Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

8 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia, Indonesia Punya Salah Satunya Lho …

5 min read

Helikopter tercanggih di Dunia

Perkembangan Zaman yang sangat cepat terutama di Bidang Teknologi juga mempunyai imbas kepada Bidang Teknologi Kemiliteran. Banyak Alutsista Canggih yang menghadirkan Tekonologi Terkini Seperti Pesawat Tempur, Drone, Tank dan lain sebagainya. Termasuk diantaranya menghadirkan jajaran Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia.

Baca Juga:
helikopter-tercanggih-di-dunia

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas alutsista pesawat tempur terbaik, Tank terkuat di Dunia dan beberapa senjata perorangan yang mematikan, kali ini kita akan membahas tentang Helikopter Serang Tercanggih di Dunia.

Helikopter merupakan Alutsista berupa kendaraan udara yang dapat digunakan sebagai alat tempur maupun angkut Personel. Saat ini sudah ada beberapa Hellikopter yang masuk kategori sebagai Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia.

Baca Juga:

Perbedaan Spesifikasi antara Helikopter tempur dan Helikopter Angkut Personel terdapat pada beberapa perlengkapannya seperti alat persenjataan, Kemampuan terbang lebih jauh, Bahan yang dipakai serta jumlah personel yang dapat diangkut.

Walaupun demikian ada juga beberapa helikopter angkut personel yang di Modifikasi sebagai helikopter tempur dengan dilengkapi dengan senjata yang mematikan.

Nah, blog militer akan membagikan informasi mengenai Helikopter apa saja yang hebat dan memiliki persenjataan yang mematikan sehingga di daulat sebagai Helikopter Tercanggih di Dunia. Penasaran? Yuk simak sampai habis artikel ini.

8 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia

Tercatat ada kurang lebih 27 jenis dan macam helikopter serang / tempur di seluruh Dunia, Namun Mimin memilih 8 diantaranya sebagai yang terbaik didasarkan pada Kinerja, Persenjataan, Perlindungan dan Avionik. Yaitu antara lain :

1. Apache AH-64E ( AH-64D Block III )

Helikopter tempur tercanggih pertama yang akan kita bahas adalah Apache AH-64D Asal United State Amerika ( USA ). Helikopter besutan paman Sam ini telah digunakan di banyak negara termasuk Indonesia.

Siapa sih Yang tak kenal dengan Helikopter Canggih ini ? Helikopter Apache memang sangat Populer dan telah merasakan pertempuran di seluruh belahan Dunia.

Helikopter yang telah digunakan 30 september 1975 ini juga telah mengalami banyak pembaharuan dari Versi awalnya, Dimana saat ini Versi terbaru Helikopter Apache dalah AH-64E.

Baca Juga : Helikopter Terbesar di Dunia

Dimana dalam Versi Terbarunya ini di Klaim oleh Amerika sebagai Helikopter yang lebih efisien, lebih cepat, dan lebih mematikan serta dapat ditautkan ke drone.

Biaya yang digunakan untuk mendapatkan sebuah Helikopter Apache 64-E berada dikisaran 18 Juta US$ atau kurang lebih 255 Miliar Rupiah. Harga yang terbilang fantastik bukan untuk sebuah Alutsista tempur.

AH-64 dipersenjatai dengan banyak senjata termasuk rudal Hellfire, roket 70mm, dan meriam otomatis 30mm. Melacak dan memprioritaskan 256 kontak dengan radar canggih dan sistem penargetan. Rudal Stinger atau Sidewinder opsional mengubahnya menjadi platform udara-ke-udara.

Helikopter-tercanggih-Indonesia

2. Ka-52 Alligator

Seperti biasa, hampir di seluruh macam alutsista dan peralatan atau perlengkapan dan persenjataan tempur dimana Rusia selalu menjadi kompetitor utama bagi Amerika.

Tak terkecuali dengan Helikopter, dimana Rusia juga menempatkan Helikopter tempur buatannya untuk bersaing dengan Amerika dan negara maju lainnya.

Di bidang ini Rusia Mewakilkan Ka-52 Alligator sebagai andalan dan salah satu Helikopter tercanggih di Dunia, Tak Kalah dengan Apache – 64E, Helikopter ini juga mempunyai Spesifikasi yang Gahar dan hampir tiada tanding.

Dengan kemampuan terbang terbang pada ketinggian dan kecepatan yang sangat tinggi Ka – 52 Allgator bahkan disebut sebagai pesawat yang mampu mengalahkan kecanggihan Apache-64E.

Baca Juga : Teknologi Artificial Intelligence

Helikopter tempur canggih ini juga dilengkapi dengan Rudal anti-kapal yang disebutkan memiliki jangkauan yang lebih jauh dibandingkan para pesaingnya seperti Apache.

Selain Kemampuan bertempur dari udara ke Darat/Laut yang mematikan, Kemampuan bertempur dari udara ke udara Helikopter ini juga tak kalah canggih dengan Apache atau helikopter sekelasnya.

Helikopter ini juga memiliki 2 jenis Cockpit atau tempat duduk, yaitu singgle seater ( Kursi duduk tunggal ) dan 2 tempat duduk, dimana kedua versi ini sama – sama mematikan.

Dengan Kemampuan canggih tersebut sebuah Unit Helikopter Ka-52 Alligator dapat ditebus dengan harga kurang lebih 16 Juta US $, sedikit lebih murah dibandingkan Apache – 64E.

helikopter tempur tercanggih di dunia

3. Mi – 28N ” HAVOC “

Helikopter Tercanggih kali ini Masih dari Rusia, Yaitu Mi – 28 ” HAVOC “. Helikopter yang resmi terbang perdana pada 10 November 1982 ini mempunyai Spefikasi yang tak kalah hebat dari sang saudara K – 52 Alligator.

Walau telah dikembangkan sejak Akhir tahun 70an dan terbang perdana pada tahun 80an, namun Helikopter ini baru digunakan oleh Angkatan Perang Rusia sejak 2006.

Baca Juga : Cara Membobol Wifi

Helikopter ini juga dilengkapi dengan kemampuan pengintai dan terbang tempur malam hari. Dengan dibekali Meriam 30mm, Senapan mesin Kaliber 12,7mm dan 7,62mm, peluncur Granat Roket kaliber 122mm dan 80mm Havoc di klaim mampu menembus dan menghancurkan tank lapis baja hingga ketebalan satu meter.

Keunggulan lain dari Mi – 28 ” Havoc ” adalah ketebalan baja yang menjadi bahan pembuatnya, sehingga membuat helikopter ini mempunyai Cockpit yang dapat melindungi sang pilot secara maksimal.

Harga per unit helikopter besutan perusahaan alutsisat Mil dari Rusia ini sedikit lebih murah dari Ka-52 Alligator, yaitu dikisarang 15 Juta US $.

Helikopter-tercanggih-Rusia

4. Z – 10

Helikopter tercanggih di dunia berikutnya yang masuk nominasi adalah Z – 10, sebuah helikopter yang mungkin tidak terlalu populer namun memiliki kemampuan yang tak dapat disepelekan.

China sebagai negara Asia mencoba menggangu kekuatan Militer AS dan Rusia dengan selalu berinovasi dengan membuat berbagai Alutsista tangguh dan canggih seperti Pesawat tempur dan juga Helikopter.

Z – 10 merupakan salah satu proyek prestisius yang dibuat untuk mengejar ketertinggalan Alutsista dari Amerika Serikat dan Rusia sebagai negara super power.

Salah satu kelebihan Z – 10 sehingga layak dimasukkan dalam nominasi Helikopter tercanggih adalah kemampuannya untuk terbang tinggi hingga 20.000 Kaki. Tak hanya itu Z -10 juga dibekali rudal anti-tank yang sangat Dahsyat, Rudal udara-ke-udara TY-90, dan meriam 30mm.

Artikel Pilihan : Rangkuman Perang Diponegoro

Namun dalam pembuatan Z – 10 sebenarnya juga masih ada campur tangan Rusia, dimana pada awal rancang bangun helikopter ini melibatkan biro desain perusahaan Rusia Kamov. yaitu Perusahaan Alutsista yang berada di belakang suksesnya pembuatan Ka – 52 Alligator.

Helikopter-tercanggih-China

5. Eurocopter Tiger

Selain Amerika Serikat, Rusia dan China. Eropa tidak mau kalah dalam perlombaan untuk membuat Helikopter Canggih dan Hebat serta mematikan dalam pertempuran.

Yup … melalui perusahaan yang dibentuk oleh gabungan beberapa perusahaan dirgantara Eropa yaitu Eurocopter, Eropa mendesain sebuah helikopter canggih dengan nama Eurocopter Tiger.

Helikopter ini dibekali kemampuan untuk meminimalkan radar, suara, dan tanda inframerahnya dalam menghindari senjata dan amunisi musuh.

Tak kalah dengan Helikopter canggih lainnya, Eurocopter Tiger dibekali dengan bahan lapis baja yang tebal sebagai antispasi Rudal yang dimuntahkan oleh senjata musush.

Persenjataannya sendiri, Helikopter ini mengandalkan Rudal Turret 30mm, roket 70mm, Rudal udara-ke-udara, dan berbagai macam rudal anti-tank.

helikopter-tercanggih-eropa

6. T – 129

Turki melalui perusahaan dirgantaranya ” TAI / Turkish Aerospace Industries ” juga tak mau ketinggalan dalam memproduksi helikopter canggih.

Bekerjasama dengan Agusta Westland, ” TAI / Turkish Aerospace Industries ” menderivatif Helikopter Agusta A – 129 Mangusta, menjadi salah satu Helikopter tempur tercanggih di Dunia dengan Nama T – 129.

Helikopter yang pengembangannya di bawah tanggung jawab angkatan darat Turki ini mempunyai kemampuan yang tak kalah hebat dari Eurocopter tiger maupun helikopter tempur lainnya.

Dalam operasinya helikopter ini akan dibekali Rudal anti-tank UMTAS, roket, dan rudal Stinger yang kuat. Meriamnya relatif kecil dengan ukuran 20mm, tetapi dapat melesat di sekitar medan perang dengan kecepatan 150 knot, menyaingi Apache terbaru.

helikopter-tempur-tercanggih-turki

7. AH-2 ROOIVALK

Beralih ke Dataran Afrika, Helikopter Tempur tercanggih di Dunia berikutnya adalah AH-2 ROOIVALK milik Afrika selatan yang dibuat oleh perusahaan Denel Dynamics.

Salah satu kehebatan dari helikopter ini adalah dibekali dengan desain teknologi Siluman guna meminimalisir pantauan Radar Musuh di medan pertempuran.

Selain itu AH -2 juga memiliki kemampuan penanggulangan elektronik, dan Bahan baju besi untuk bertahan dari ancaman di medan perang.

Helikopter ini dapat menembakkan meriam 20mm, rudal anti-tank TOW atau ZT-6 Mokopa, atau roket ke musuh-musuhnya. serta sedang di kembangkan juga untuk dibekali kemampuan tempur udara ke udara.

Helikopter-termpur-tercanggih-Afrika

8. Bell Boing V-22 Osprey

Bell-Boeing V-22 Osprey adalah Helikopter tempur dan angkut multi-peran yang memanfaatkan teknologi tilt-rotor untuk menggabungkan kinerja vertikal helikopter dengan kecepatan dan jangkauan pesawat turboprop sayap tetap ( Fix Wing ).

Helikopter yang dibekali dengan mesin nacelles dan rotor dalam posisi vertikal, membuat V – 22 Osprey dapat lepas landas, mendarat dan melayang seperti helikopter dan terbang secepat pesawat Fix Wing.

Baca Juga : Pesawat Militer Tercanggih di Dunia

Saat terbang di angkasa, Mesin Nacelles dapat diputar, sehingga mengubah V-22 menjadi pesawat sayap tetap turboprop layaknya pesawat tempur canggih Su – 35 atau juga F-15 Tiger ( hihihi ) yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi.

Dengan Fitur Unik ini maka mimin berpendapat Helikopter V-22 Osprey cocok sebagai alutsista operasional dalam angkut personel dan juga pertempuran udara ke darat yang sangat dibutuhkan TNI.

Disandingkan dengan Heli serbu dan Heli Angkut yang telah dimiliki Corps Penerbang TNI AD Seperti Apache AH 64-E, MI – 17, Bell 412 dan helikopter lainnya akan menjadikan semakin kuat dalam mengawal kedaulatan negara.

Khususnya dalam mendukung Operasional Pasukan yang ditugaskan menjaga Perbatasan dan Daerah Rawan dengan Cuaca dan Ilkim serta medan yang ekstrim.

Artikel Pilihan : Tank Terkuat Di Dunia

V-22 Osprey didukung oleh dua mesin turboshaft Rolls-Royce T406 / AE 1107C-Liberty, masing-masing memiliki daya 6.150 shp. V-22 memiliki bilah rotor grafit / fiberglass dan badan pesawat komposit / logam. Berdasarkan berat struktur, V-22 adalah terdiri dari bahan Logam / komposit yang mencapai 40% dari keseluruhan struktur pesawat.

V-22 dapat membawa 24 pasukan tempur, atau hingga 20.000 pound (9.070 kg) kargo internal atau 15.000 pound (6.800 kg) kargo eksternal. Untuk kemudahan pengangkutan, rotor lipat dan sayap berputar untuk meminimalkan ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan.

V-22 Osprey dapat dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm M240 atau senapan mesin Browning M2 kaliber .50 (12,7 mm). Saat ini, Ospreys juga dapat dipasang dengan Sistem Senjata Pertahanan Sementara ( The Interim Defensive Weapon System / IDWS) Belly Turret dari BAE Systems yang menampung minigun GAU-17 7,62 mm 7,62 mm.

Akhir Kata

Nah, Itulah Kawan informasi tentang jajaran Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia yang ada di Dunia dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kualitas ke 8 helikopter yang di bahas diatas memang tak perlu lagi diragukan kecanggihannya, yang melegakan Indonesia mempunyai salah satu Variannya yaitu Yaitu Apache – 64E yang digunakan oleh Corps Penerbang TNI Angkatan darat dan bila sesuai rencana akan dapat tambahan helikopter Bell Boing V-22 Osprey di masa mendatang.

Sebenarnya Masih ada beberapa jenis Helikopter canggih lainnya, Seperti dibahas di berbagai Blog Militer lain, seperti Mi – 24 Hind Milik Rusia, AH Z 1 Viper dan berbagai helikopter tempur lainnya. Namun Mimin berpendapat inilah 8 Helikopter terbaik.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang 8 Helikopter Tempur Tercanggih di Dunia, Kita juga masih akan membahas artikel tentang alutsista lainnya. so tetap bersama kami ya.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!