Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Dassault Rafale, Jet Tempur Pikat Indonesia

1 min read

Hai Sahabat Analisis Militer Blog, Kali ini kita akan mengulas tentang salah satu pesawat tempur tercanggih di Dunia yaitu Dassault Rafale, sebagai salah satu pesawat tempur yang pikat Indonesia.

Ketegangan di perairan Indonesia terutama di Natuna membuat Indonesia harus mulai berbenah di sektor pertahanan, kejadian tersebut melihatkan pada kita semua bahwa ancaman itu ada dan kemungkinan konfrontasi dengan negara lain terbuka lebar mengingat besarnya sumber daya alam Indonesia yang tentunya menarik negara lain untuk memiliki.

Menindaklanjuti hal tersebut Menhan RI Prabowo Subianto sedang gencar gencarnya mencari alutsista yang mumpuni baik darat, laut maupun udara guna memperkuat Militer Indonesia.

Baca juga : Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence di Militer

Salah satu alutsista yang menarik perhatian adalah Jet Tempur buatan Prancis Dassault Raffale. Seperti apa sebenarnya Jet Tempur Ini sehingga membuat Menhan Tertarik ?

Baca Juga:

Dassault Rafale

Dassault Raffale memang terkenal tangguh, sejak pertama kali dikembangkan pada tahun 1988 Jet temput ini telah teruji di berbagai medan tempur di dunia dan terus dikembangkan untuk terus mengikuti perkembangan Zaman agar tak tertinggal dengan jet tempur canggih lainnya.

mengutip laman tni-au.mil.id, Jet Tempur yang diperkirakan memiliki panjang 15 M dan Tinggi 5 M mempunyai desain sayap Delta yang dipadukan dengan kanard aktif guna mengoptimalkan kestabilan terbang dan kemampuan bermanuver Zero Gravity.

Baca Juga : Cara membobol Wifi

Dibekali dengan dua mesin Snecma 88 membuat jet tempur ini dapat melaju sangat cepat sampai dengan kecepatan maximal 1,8 Mach atau 1,912 km per jam. Persenjataan yang menenmpel pada Jet tempur ini juga sangat menakutkan lawan dengan cannon GIAT 30/19B dan rudal nuklir ASMP-A.

Harga 1 unit Jet tempur ini berkisar antara US $ 115 juta atau kurang lebih Rp. 1,5 Triliun seperti dilansir Aircraftcompare, tentunya ini hatga yang sepadan dengan kemampuannya untuk menambah armada udara mengawal kedaulatan NKRI.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat kali ini tentang Dassault Rafale sebagai salah satu pesawat tempur canggih yang memikat Indonesia sebagai benteng pertahanan udara kedaulatan NKRI. jangan lupa share ya !!

Sumber : http://cnnindonesia.com

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!