan , hal ini dilakukan dengan pengerahan kekuatan militer dan pendekatan dengan membangun kerjasama dengan Asean.

Di bidang Ekonomi kita tentunya sudah tak asing dengan perang dagang antara China dan beberapa negara besar lainnya terutama Amerika Serikat yang menyebabkan ketegangan 2 negara meningkat, Selain itu di bidang kemiliteran China juga meningkat cukup pesat terutama dalam pembuatan Alutsista yang telah sejajar dengan Amerika dan Rusia. Dan beberapa alasan ini cukup sebagai Analisa Awal bahwa :

China, Negara Raksasa Calon Negara Adi Kuasa

Ada beberapa analisa utama mengapa China layak diperhitungkan sebagai calon negara Adikuasa pengganti USA, antara lain :

China Merupakan Raksasa Dunia

Sejauh ini China telah membuktikan bahwa Negara ini merupakan salah satu Raksasa Dunia tak hanya dari segi Geografis namun juga di beberapa bidang lainnya seperti demografi dan kondisi Sosial masyarakatnya.

Dengan Kekuatan Militer dan Ekonomi yang besar China telah berani membuat beberapa kebijakan Kontroversial antara lain dengan mengeluarkan Undang – Undang yang menguatkan Klaim tentang kepemilikian Pulau Paracel dan Spartly. Bahka berani memberikan ijin dan lisensi kepada Crestone Oil company untuk mengexplorasi minyak di pulau – pulau tersebut.

Kebijakan yang tentunya mengancam keamanan sekitar daerah tersebut dimana ada beberapa negara lain yang saling tumpang tindih dalam mengklaim wilayah itu, dimana setidaknya ada 5 negara yaitu Taiwan, filiphina, Malaysia, vietnam dan bruney darussalam.

Perkembangan Militer China yang meningkat Pesat

Pengembangan Alutsista dan kekuatan Militer China saat ini tidak lagi hanya untuk melindungi wilayah berdaulat mereka saja, Namun juga sudah mulai ingin memperluas pengaruhnya ke segala penjuru Dunia dimana salah satunya dengan program Nine Dash Line yaitu sembilan garis imaginer putus putus yang diklaim sebagai miliknya.

Perkembangan China yang sangat menakjubkan ini tak ayal juga membuat para pemimpin negara Dunia khawatir terjadinya ancaman yang serius pada negaranya sehingga membuat hubungan beberapa negara dengan RRC tidak maximal.

Dan Rasa kecemasan tersebut semakin meningkat lantara China terus menunda – nunda pembuatan kode perilaku di Kawasan Laut China selatan. Dan Hal ini diperkirakan oleh beberapa pengamat Dunia akan benar – benar mengancam keamanan Dunia terutama Asia Pasifik dan Asia tenggara.

Demikianlah 2 Alasan utama tentang analisa kemungkinan China, Negara Raksasa Calon Negara Adi Kuasa Pengganti USA. Hal ini tentunya membuat kecemasan beberapa negara di Dunia terutama negara – negara di kawasan Asean.

Kecemasan Negara – Negara Asean

Kecemasan Negara – Negara Asean atau Asia tenggara tentang kekuatan China yang dapat mengancam kestabilan di kawasan ini memang benar benar beralasan. Hal ini dikarenakan selain perkembangan yang luar biasa di bidang ekonomi dan militer, China juga Agresif dalam mengintervensi kawasan LCS dengan meningkatkan anggaran belanja pertahanan negaranya yang terus membengkak.

Bahkan saat Ini China telah mampu mengembangkan Teknologi pesawat tempur generasi terakhir yaitu 4++ dan generasi 5 melalui pesawat militer seperti Xian H- 20 maupun J – 10 dan J -20.

Dari sektor peralatan militer lainnya, China telah mampu membuat berbagai sistem pengendalian radar dan rudal jarak jauh bahkan super jauh karena di klaim mampu mencapai benua Amerika. Tak kalah mentereng, China juga telah beberapa kali menguji dan melakukan percobaan Bom Nuklir

Teknologi siber juga telah dikuasai oleh negara dengan penduduk kurang lebih 2,5 Milyar ini, Hal ini tentunya guna mengantisispasi kemungkinan perang siber di masa mendatang.

Kesimpulan

Perkembangan China yang demikian pesat memang membuat seluruh dunia waspada akan ancaman keamanan di masa mendatang, Namun guna melancarkan keinginanya tersebut China tentunya juga membutuhkan sekutu yang dapat bekerjasama dalam mengembangkan kekuatan Ekonomi dan Militernya.

Untuk Itu China tak segan segan mendekati beberapa negara terutama di Asean untuk di ajak bekerjasama, mereka tahu stabilitas keamanan tentunya tetap menjadi prioritas utama dalam programnya menjadi negara adi kuasa.

dan Indonesia memang harus mengatur Strategi yang matang dalam menghadapi perkembangan ini, karena selama ini Indonesia merupakan negara Non Blok yang yang memihak pakta pertahanan manapun.

Demikian pembahasan kaili ini tentang China, Negara Raksasa Calon Negara Adi Kuasa Pengganti USA. Sekali lagi ini merupakan opini pribadi. kami menerima saran dan kritik baik di kolom komentar maupun contact person kami. terima kasih

BLOG MILITER INDONESIA

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan