Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

3 Helikopter Tempur Canggih di Dunia

1 min read

3 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia

Untuk mempertahankan keamanan negara, dibutuhkan seluruh peralatan dan perlengkapan canggih agar semua wilayah dapat dijaga dengan aman.

Salah satu wilayah yang penting untuk dijaga adalah pertahanan wilayah udara. Tidak hanya menggunakan pesawat tempur, kegunaan helikopter juga sangat dibutuhkan dalam mempertahankan wilayah udara.

Saat ini, negara-negara di dunia sedang berlomba-lomba untuk mengembangkan peralatan militer mereka. Salah satunya adalah helikopter.

Helikopter merupakan kendaraan terbang pengangkut pasukan untuk pergi ke medan perang di wilayah yang tidak memungkinkan kondisinya untuk mendaratkan pesawat.

Berikut adalah 3 helikopter tempur tercanggih yang ada di dunia.

Baca Juga:

 

1.Boeing CH-47 Chinook

Boeing CH-47 Chinook merupakan sebuah helikopter yang dimiliki Amerika. Boeing CH-47 Chinook ini mempunyai mesin ganda, yaitu tandem rotor dan heavy-lift.

Boeing CH-47 Chinook mempunyai kecepatan maksimal yang mencapai 315 kilometer per jam yang membuatnya menjadi helikopter tercepat daripada helikopter tempur lainnya pada tahun 1960-an lalu.

Kegunaan Boeing CH-47 Chinook selain helikopter tempur adalah helikopter ini bisa digunakan untuk memindahkan tank, pesawat tempur, dan alutsista berat lainnya.

Boeing CH-47 Chinook dilengkapi dengan 3 pintle senapan mesin.

 

2.AH-64 Apache

AH-64 Apachea merupakan helikopter militer dengan jenis helikopter serbu yang dapat diterbangkan ke dalam berbagai kondisi keadaan cuaca.

Untuk mengoperasikan helikopter ini, dibutuhkan 2 orang crew. AH-64 Apache ini dilengkapi dengan persenjataan berupa senapan mesin M230 kaliber 30 mm yang terletak dibawah hidung helikopter ini.

Pada tahun 2018 silam, Indonesia mendatangkan AH-64 Apache ini ke tanah air sebanyak 8 unit.

 

3.Kamov Ka-50

Kamov Ka-50 atau Kamov Ka-50 Black Shark merupakan helikopter tempur asal Rusia.

Untuk mengoperasikan helikopter ini, hanya dibutuhkan 1 orang crew karena Kamov Ka-50 Black Shark hanya memiliki kursi tunggal dan memiliki rotor siste koaksial dari biro desain Kamov.

Kamov Ka-50 Black Shark dilengkapi dengan sistem persenjataan yang cukup canggih yaitu berupa 12 rudal anti tank yang dipandu dengan laser Vikhr yang memiliki jangkauan maksimum sejauh 8 km.

Selain rudal anti tank, Kamov Ka-50 Black Shark juga mampu membawa roket S-13 dan S-8 sebagai sistem persenjataannya.

 

Itulah 3 jenis helikopter tempur militer tercanggih yang dimiliki oleh berbagai negara guna untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan negara mereka di wilayah udara.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!