Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Essay Optimalisasi Sumber Daya Manusia Prajurit TNI AD

9 min read

Essay Militer Optimalisasi SDM Prajurit

OPTIMALISASI PEMBINAAN SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MEWUJUDKAN PRAJURIT TNI AD YANG PROFESIONAL DAN UNGGUL DALAM RANGKA MENDUKUNG KEMAJUAN BANGSA

Pendahuluan

Pada pameran industri Hannover Messe di kota Hannover, Jerman di tahun 2011 konsep Trade 4.0 mulai dikemukakan. Dimana sebelumnya lebih terkenal istilah “Revolusi Teknologi” atau “Revolusi Digital”. Revolusi Industri 4.0 atau perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia memproduksi barang dimana laptop dan robotic menjadi dasar. Dan setiap perubahan besar akan selalu membawa pengaruh di semua bidang tak terkecuali bidang militer. Revolusi Industri 4.0 akan mengubah cara cara berperang menjadi sama sekali baru, loncatan teknologi yang tremendous cepat akan melahirkan ide ide baru yang diterapkan dalam system persenjataan militer sehingga mannequin mannequin peperangan menjadi unpredictable atau susah ditebak, kecanggihan senjata yang mengedepankan teknologi digital dengan mudah mengambilalihan kendali langsung dari ruang siber tanpa perlu menyusupkan orang seperti dalam pertahanan konvensional. Menghadapi perubahan yang sangat cepat itu organisasi militer di seluruh dunia berlomba lomba melakukan peningkatan kompetensi prajurit pada penguasaan teknologi Komputer, kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama secara kolaboratif dan kemampuan untuk terus belajar serta adaptif terhadap perubahan lingkungan. Salah satu fungsi yang diharapkan mampu mendukung program tersebut adalah fungsi pembinaan sumber daya manusia’ namun kenyataan masih banyak terjadi persoalan baik intern maupun ekstern yang menghambat berjalannya program tersebut dan hal ini Melatar belakangi permasalahan yang menyebabkan program pembinaan SDM TNI AD yang profesional dan unggul belum sepenuhnya dengan berjalan optimum.

Baca Juga : Analisa Alutsista Indonesia

Dari latar belakang permasalahan yang telah diuraikan diatas maka penulis memperoleh gambaran tentang Identifikasi persoalan yang muncul dalam pelaksanaan pembinaan sumber daya manusia TNI AD yaitu : pertama, Rekrutmen prajurit ; kedua, Pendidikan dan latihan di lingkungan TNI AD dan; ketiga, Perawatan personel. Dari ketiga persoalan tersebut maka penulis dapat Merumuskan masalah yaitu Bagaimana optimalisasi pembinaan sumber daya manusia guna mewujudkan SDM TNI AD yang profesional dan unggul guna mendukung kemajuan bangsa ?

Kami menilai bahwa Pentingnya memecahkan masalah dalam penulisan essay militer ini adalah dapat memberikan saran tentang upaya upaya yang dapat dilaksanakan oleh Bapak KSAD selaku pimpinan tertinggi TNI AD, sedangkan untuk penulisan essay ini  Metode digunakan adalah deskriptif analisis yaitu mengalisa permasalahan dengan menggambarkan permasalahan sesuai information dan fakta yang terjadi dilapangan melalui pendekatan empiris atau pengalaman penulis selama berdinas di TNI AD

            Nilai guna  dari penulisan essay militer ini adalah diharapkan dapat menggambarkan permasalahan yang terjadi dalam rangka optimalisasi program pembinaan SDM kepada seluruh pembacadan Maksudnya adalah memberikan gambaran kepada komando atas tentang upaya upaya yang dapat dilaksakanan dalam membuat kebijakan program pembinaan SDM Prajurit dan ASN TNI AD, sedangkan Tujuan adalah memberikan saran dan masukan kepada Komando Atas tentang upaya upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan program Pembinaan SDM TNI AD. Ruang lingkup dari penulisan ini meliputi pendahuluan, pembahasan dan penutup dengan Pembatasan pada pembinaan SDM Prajurit TNI AD.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Comments are closed.

error: Alert: Content is protected !!