Contoh Karmil / Karangan Militer dan Essay Militer

15
1638
Essay Militer

Dalam dunia Kemiliteran semua tingkah laku dan prilaku diatur sedemikian rupa termasuk dalam mengungkapkan ide dan gagasan dalam sebuah Karya Tulis Ilmiah / Karya Tulis Militer.

seorang anggota Militer dapat mengungkapkan ide dan gagasan melalui karya tulis ilmiah yang diatur sedemikian rupa sehingga gagasan dan ide tersebut dapat dibaca dan dimengerti dengan baik serta sesuai dengan kepribadian seorang Prajurit.

Karya Tulis Ilmiah / Karya Tulis Militer tersebut dapat berupa Karangan militer atau yang biasa disingkat Karmil serta Essay Militer ( Essay dengan Topik Kemiliteran ).

Apakah Yang disebut dengan Essay Militer ??

Essay Militer adalah Suatu Karya Tulis  Militer yang berlaku di lingkungan TNI AD digunakan sebagai media para Perwira untuk menyampaikan/menuangkan/mengeluarkan pendapat, gagasan atau ide pikiran secara jelas, sistimatis, teratur dan mudah dimengerti dalam bentuk tulisan sederhana.

Bentuk Essay sama juga dengan Karya tulis ilmiah lainnya yaitu terdiri dari 3 Bab yaitu pendahuluan, isi dan penutup. dimana dalam essay tulisan dapat lebih ringkas dengan jumlah kata kurang lebih 2000 kata.

Apakah Perbedaan Essay Militer dan Umum ?

Tulisan bentuk Essay di lingkungan umum pada dasarnya adalah penyampaian pendapat penulis dengan bebas termasuk bebas susunan judulnya, yang bentuknya sederhana dan mudah dimengerti. 

Sedangkan di lingkungan TNI AD, tulisan bentuk Essay Militer pada dasarnya lebih bersifat bebas terbatas, dengan judul yang lugas, umumnya berisi suatu gagasan konstruktif.

Apakah Yang disebut dengan Karangan Militer atau Karmil ?

Karangan Militer atau Karmil adalah suatu bentuk tulisan yang merupakan salah satu sarana komunikasi untuk mengemukakan gagasan -gagasan, saran – saran dan kesimpulan yang ditulis secara Jelas, Singkat, Logis dan Mudah Dimengerti.

Dalam penulisan Karangan Militer atau Karmil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :Kenali persoalan yang akan ditulis, fakta – fakta atau keterangan yang ada, bagaimana cara pemecahan yang digunakan serta pengujian terhadap cara pemecahan yang dipilih.

Guna dapat menulis Karangan Militer atau Karmil yang baik ada beberapa langkah langlah yang disiapkan antara lain :

  1. Pemetaan Pemikiran Karmil terdiri dari : Pengenalan persoalan yang akan dibahas, menentukan tujuan dan ruang lingkup penulisan Karmil serta menentukan siapa audensi atau pembaca yang ditargetkan.
  2. Penyusunan bahan – bahan tulisan Karmil : Pembuatan kerangka tulisan/ pola pikir, adakan beberapa peninjauan terhadap tulisan yang mempunyai tema yang sama, adakan review terhadap karangan Militer yang sedang di buat.

Bentuk – Bentuk Karangan Militer :

  1. Bab Pendahuluan dalam Karmil terdiri dari antara lain Umum, Maksud dan tujuan, ruang lingkup dan pendekatan.
  2. Bab Inti dalam Karmil ; Dalam bab ini dikemukakan dan dikembangkan ide penulis yang dialkuan secra singkat , jelas, sederhana dan teliti.
  3. Bab Kesimpulan dan saran : Kesimpulan ialah uraian secara utuh berkaitan dengan materi dan judul – judul utama yang dirangkum, serta rumusan , tidak ada pernyataan baru yang belum diungkap sebelumnya. sedangkan saran dan berisi garis besar berisi garis besar berisi garis besar

Bagaimana Penulisan Judul Essay Militer atau Karmil ?

Judul Essay Militer dan Karangan Militer merupakan Suatu Rumusan Kalimat Berita yang mencerminkan kandungan isi tulisan, yang susunannya terdiri dari Variabel-1 (V1) atau Kata Kunci-1 (KK1) yang berfungsi sebagai Variabel Tetap, dan Variabel-2 (V2) atau Kata Kunci-2 (KK2) yang berfungsi sebagai Variabel Bebas.   

Susunan V1/KK1didapat atau berasal dari penurunan Subyek  Proposisi, sedangkan susunan V2/KK2 didapat dari penurunan Predikat Proposisi yang dipilih.

Selanjutnya susunan V1/KK1 digabung/disusun/ ditambahkan dengan susunan V2/KK2 maka dapat menjadi Judul Esmil. Hasil gabungan susunan kata menjadi rumusan kalimat berita yang berfungsi untuk menerangkan pokok bahasan Esmil, dan dinyatakan secara lugas, singkat, jelas dan mudah dipahami.

Penjelasan susunan dan rumusan isi bagian – bagian Essay Militer  terdiri dari :

1)        Bagian Judul meliputi : suatu rumusan kalimat berita yang susunannya terdiri dari 2 Variabel yaitu :   Susunan V1/KK1 dan Susunan V2/KK2. Variabel-variabel tersebut didapat dari penurunan Subyek Proposisi dan Predikat Proposisi yang dipilih.

2)        Bagian Pendahuluan  meliputi :

  • Alinea/paragraf pertama menyampaikan tentang gambaran latar belakang keadaan saat ini  yang mengantar dan yang berhubungan dengan V1/KK1 sebagai pokok bahasan.
  • Alinea/paragraf kedua menyampaikan tentang adanya permasalahan pada V1/KK1 yang berdampak negatif pada V2/KK .
  • Alinea/paragraf ketiga menyampaikan tentang pentingnya pemecahan masalah tersebut harus dilakukan atau nilai guna gagasan,
  • Alinea/paragraf empat menyampaikan tentang maksud , tujuan dan batasan ruang lingkup penulisan .
  • Alinea/paragraf lima menyampaikan secara singkat dasar atau landasan operasional atau dasar pemikiran yang dapat mendukung pemecahan masalah dalam rangka meningkatkan kondisi mencapai kondisi yang lebih baik.

3)        Bagian Pembahasan meliputi :

a) Bagian awal, dapat diawali dengan penyampaian suatu cita-cita ideal / keinginan / harapan / kondisi yang diharapkan agar terwujud V2/KK2 sesuai yang ditentukan.  Dengan asumsi bahwa cita-cita ideal atau harapan tersebut bisa terwujud sebagai hasil pelaksanaan V1/KK1 yang sempurnadalam mencapai sasaran V2/KK2.

Selanjutnya, penulisan alinea per alinea dan seterusnya mulai diatur Penulis secara bebas, sesuai keinginan Penulis, dengan harapan agar penataannya dapat mempermudah pengertian/menarik pembaca (pengamat/penguji/penilai).

b)        Bagian lainnya, menggambarkan keadaan nyata saat ini yang dapat berupa data dan fakta, termasuk hal-hal yang bermasalah sebagai akibat pengaruh perkembangan lingkungan / faktor-faktor yang mempengaruhi V1/KK1 yang berdampak negatif terhadap Obyek dalam mencapai V2/KK2.

c)         Selanjutnyagunakan Langkah Pemanfaatan V1/KK1  sebagai Variabel Tetap pada Judul Essay Militer.  Yaitu perlu dicari aspek apa saja yang dapat mendukung kelancaran terselenggaranya V1/KK1. Pada bagian pembahasan dapat disampaikan beberapa aspek atau juga dari aspek tertentu saja yang dipilih Penulis sebagai titik berat penulisannya, sesuai dengan permasalahan yang disampaikan pada bagian Pendahuluan.

d)        Diakhiri dengan penulisan yang mengantar jawaban dari Judul Esmil yaitu, penggambaran suatu keadaan nyata saat ini yang memang benar-benar membutuhkan adanya suatu implementasi dari gagasan yang konstruktif.

4)        Bagian Penutup meliputi Kesimpulan dan Saran.

a)        Kesimpulan.

(1)       Bagian pertama, Menyampaikan dengan singkat gambaran nyata atau hal-hal yang menjawab Judul Essay Militer, bahwa suatu keadaan nyata yang memang benar terjadi saat ini dan sangat membutuhkan suatu upaya penanganannya, maka sangat diperlukan tindakan implementasi berupa kemanfaatan dari Judul Essay Militer.

(2) Bagian kedua, menyampaikan dengan singkat, dengan memanfaatkan Peluang dan Kekuatan untuk mengatasi Kendala dan Kelemahan yang terjadi untuk kelancaran V1/KK1 maka Subyek harus menggunakan metode-metode apa saja, agar Obyek dapat  mencapai sasaran V2/KK2?    

(3)       Bagian ketiga, menyampaikan dengan singkat berupa implementasi dari metode-metode yang harus dilakukan dengan melalui kegiatan-kegiatan apa saja untuk mendukung kelancaran V1/KK1guna mencapai sasaran V2/KK2.

Demikian Penjelasan tentang Karya Tulis Ilmiah / Karya Tulis Militer yang biasa dilakukan dalam lingkungan TNI AD, yaitu dalam bentuk Essay Militer dan Karangan Militer, Semoga dapat bermanfaat terutama bagi yang sedang menjalani tes sekolah atau sedang menjalani sekolah.

15 KOMENTAR

  1. Dengan rumus seperti ini akan sangat memudahkan buat para pemula dalam menulis artikel. Panduan praktis tinggal yah musti sering-sering menulis, jangan takut salah, terus belajar menambah referensi 🙂

  2. Eh serius ya ada karya tulis militer ? Wah baru tahu saya, selama ini baru belajar di ranah kampus doang hihihi

    Makasih kak sudah berbagi infonya, nambah nih pengetahuannya😀

Tinggalkan Balasan