Bayraktar TB-2, Drone Tempur Tercanggih di Dunia ?

0
21
drone-tercanggih-di-dunia

Dalam mengantisipasi perang di masa mendatang berbagai negara di dunia saling berlomba untuk membuat alutsista modern seperti Pesawat Tempur, Helikopter, Tank atau juga Pesawat Udara Tanpa Awak / Drone tempur tercanggih di Dunia.

drone-tercanggih-di-dunia

Amerika Serikat, rusia, China dan Israel menjadi yang terdepan dalam perlombaan pembuatan Drone – drone tempur canggih ini, hingga akhirnya terjadi perang suriah dan Perang antara Azerbaijan dan Armenia di nagorno – Karabakh. Dimana Drone buatan Turki unjuk gigi dalam melumpuhkan lawan – lawannya.

Turki memang menurunkan Drone tempur terbaiknya untuk membantu Pemerintah Suriah dalam Konflik saudara di negaranya dan Azerbaijan di perang nagorno – Karabakh, Drone tersebut adalah Anka – S dan Bayraktar TB-2

Hal ini membuat Turki, yang sebelumnya hanyalah penggembira dan di nomorduakan dalam perlombaan pembuatan Drone -Drone canggih menyodok ke urutan terdepan, Namun Benarkah semua itu cukup untuk membuktikan bahwa Bayraktar TB-2 merupakan Drone Tempur Tercanggih di Dunia ? Yuk kita bongkar bersama isi daleman drone ini, simak hingga selesai ya.

Bayraktar TB – 2, Drone Tempur Tercanggih di Dunia ?

Di Kutip Mimin dari majalah militer luar negeri dunia militaryfactory bahwa Bayraktar TB – 2 hasil pengembangan dari Bayraktar Tactical UAS yang pertama kali diterbangkan pada tahun 2009 dan diperkenalkan pada tahun 2014.

TB2 adalah merupakan Drone Pengintai bersenjata yang pada operasi tempur pertamanya berhasil mengalahkan pasukan PKK / Kurdistan workers Party (Partai Buruh Kurdistan) yang terjadi pada 8 September 2016 diikuti dengan keberhasilan operasi tempur lainn yang puncaknya di Konflik Suriah dan Perang Azerbaijan dan Armenia.

Namun perjalanan Turki dalam mengembangkan Bayraktar TB – 2 merupakan jalan panjang, Setelah selama bertahun-tahun berusaha mendapatkan dan bekerjasama dalam pengadaan Drone dengan negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia dan beberapa negara lainnya namun selalu gagal.

Oleh Karena itu, Pemerintah Turki Akhirnya beralih ke produsen lokal untuk mengembangkan Drone tempur canggih. Dengan semua pekerjaan yang bersifat lokal, Turki melewati peraturan senjata ketat yang umumnya dihadapi dengan pembelian asing. Selain itu, TB2 dapat dikembangkan karena kebutuhan militer Turki sebagai solusi jangka panjang yang lebih efektif.

Baca Juga : Helikopter Tercanggih Di Dunia

Bayraktar TB – 2 dikategorikan sebagai Pesawat Udara Tanpa Awak ( PUNA ) Medium-Altitude, Long-Endurance (MALE). Dengan operator mengontrol penuh kemudi pesawat dari Ground Control Stations (GCS).

Pesawat udara tanpa awak ini memiliki sepasang cantelan di bawah sayap, satu cantelan di setiap sayapnya, yang memungkinkan untuk membawa berbagai jenis persenjataan termasuk Anti-Tank Guided Missiles (ATGMs) serta Laser-Guided Bombs (LGBs).

Semua ini menambah kemampuan serangan akurat dan presisi yang sangat dicari oleh militer saat ini di seluruh dunia. Di samping kemampuan lainnya yaitu untuk menentukan sendiri dan menyerang target yang berada daratan.

Spesifikasi singkat Drone yang dikatakan banyak pengamat sebagai yang terbaik di dunia ini antara lain mempunyai panjang badang pesawat 6,5 M, dengan rentang Sayap 12 M, dan menggunakan mesin Rotax 912 yang membuatnya mampu terbang dengan ketinggian maksimal hingga 22.500 Kaki.

Selain itu Drone canggih ini juga mampu untuk menjelajah dengan terbang hingga lebih dari 150 KM dan dengan daya tahan terbang hingga 24 Jam.

Bayraktar TB-2 juga mempunyai kecepatan maksimum hingga 220 Km/jam dengan kecepatan jelajah mampu hingga 130 KM/Jam, serta mampu mengangkut beban hingga 55 Kg.

Bayrajtar TB-2

Kesimpulan

Dengan Kemampuannya memproduksi Bayraktar TB -2, Membuat Turki menjadi salah satu diantara negara keenam di dunia yang menggunakan Unmanned Aerial Combat Vehicle (UCAV) super canggih. Bergabung dengan negara lain seperti Amerika Serikat, Cina, Pakistan, Israel dan Iran.

Drone memang menjadi alutsista wajib dalam perang Modern karena menawarkan keuntungan yang cukup besar jika dibandingkan peralatan tempur lainnya, paling tidak dalam teknologi ini mempunyai kemampuan untuk mencari dan menghancurkan Alutsisata Musuh di darat dengan serangan yang sangat akurat tanpa seorang Pilot manusia sehingga dapat mengurangi korban dalam peperangan.

Demikianlah gaess pembahasan kita kali ini tentang Bayraktar TB 2 dan pantaskan disebut menjadi Drone tempur terbaik di dunia ? andalah yang dapat menjawabnya. Bagaimana Indonesia ? Tenang Kita juga telah menyiapkan Drone tempur Indonesia canggih yang diberi nama Elang Hitam.

Tinggalkan Balasan