Helikopter Terbesar Di Dunia

0
26
helikopter-terbesar-di-dunia

Hei gaess para sahabat Blog ” literacy ” Militer, Kita tentunya telah dapat memahami bahwa Helikopter telah menjadi bagian terpenting dalam Peralatan dan Alutsista Militer. Baik itu Helikopter Tempur, Angkut Personel Maupun Angkut Barang. Beberapa diantaranya adalah Helikopter Terbesar di Dunia dengan kemampuan angkut yang luar Biasa.

helikopter-terbesar-di-dunia

Pada Kesempatan yang lalu kita telah mengupas tuntas tentang Helikopter Tercanggih di Dunia, Lalu Bagaimana dengan Helikopter terbesar di dunia ? Apa sajakah, Jenis helikopter yang mempunyai ukuran luar biasa itu ? Yuk baca hingga selesai ya.

Helikopter Terbesar Di Dunia

Tak hanya untuk bertempur, Helikopter juga mempunyai tugas sebagai alat angkut baik angkut personel atau angkut barang, dan jenis Helikoter angkat barang inilah yang biasanya mempunyai ukuran luar biasa besar.

Helikopter ini akan sanagat membantu operasional Angkatan Perang terutama dalam perpindahan Personel, Alat – alat berat Militer, Kargo bahkan Alutsista militer lainnya seperti Tank dan truk.

Dari beberapa jenis helikopter dengan ukuran besar tersebut, Mimin memilih 10 Helikopter Terbesar dengan ukurang raksasa dan daya angkut luar biasa. Helikopter tersebut adalah :

1. Mil Mi – 26 ( HALO )

Mil Mi – 26 yang terkenal dengan sebutan atau nama Halo merupakan nominasi pertama dalam perburuan helikopter terbesar di dunia, Helikopter ini merupakan hasil rancang bangun desainer perusahaan dirgantara Rusia ” MIL “ Moscow.

Pada dasarnya rancangan helikopter Mil Mi – 26 dirancang tidak hanya untuk kebutuhan Militer, namun juga kebutuhan Sipil, dimana untuk sipil dipergunakan sebagai alat angkut personel dan barang menuju tempat Explorasi dan exploitasi yang telah dilindungi pemerintah secara resmi.

Helikopter ini mulai dikembangkan pada tahun 1970an, dimana tujuan utamanya adalah merancang sebuah helikopter yang mempunyai kemampuan dan kapasitas dua kali lipat daripada Helikopter lainnya.

Mil MI – 26 mempunyai kemampuan daya angkut luar biasa hingga mampu mengangkat beban hingga 56.000 Kg, atau kurang lebih 56 Ton, selain itu di area Kargo, juga ada kurang lebih 2 Kendaraan tempur dengan berat 9988 Kg.

Sedangkan di area penumpang helikopter ini mampu mengangkut hingga 80 orang pasukan tempur, belum termasuk awak heli seperti Pilot, Co Pilot, Teknisi dan Navigator.

helikopter-terbesar-rusia

2. Boing CH 47 ( Chinook )

Beralih ke Amerika Serikat, Nominator ke 2 Helikopter terbesar di Dunia menurut Mimin adalah Boing CH 47 yang populer dengan sebutan Chinook.

Helikopter yang didalamnya dibenamkan mesin Textron Lycoming T55-L712, mempunyai berat Kosong 10.614 Kg dan berat maximal lepas landas hingga 22.679 Kg.

Beberapa Varian Helikopter Angkut Berat Chinook telah banyak digunakan oleh beberapa negara sejak diluncurkan secara resmi pada tahun 1962.

Helikopter ini memang mempunyai banyak fungsi dimana selain sebagai alat angkut berat juga sebagai alat angkut personel, Bantuan Bencana Alam, SAR, Evakuasi Medis, Pemadam Kebakaran dan berbagai fungsi penting lainnya.

Ketangguhan Boing CH 47 ( Chinook ) juga tak diragukan lagi karena telah terbukti dalam berbagai operasi seperti Operasi Perang Teluk, Badai Gurun dan Perisai Gurun.

helikopter-terbesar-amerika

3. Bell Boing V-22 Osprey

Masih bersama pabrikan Dirgantara dari Amerika Serikat ( USA ) Helikopter terbesar selanjutnya adalah Bell Boing V-22 Osprey hasil gabungan Pabrikan Boing dan Bell.

Bell-Boeing V-22 Osprey adalah Helikopter tempur dan angkut multi-peran yang memanfaatkan teknologi tilt-rotor untuk menggabungkan kinerja vertikal helikopter dengan kecepatan dan jangkauan pesawat turboprop sayap tetap ( Fix Wing ).

Helikopter yang dibekali dengan mesin nacelles dan rotor dalam posisi vertikal, membuat V – 22 Osprey dapat lepas landas, mendarat dan melayang seperti helikopter dan terbang secepat pesawat Fix Wing.

Baca Juga : Pesawat Militer Tercanggih di Dunia

Saat terbang di angkasa, Mesin Nacelles dapat diputar, sehingga mengubah V-22 menjadi pesawat sayap tetap turboprop layaknya pesawat tempur canggih Su – 35 atau juga F-15 Tiger ( hihihi ) yang mampu terbang dengan kecepatan tinggi.

Dengan Fitur Unik ini maka mimin berpendapat Helikopter V-22 Osprey cocok sebagai alutsista operasional dalam angkut personel dan juga pertempuran udara ke darat yang sangat dibutuhkan TNI.

Disandingkan dengan Heli serbu dan Heli Angkut yang telah dimiliki Corps Penerbang TNI AD Seperti Apache AH 64-E, MI – 17, Bell 412 dan helikopter lainnya akan menjadikan semakin kuat dalam mengawal kedaulatan negara.

Khususnya dalam mendukung Operasional Pasukan yang ditugaskan menjaga Perbatasan dan Daerah Rawan dengan Cuaca dan Ilkim serta medan yang ekstrim.

helikopter-tercanggih-di-dunia

Artikel Pilihan : Tank Terkuat Di Dunia

V-22 Osprey didukung oleh dua mesin turboshaft Rolls-Royce T406 / AE 1107C-Liberty, masing-masing memiliki daya 6.150 shp. V-22 memiliki bilah rotor grafit / fiberglass dan badan pesawat komposit / logam. Berdasarkan berat struktur, V-22 adalah terdiri dari bahan Logam / komposit yang mencapai 40% dari keseluruhan struktur pesawat.

V-22 dapat membawa 24 pasukan tempur, atau hingga 20.000 pound (9.070 kg) kargo internal atau 15.000 pound (6.800 kg) kargo eksternal. Untuk kemudahan pengangkutan, rotor lipat dan sayap berputar untuk meminimalkan ruang yang dibutuhkan untuk penyimpanan.

V-22 Osprey dapat dilengkapi dengan senapan mesin 7,62 mm M240 atau senapan mesin Browning M2 kaliber .50 (12,7 mm). Saat ini, Ospreys juga dapat dipasang dengan Sistem Senjata Pertahanan Sementara ( The Interim Defensive Weapon System / IDWS) Belly Turret dari BAE Systems yang menampung minigun GAU-17 7,62 mm 7,62 mm.

4. Sikorsky CH-53 Super Stallion

Seperti dikutip dari majalah militer angkasa Aerospace bahwa Helikopter yang termasuk terbesar di dunia adalah Sikorsky CH-53 Super Stallion yang digunakan oleh angkatan bersenjata Amerika Serikat.

helikopter ini merupakan hasil pengembangan dari helikopter kargo angkat berat CH-53 Sea Stallion, yang di desain dengan kapasitas angkat lebih dari 33 Ton.

Sikorsky CH-53 Super Stallion dibekali dengan Tiga mesin turboshaft General Electric T64-GE-416 / 416A. Setiap mesin yang mengembangkan daya pengenal 4.380shp (3.270kW) memastikan helikopter dapat lepas landas dengan berat maksimum 33.300 kg (73.500 lb).

Selain sebagai alat angkut berat helikopter ini juga dimodifikasi agar dapat digunakan sebagai helikopter tempur dengan dibekali beberapa senjata mesin ringan.

Kemampuannya sebagai angkut berat juga tak diragukan lagi karena telah terbukti beberapa kali digunakan untuk mengangkut Meriam Howitzer dengan kaliber 155mm lengkap beserta awaknya.

helikopter-terbesar

5. Mil Mi 10 ( Harke )

Mil Mi-10 ( Harke ) Buatan Rusia merupakan nominasi sebagai Helikopter terbesar di dunia berikutnya, Helikopter ini resmi digunakan oleh angkatan perang uni soviet pada 1962.

Badan pesawat ramping yang duduk di atas empat kaki undercarriage yang tinggi memungkinkan Mi-10 untuk meluncur dengan muatan yang besar. Helikopter ini memiliki berat lepas landas maksimum 43.700 kg (96.340 lb) dan dapat menampung hingga 28 penumpang di dalam kabin.

Mi-10 dilengkapi dengan dua mesin turboshaft Soloviev D-25V, masing-masing mengembangkan output daya maksimum 4.100kW (5.500hp). Tangki bahan bakar eksternal yang besar di atas Mi-10 menyediakan jangkauan maksimum sekitar 430km.

Kesimpulan

Ada Banyak helikopter besar yang saat ini digunakan baik oleh angkatan perang maupun organisasi atau perusahaan penerbangan sipil di dunia.

dan sebagian besar dari mereka merupakan alat angkut berat yang mampu mengangkut meriam, Truk, Mobil hingga Meriam dengan kaliber besar.

Sebagian juga mempunyai beberapa fungsi sebagai helikopter tempur, Search and resque ( SAR ), Pemadam kebakaran atau bantuan bencana alam lainnya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Helikopter terbesar di Dunia, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dalam bidang kedirgantaraan khususnya Helikopter. Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan