FTP : Pengertian, Sejarah, Jenis, Cara Kerja, dan Kegunaannya

3 min read

Apa itu FTP? Mari Mengenal Tentang FTP Lebih Jauh Lagi

Apakah Anda sering mendengar FTP atau File Transfer Protocol? Mungkin FTP terdengar asing di telinga Anda. Namun ternyata tanpa Anda sadari, ternyata Anda sudah sering menggunakan File Transfer Protocol ini.

Untuk Anda yang tertarik mengenai hal ini, mari kita bahas lebih lanjut mengenai File Transfer Protocol ini, mulai dari pengertiannya, sejarah, jenis-jenisnya, cara kerjanya, kegunaan, dan kelebihan serta kekurangannya. Simak informasi lengkapnya berikut ini

Pengertian FTP

FTP yang merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol adalah internet service yang tersambung ke internet sehingga Anda dapat mengunduh atau melakukan upload file. File Transfer Protocol ini sering digunakan untuk melakukan bertukar data karena lebih efisien jika membandingkannya dengan kabel atau fisik lainnya.

File Transfer Protocol merupakan salah satu protokol yang secara tidak sadar Anda gunakan ketika menggunakan internet. Ketika menggunakan, Anda menggunakan berbagai macam protokol atau prosedur perintah seperti HTTP untuk menjelajah internet, XMPP untuk menerima pesan singkat, dan File Transfer Protocol ini merupakan protokol yang digunakan untuk memindahkan berbagai macam file.

Sejarah FTP

FTP merupakan salah satu protokol internet tertua yang masih bertahan hingga saat ini dan protokol ini pertama kali dikembangkan pada sekitar tahun 1970-an oleh Abhay Bhushan ketika dia masih bekerja pada proyek ARPAnet.

Baca Juga:

Baca Juga : Newapps.tech Instagram/privategram, Private Profile Viewer Tools

File Transfer Protocol adalah salah satu elemen penting yang penting dalam internet, sehingga akan sangat disayangkan jika Anda tidak menyediakan fasilitas pendukung File Transfer Protocol di dalam website Anda.

Jenis-jenis FTP

Setelah mengetahui apa itu File Transfer Protocol dan bagaimana sejarahnya, hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis-jenis protokol ini. Pada dasarnya File Transfer Protocol terbagi menjadi dua jenis, yaitu File Transfer Protocol server dan File Transfer Protocol client. Mari kita kenali lebih lanjut mengenai kedua jenis File Transfer Protocol ini.

1. FTP Server

File Transfer Protocol server merupakan sebuah perangkat yang memiliki tugas untuk memindahkan sebuah file dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada dasarnya File Transfer Protocol server ini adalah sebuah perangkat yang memang hanya memiliki fungsi untuk mengambil dan menempatkan sebuah file.

Ketika Anda mengunduh suatu file, maka File Transfer Protocol server akan menjalankan perintah mengambil file dan memberikannya kepada Anda. Sementara saat Anda melakukan upload suatu file, maka File Transfer Protocol server ini akan menjalankan perintah menempatkan file Anda pada sebuah server. File Transfer Protocol server ini merupakan perantara antara Anda dan server utama.

2. FTP Client

Jenis File Transfer Protocol yang berikutnya adalah File Transfer Protocol client. File Transfer Protocol client adalah perangkat yang Anda gunakan untuk mengirim dan berbagai macam file. Saat ini ada beberapa jenis File Transfer Protocol client yang sering banyak orang gunakan. File Transfer Protocol tersebut adalah seperti FIleZilla, WINSCP, dan GFTP.

FileZilla merupakan salah satu File Transfer Protocol client yang cukup populer dan paling sering orang gunakan. FileZilla memiliki fitur yang cukup lengkap bahkan sudah bisa di sistem operasi yang sudah terkenal yaitu Linux dan Windows.

Kelebihan dari FileZilla adalah Anda dapat melakukan transisi simultan pada sebuah file. Sementara kekurangannya adalah dari sisi waktu untuk mengunggah sebuah file. Semakin besar ukuran file yang Anda unggah, maka akan membutuhkan waktu yang semakin lama.

Baca Juga : Download Aplikasi Alight Motion Pro Apk 4.0.2 Fitur Full Premium

Berbeda dengan FileZilla untuk sistem operasi Linux dan Windows, WINSCP hanya dapat digunakan di sistem operasi Windows saja. Meskipun demikian, WINSCP cukup terkenal di kalangan pengguna Windows.

WINSCP juga tentunya memiliki kelebihan. Beberapa kelebihan dari WINSCP adalah sudah mendapat dukungan SSH Password, public key, keyboard interaktif dan otentikasi Kerberos.

Sementar untuk GFTP tentunya berbeda dengan FileZilla dan WINSCP. GFTP adalah FTP client yang hanya dapat Anda gunakan di sistem operasi Linux saja dan hanya dapat menggunakan jaringan koneksi FTP lokal saja. 

Namun tentunya GFTP juga memiliki kelebihan. Beberapa kelebihan GFTP adalah seperti dapat dikembangkan oleh siapa saja, dan bahkan selain FTP, GFTP ini juga mendukung protokol lainnya seperti FTPS, HTTP, HTTPS, SSH dan FSP.

Selain ketiga jenis FTP client tersebut, saat ini sudah banyak juga beberapa jenis lainnya yang cukup populer dan sering orang-orang gunakan untuk berbagai file-file mereka.

Cara Kerja FTP

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai FTP atau File Transfer Protocol ini, mungkin Anda sudah sedikit mendapat gambaran tentang apa itu File Transfer Protocol. Pada poin kali ini, Anda akan lebih mengetahui secara jelas bagaimana cara kerjanya

FTP adalah sebuah protokol yang menghubungkan antara client dan sebuah server. File Transfer Protocol ini juga pada dasarnya hanya menggunakan dua buah saluran dasar, yaitu saluran perintah yang berisi tentang bagaimana memindahkan file, dan saluran data tersebut berguna untuk memindahkan sebuah file dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

File Transfer Protocol ini juga pada dasarnya hanya menggunakan dua mode koneksi, yaitu koneksi aktif dan pasif. Koneksi aktif adalah saat server aktif memberikan data dan menyaring informasi, sementara koneksi pasif adalah pada saat server sedang tidak aktif dan tidak ikut berpartisipas memberikan data menyaring informasi.

Kegunaan FTP

File Transfer Protocol ini sering menjadi pilihan untuk mengembangkan sebuah website dan juga memindahkan file dalam jumlah yang banyak dan ukuran yang besar. Saat Anda melakukan perubahan pada sebuah website, maka File Transfer Protocol akan memberikan kemudahan dalam mengelola berbagai hal seperti mengunggah file, merubah gambar dan masih banyak lagi yang lainya. 

File Transfer Protocol ini juga sering menjadi pilihan para profesional IT untuk memindahkan sekumpulan file-file dalam jumlah yang banyak dan ukuran yang cukup besar.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Sebagai salah satu protokol yang dapat membantu Anda dalam mengelola file atau data, File Transfer Protocol ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan File Transfer Protocol ini. 

Kelebihan

File Protocol Transfer yang merupakan penyalur antara client dan server ini tentunya memiliki beberapa kelebihan, apa sajakah kelebihan dari File Protocol Transfer ini? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari File Protocol Transfer ini.

  1. Dapat menjadi jembatan untuk pertukaran data dan informasi dengan mudah
  2. Sudah memiliki sistem keamanan yang baik dan dapat melindungi data-data Anda
  3. Keamanan data pribadi Anda juga akan lebih terjaga
  4. Data yang Anda kirim tidak akan hilang karena File Transfer Protocol juga memiliki peran seperti tempat penyimpanan data
  5. Mudah untuk melakukan verifikasi karena sudah ada beberapa software yang dapat membantu Anda
  6. Dapat melakukan backup data atau file, dan bahkan dapat merestore sebuah website

Kekurangan

Selain kelebihan, File Transfer Protocol juga tentunya memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan ketika menggunakan File Transfer Protocol yang perlu Anda ketahui.

  1. File Transfer Protocol ini juga bisa menjadi tidak aman apabila Anda tidak menggunakan sistem keamanan terenkripsi
  2. Bisa terjadi kesalahan dalam menyampaikan sebuah informasi
  3. Ada kemungkinan administrator mengalami kesulitan untuk memahami dan menyampaikan informasi
  4. Minimnya informasi mengenai dampak atau resiko yang dapat membahayakan administrator

Itulah beberapa informasi mengenai FTP, mulai dari pengertiannya, sejarah, jenis-jenis, cara kerja, kegunaan, dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

error: Alert: Content is protected !!