Essay Pengaruh Medsos terhadap disiplin Prajurit

3
167
Essay Pengaruh Medsos

Pengaruh Medsos terhadap disiplin Prajurit Yonif 407/PK

            Yonif 407/PK Kodam IV/Dip merupakan salah satu satuan tempur TNI  AD yang memiliki tugas dan kewajiban untuk melakukan pembinaan satuan guna menyiapkan satuan yang siap operasional dan handal serta didukung oleh disiplin prajurit yang optimal dalam rangka mewujudkan tercapainya tugas pokok TNI AD. Namun kenyataan saat ini, disiplin prajurit dipandang belum optimal dan belum sesuai dengan harapan.  Kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor perkembangan TI yaitu media sosial. Permasalahan yang diteliti adalah tentang pengaruh penggunaan media sosial terhadap disiplin prajurit Yonif 407/PK Kodam IV/Dip.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media sosial dan disiplin prajurit Yonif 407/PK Kodam IV/Dip dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan melibatkan sampel sejumlah 85 orang dari total populasi sejumlah 568 orang yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling dan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskripsi dan statistik inferensial. Pengujian instrumen penelitian memakai uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan data interval. 

            Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa : media sosial dipersepsi sedang dengan total skor 5809 (59,43%) dan disiplin dipersepsi sedang dengan total skor 2746 (53,84%), sedangkan pengaruh media sosial terhadap disiplin prajurit sebesar 5,76%..

BERITA DISARANKAN

Kata kunci : Pengaruh, Media Sosial, Disiplin.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here