6 Drone Tempur Terbaik di Dunia

1
34
drone tempur terbaik di Dunia

Buat kalian yang suka dengan dunia militer. Saat ini kami akan memberikan informasi menarik mengenai drone tempur terbaik di dunia dengan spesifikasi yang gahar. Mengapa membahas Drone ? karena prediksi ancaman kedepan dimana teknologi militer semakin canggih dan berkembang maka pertempuran masa depan akan dipenuhi Pesawat tempur, Helikopter bahkan mungkin Tank tanpa awak.

drone-tempur-tercanggih-di-dunia

Drone atau pesawat udara tanpa awak ( PUNA ) dinilai sangat efisien dalam sebuah pertempuran, dengan berbagai fungsi seperti pengintai/mata-mata, mesin pembunuh yang cukup digerakkan atau di kontrol dari jarak jauh.

Dengan adanya Drone juga memperkecil kemungkinan bertambahnya korban pertempuran akibat pertempuran menggunakan pesawat tempur dan helikopter konvensional.

Drone dibawah ini sudah terbukti kekuatannya dimedan tempur. Jadi kamu tidak boleh meragukan kemampuan yang dimiliki oleh drone tempur terbaik di Dunia dibawah ini. Yuk langsung saja simak  artikel ini sampai habis.

Drone Tempur Dengan Kekuatan Mengerikan di Dunia

1. MQ-9 REAPER

Meskipun saat ini ada banyak drone yang baru dirilis, namun MQ-9 REAPER  tetap menjadi salah satu pesawat tanpa awak yang mematikan karena sudah memiliki reputasi dalam berbagai konflik bersenjata.

Drone ini dilengkapi dengan persenjataan dan radar militer yang sangat canggih sehingga banyak negara takut jika harus melawan drone MQ-9 REAPER.

Drone yang dikembangkan oleh GASI ini telah banyak digunakan dalam beberapa pertempuran di dunia oleh berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris dan Italia.

Selain dilengkapi radar yang canggih, Drone ini juga dipersenjatai dengan Rudal Helfire, Bom berpemandu laser dan amunisi untuk serangan langsung gabungan.

Teknologi Canggih yang disematkan dalam Drone ini juga membuatnya mampu terbang hingga ketinggian 50.000 kaki dan terbang dengan kecepatan 240 Mil/Hour dengan daya tahan hingga 27 jam.

Baca Juga : Helikopter Tercanggih Di Dunia

2. CAIG GJ-2

Drone canggih yang satu ini adalah andalan Angkatan Udara China, yang dirancang dan dikembangkan oleh Aviation industri coorporation of China.

Drone ini dikenal dengan nama lain WING LOONG II CHINA yang memiliki spesifikasi cukup tinggi dikelasnya. Pesawat nirawak ini sudah membuktikan kekuatannya di konflik Timur Tengah.

Banyak negara seperti Mesir dan Pakistan yang membeli puluhan drone CAIG GJ-2. Pesawat ini mampu membawa beban senjata hingga 200 kg. Pabrikan drone ini mengklaim jika CAIG GJ-2 bisa menggunakan senjata udara ke udara. Keren banget kan!

3. General  Atomics Avengers

Sama dengan Drone MQ – 9 Reaper, drone tempur terbaik berikut ini dikembangkan oleh perusahaan dirgantara Amerika serikat General Atomics Aeronautical System ( GASI )

Awalnya drone ini memiliki nama Predator C. Hanya saja, nama ini diganti menjadi Avenger. Drone ini mampu membawa senjata seberat tiga ton termasuk bahan bakar eksternal.

Untuk sistemnya sendiri, ia dilengkapi dengan sistem penargetan elektro-optik seperti pesawat tempur F-35 Lightning II. Menurut kabar yang beredar, saat ini Sea Avenger ditempatkan dikapal Induk amerika untuk melindungi kapal tersebut.

drone-tempur-terbaik-di-dunia

4. SUKHOI S-70 Okhotnik

Rusia dikenal memiliki kekuatan militer terbaik kedua setelah Amerika Serikat. Negara ini juga mempunyai drone tempur terbaik bernama Sukhoi S-70 Okhotnik dengan kemampuan mengerikan karena dilengkapi dengan spesifikasi siluman.

Drone yang merupakan pengembangan dari pesawat tempur terbaik rusia Sukhoi Su – 57 ini mempunyai sederet keunggulan teknologi dibandingkan drone tempur lainnya.

Jadi jangan kaget apabila di dalam pesawat tempur tanpa awak ini terbenam teknologi pesawat tempur generasi ke 5 dan juga pengembangan teknologi generasi ke 6.

UAV ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan drone tempur lain dan memiliki jarak jangkauan operasional 6 ribu kilometer.

5. XQ-58A

XQ-58A merupakan salah satu pesawat tanpa awak dari Amerika Serikat yang dirancang untuk mendukung pesawat tempur yang bisa mengontrol langsung UAV ini dengan sistem AI.

Pesawat ini sering digunakan untuk mengamati medan perang, mematai markas musuh hingga mengorbankan diri sebagai perisai bagi pesawat berawak.

drone-tercanggih-di-dunia

Bayraktar TB-2

Bayraktar TB2 adalah merupakan Drone Pengintai bersenjata buatan Turki yang pada operasi tempur pertamanya berhasil mengalahkan pasukan PKK / Kurdistan workers Party (Partai Buruh Kurdistan) yang terjadi pada 8 September 2016 diikuti dengan keberhasilan operasi tempur lainn yang puncaknya di Konflik Suriah dan Perang Azerbaijan dan Armenia.

Namun perjalanan Turki dalam mengembangkan Bayraktar TB – 2 merupakan jalan panjang, Setelah selama bertahun-tahun berusaha mendapatkan dan bekerjasama dalam pengadaan Drone dengan negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia dan beberapa negara lainnya namun selalu gagal.

Oleh Karena itu, Pemerintah Turki Akhirnya beralih ke produsen lokal untuk mengembangkan Drone tempur canggih. Dengan semua pekerjaan yang bersifat lokal, Turki melewati peraturan senjata ketat yang umumnya dihadapi dengan pembelian asing. Selain itu, TB2 dapat dikembangkan karena kebutuhan militer Turki sebagai solusi jangka panjang yang lebih efektif.

Baca Juga : SO Minimi, Senjata Bantuan Regu Infanteri

Bayraktar TB – 2 dikategorikan sebagai Pesawat Udara Tanpa Awak ( PUNA ) Medium-Altitude, Long-Endurance (MALE). Dengan operator mengontrol penuh kemudi pesawat dari Ground Control Stations (GCS).

Pesawat udara tanpa awak ini memiliki sepasang cantelan di bawah sayap, satu cantelan di setiap sayapnya, yang memungkinkan untuk membawa berbagai jenis persenjataan termasuk Anti-Tank Guided Missiles (ATGMs) serta Laser-Guided Bombs (LGBs).

Semua ini menambah kemampuan serangan akurat dan presisi yang sangat dicari oleh militer saat ini di seluruh dunia. Di samping kemampuan lainnya yaitu untuk menentukan sendiri dan menyerang target yang berada daratan.

Spesifikasi singkat Drone yang dikatakan banyak pengamat sebagai yang terbaik di dunia ini antara lain mempunyai panjang badang pesawat 6,5 M, dengan rentang Sayap 12 M, dan menggunakan mesin Rotax 912 yang membuatnya mampu terbang dengan ketinggian maksimal hingga 22.500 Kaki.

Selain itu Drone canggih ini juga mampu untuk menjelajah dengan terbang hingga lebih dari 150 KM dan dengan daya tahan terbang hingga 24 Jam.

Bayraktar TB-2 juga mempunyai kecepatan maksimum hingga 220 Km/jam dengan kecepatan jelajah mampu hingga 130 KM/Jam, serta mampu mengangkut beban hingga 55 Kg.

drone-tercanggih-di-dunia

Kesimpulan

Dari ke 5 Drone tempur terbaik dan tercanggih di dunia tersebut kita dapat ambil kesimpulan bahwa dunia sedang mempersiapkan perang berikutnya yang mungkin bernama World War 3 / Perang Dunia 3 dengan Drone sebagai ujung tombaknya.

Bagaimana Indonesia ? Tenang Boss. indonesia juga sedang mempersiapkan Drone militer Indonesia yang diberi nama PUNA Elang Hitam, dengan teknologi yang tak kalah canggih.

Nah, itulah informasi yang bisa disampaikan oleh Blog Literasi Militer mengenai daftar drone tempur terbaik di Dunia dengan spesifikasi tinggi dan mematikan. Semoga informasi ini berguna buat kalian semua ya.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan