F–15 Eagle Pesawat Terbaik Amerika Sepanjang Masa

0
270
F - 15 Eagle

Blog Militer Indonesia,-  F – 15 Eagle Pesawat Terbaik Amerika, Hai sobat kali ini saya akan sedikit membahas tentang pesawat tempur buatan Paman SAM yang menurut saya merupakan salah satu pesawat tempur yang terbaik yang pernah ada.

Kok bisa F – 15 Eagle pesawat terbaik Amerika ?

Ya, Karena sesuai data ada membuktikan bahwa Rasio kemenangan F- 15 hanya ada 1 tingkat di bawah F -22 Raptor. Apalagi sejak awal pemakaiannya secara resmi pada awaal 1970an yang berarti kurang lebih 50 tahun dai saat ini, F – 15 Eagle telah terlibat di berbagai banyak pertempuran udara si seluruh belahan Dunia ini.

F- 15 Eagle sudah jadi pesawat jet tempur utama serta pesawat pencegat milik Paman SAM selama berpuluh – puluh tahun. Dimana Keunggulannya dalam pertempuran udara menjadi salah satu yang terbaik hingga saat ini. Keunggulan F – 15 Eagle itu dikarenakan kemampuannya dalam bermanuver dan berakselarasi di udara yang luar biasa.

Ditambah dengan inovasi dalam kecepatan dan kemampuan untuk terbang lebih tinggi, emampuan ,membawa senjata lebih banyak serta sistem avionik canggih yang tertanam dalam teknologinya.

Kemampuan – kemampuan tersebut membuat F -15 Eagle mampu dapat menembus proteksi dan sistem pertahanan udara musuh, serta mengungguli dan mengalahkan pesawat tempur musuh yang selevel dengannya.

F- 15 mempunyai program digital serta persenjataan guna mengetahui, memantau serta mendeteksi pesawat musuh saat berada di udara dalam pertempuran 1 lawan 1.

Sistem persenjataan F -15 Eagle dan kemampuannya dalam bermanuver di udara memang sengaja di desai untuk dapat dengan mudah mengalahkan musuh – musuhnya dalam  pertempuran udara.

Keunggulan dalam bermanuver serta akselerasi yang dimiliki oleh dari F- 15 Eagle dicapai dengan memakai rasio dorong ke berat mesin yang sangat kuat serta pemuatan sayap yang lebih rendah.

Mau tahu lebih banyak tentang F- 15 Eagle pesawat terbaik Amerika ? Ikuti terus ulasannya dalam artikel ini.

Teknologi dan Sistem multimission avionik yang ditanam dalam pesawat ini membuat F- 15 Eagle berbeda dengan pesawat tempur sejenisnya. Dimana dalam pesawat Ini dilengkapi fitur radar yang sangat canggih, sistem navigasi inersia, fitur penerbangan, komunikasi frekuensi sangat tinggi, sistem navigasi taktis serta sistem touchdown instrumen.

Pesawat Ini juga memiliki sistem peperangan elektronik taktis yang terpasang secara internal, antara lain sistem navigasi yang dapat menegenali pesawat teman ataupun musuh, fitur penanggulangan digital, serta Komputer dengan digital yang terpusat.

Data utama yang pilot butuhkan akan ditampilkan pada kaca depan, seluruh data penerbangan tersebut merupakan hasil pengumpulan oleh sistem avionik yang dimiliki oleh pesawat terbaik Amerika ini

Dengan data – data ini akan menjadikan F -15 Eagle mudah untuk melacak serta menghancurkan pesawat musuh tanpa wajib memandang ke dasar ke fitur kokpit.

F- 15 Eagle juga dilengkapi dengan sistem radar canggih yaitu versatile pulse-Doppler radar system, Sistem radar ini bisa memandang pesawat yang terbang tinggi maupun terbang rendah tanpa khawatir.

Sistem radar bisa jadi dapat mengetahui serta memantau pesawat serta sasaran kecil berkecepatan tinggi pada jarak yang bervariasi. Sistem Radar akan memasukkan pesawat target ke komputer pusat buat pasokan senjata yang efektif dalam menghadapi pesawat tersebut.

Dalam pertarungan jarak dekat, radar secara robotik memperoleh pesawat musuh, serta kabar ini diproyeksikan pada kegiatan head- up. Sistem peperangan digital F- 15 membagikan tiap peringatan resiko serta penanggulangan secara otomatis dari ancaman lawan.

F -15 Eagle mampu membawa persejataan dari udara ke udara yang Lumayan banyak Sistem senjata otomatis membolehkan pilot buat melaksanakan pertarungan udara dengan nyaman serta sukses, menggunakan gambaran yang tersedia di head- up serta kontrol avionik serta senjata yang terletak di badan pesawat.

Saat pilot melaksanakan penyesuaian dari satu sistem senjata ke sistem Navigasi yang berbeda, Maka akan nampak senjata yang dibutuhkan dalam menghadapi pesawat musush secara robotik di Gambaran head- up.

Kedepannya F -15 Elang akan dipersenjatai dengan bermacam senjata udara- ke- udara berat: Rudl Medium AIM- 120 yang dapat memvariasikan rudal udara- ke- udara.

Untuk pesawat tebang rendah peluru kendali AIM- 9L/ Meter Sidewinder ataupun rudal AIM- 120 pada 2 tiang di bawahnya akan menjadi andalan. F- 15E merupakan pesawat tempur 2 kursi pilot, dimana seluruhnya di buat untuk misi segala cuaca, baik pertempuran udara ke udara maupun untuk interdiksi mendalam.

Buat ketinggian rendah, penetrasi kecepatan besar serta serbuan presisi pada sasaran taktis di malam hari ataupun di hawa yang bermusuhan, F- 15E membawa radar APG- 70 dengan resolusi besar serta navigasi ketinggian rendah dan berkonsentrasi pada inframerah buat pod malam.

Penerbangan perdana F- 15A terjadi pada bulan Juli 1972, serta penerbangan utama dari pelatih 2 dengan 2 Kursi F- 15B ( tadinya TF- 15A) terbuat pada Juli 1973.

F – 15 yang utama yaitu F- 15B dikirim pada November 1974 dan Pada bulan Januari 1976,  F – 15 akhirnya menjadi skuadron tersendiri yang diperuntukkan dalam menghadapi pertempuran yang telah direncanakan dan diinformasikan.

Design berbeda dimulai pada era F- 15 C dimana hanya ada satu kursi pilot serta F- 15D kembali denga 2 kursi menambak stok pertahanan udara AS mulai tahun 1979.

Program Kenaikan fungsi  F- 15 dari pesawat tempur udara menjadi pesawat dengan banyak peran ( Multirole ) diawali pada Februari 1983, dengan F- 15C yang dibuat pada tahun 1985.

Fitur tambahan tercantum pada pusat teknologi komputer yang ditingkatkan, Fitur Persenjataan yang Bisa Diprogram, membuat keunggulan yang lebih dari rudal AIM- 7, AIM- 9, serta AIM- 120A.

Sistem Perang Digital Taktis juga diperluas dengan dapat membagikan kenaikan pada penerima peringatan radar ALR- 56C serta fitur ALQ-135 countermeasure set.

Pesawat tempur F -15 Varian C dan D sudah dikerahkan ke Teluk Persia pada tahun 1991 dalam membantu peperangan yang semakin menguatkan dominasi pertarungan udara mereka. Pesawat tempur F- 15C menyumbang 34 dari 37 kemenangan pertempuran di Udara.

Sejak saat itu F -15 Eagle terus dikerahkan dalam berbagai pertempuran dan Konflik yang terjadi di dunia ini seperti dalam Konflik Bosnia, Afganistan dan Irak.

Saat Ini Varian terbaru F – 15 Eagle telah memasuki pesawat generasi 4++ dengan Varian F -15X dengan tetap mengandalkan kemampuan Manuver dan akselerasinya di udara. Serta kemampuannya dalam membawa senjata yang lebih banyak.

Demikian ulasan singkat F -15 Eagle pesawat tempur terbaik Amerika versi Literacymiliter.com, kami dengan senang hati menerima saran dan kritik dalam Kolom Komentar dibawah.

Sumber : Wikipedia , Military, jakarta greater

BLOG ” LITERACY ” MILITER

Tinggalkan Balasan