Gaya Hidup ala Militer, yang harus kita tiru

0
80
gaya-hidup-militer

Hai sobat pencinta Militer, kali ini kita akan membahas tentang hidup ala Militer. yang terkenal dengan kedisplinannya. Dimana hal itu akan membantu produktivitas kerja kita sehari-hari.

Bila kita ngomong – ngomong soal militer tentunya pikiran kita langsung tertuju pada sekumpulan lelaki dengan tubuh atletis yang memakai sergam loreng dan baret dikepalanya.

Seorang Parjurit memang didik untuk merelakan hidup bahkan matinya demi tetap tegak dan kokohnya Negara Republik Indonesia ( Kita bicara TNI lho ya )

Sebagai seorang tentara para Prajurit ini juga harus siap untuk ditugaskan dan ditempatkan dimana saja termasuk diantaranya dalam sebuah pertempuran.

Untuk itu menjadi seorang Prajurit selain dibutuhkan fisik yang kuat juga tentunya sangat diperlukan mental baja yang pantang kendur. Pelatihan seorang Prajurit akan didik dan dilatih agar selalu siap di berbagai macam medan tugas, dengan gaya hidup ala militer.

Berikut beberapa Gaya hidup Militer yang dapat Kita Praktekkan :

1. Bangun pagi teratur

Gaya Hidup ala Militer pertama yang dapat kita tiru adalah bangun pagi secara teratur. Menjadi seorang Prajurit terutama ketika saat pendidikan semua akan diatur mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.

Seorang Siswa akan wajib bangun pada pukul 04.00 Wib untuk dilanjutkan pembersihan dan persiapan melaksanakan olahraga pagi baik senam maupun lari pagi.

Gaya hidup untuk bangun pagi tepat waktu secara teratur akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari – hari, hal ini karena bangun pagi secara teratur akan menyiapkan kita untuk lebih siap menyambut pagi dengan berbagai aktifitas yang padat.

2. Pola makan Sehat dengan gizi seimbang

Gaya Hidup ala Militer kedua yang haus kita praktekkan adalah pola makan sehat dengan gizi yang berimbang. Seorang Prajurit terutama bagi mereka yang bertugas di satuan tempur mempunyai banyak aktivitas yang memerlukan banyak energi.

Hal ini membuat apa yang dimakan oleh Prajurit harus benar – benar diatur agar memnuhi standart gizi yang telah ditentukan serta tidak berlebihan.

Makanan yang disajikan oleh Dapur tentara memang benar – benar diatur baik karbohidrat, Protein, lemak dan semua Gizi yang ada didalamnya.

Bahkan jumlah nasi yang dimakan harus disesuaikan takaran, dimana dalam sehari maksimal adalah 0,8 L dengan rincian 0,2 L untuk sarapan, 0,4 L makan siang dan 0,2 L makan malam. ( Tapi ingat ini adalah takaran untuk seorang yang mempunyai aktivitas berat bagi kalian yang mempunyai aktivitas sedang – sedang saja tentunya harus menyesuaikan jika nggak ingin gendut … hihihi )

Hal ini tentunya selain untuk memenuhi energi guna menunjang kegiatan sehari-hari juga tentunya agar dapat membentuk tubuh seorang prajurit menjadi ideal dan atletis.

3. Berpenampilan Rapi

Gaya Hidup ala Militer ketiga yang dapat kita ikuti adalah selalu berpenampilan dengan rapi. Melihat seorang prajurt sebagian besar dari mereka pasti sangat memperhatikan penampilan sehari-hari.

Tak hanya pakaian seorang akan merapikan semuanya penampilannya dari ujung rambut hingga ujung kaki. Rambut dengan potongan Bross/cepak serta menggunakan minyak rambut adalah ciri khas seorang prajurit.

Seragam loreng yang mereka gunakan juga harus disetrika dengan rapi, bahkan garis – garis lipatan baju harus terlihat jelas guna menunjukkan kepribadian yang tertata.

Tidak lupa sepatu Boot yang digunakan juga akan di semir mengkilat, bahkan dalam sebuah pendidikan sepatu akan dapat dibuat berkaca ( hihihi … bercanda gaess )

4. Loyalitas tinggi pada Atasan, teman maupun Bawahan.

Gaya Hidup ala Militer keempat yang dapat kita tiru adalah loyalitas tinggi serta menghargai orang lain. Seorang Prajurit akan mempunyai loyalitas yang tinggi karena dalam setiap pertempuran diperlukan kekompakan guna dapat memenangkannya.

Mereka akan sangat menghagai arti sebuah persahabatan hal ini karena mereka akan saling menggantungkan hidup dan nyawa mereka pada teman yang akan siap melindunginya setiap saat.

Loyalitas ini tidak hanya pada atasan dan rekan – rekannya, namun juga dengan bawahannya karena mereka sadar tak akan ada artinya kehadiran merekan tanpa adanya bawahan yang loyal dan setia.

5.  Olahraga secara teratur

Gaya Hidup ala Militer kelima adalah kebiasaan untuk hidup sehat dengan berolahraga secara teratur. Sama halnya dengan makan seimbang antara Gizi, protein dan karbohidratnya. Seorang tentara harus dapat melaksanakan aktivitas sehari – harinya dengan berolahraga secara teratur.

Seperti telah dijelaskan di awal bahwa salah satu kebiasaan tentara adala bangun pagi dilanjukan dengan olahraga. Hal ini benar – benar membantu seorang prajurit untuk tetap Fit dan energik dalam melaksanakan aktivitas sehari – hari seperti latihan dan aktivitas lainnya.

6. Tidur tepat Waktu

Gaya Hidup ala Militer terakhir yang akan kita bahas kali ini adalah tidur tepat waktu. Dengan banyaknya dan padatnya kativitas sehari – hari yang dilaksanakan oleh seorang prajurit diperlukan istirahat yang cukup untuk kegiatan hari berikutnya.

Istirahat cukup 8 jam sehari benar – benar diterapkan oleh seorang Prajurit khususnya saat melaksanakan pendidikan dan berdinas di satuan tempur.

Jam 22.00 Wib akan diperdengarkan terompet tanda jam tidur dimana bila terompet telah berbunyi tidak ada lagi kegiatan yang boleh dilaksanakan.

Sekali lagi semuanya dilakkan agar aktifitas dihari berikutnya lebih segar dan maksimal.

Demikianlah beberapa Gaya Hidup ala Militer yang dapat kita tiru sehari – hari. Hal ini akan sangat membantu kita dalam memaksimalkan aktivitas dan pekerjaan kita sehari – hari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan