Ilmu dan Tata Cara Berkomunikasi Yang Baik Ala Militer

0
866
ilmu berkomunikasi

Ilmu dan Tata Cara Berkomunikasi Yang Baik Ala Militer – Hai Gaesss, beberapa hari ini Media Sosial di Viralkan dengan Banyaknya Aksi Demonstrasi di berbagai daerah, Bahkan beberapa diantaranya berakhir dengan Kurang baik alias Ricuh.

Namun ada beberapa Hal menarik dimana dalam beberapa tangkapan Kamera Netizen ternyata Anggota TNI ( Darat, Laut dan Udara ) dengan berbagai Golongan atau Urutan pangkat TNI mampu meredam emosi para pendemo hanya bermodalkan dengan Cara Berkomunikasi dan memahami Psikologi Massa dengan baik.

Baca Juga : Gambar Orang Psikotes

Kok Bisa Ya ? Pendemo yang lagi Hot – Hotnya diajak damai hanya dengan Komunikasi. Jangan heran Gaess, Karena ternyata selain bertempur para tentara juga diajarkan bagaimana ilmu dan Tata Cara Berkomunikasi Yang Baik sehingga mampu meyakinkan lawan bicaranya ( Termasuk para wanita muda lho …hiihihi ).

Ilmu Berkomunikasi ini ternyata juga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari kok, untuk itu yuk kita bahas Teknik Komunikasi Efektif ala Militer sampai tunta tas ya …

Pengertian Komunikasi adalah …

Sebelum lanjut pada pembahasan yang lebih dalam kita harus tahu dulu apa itu arti Komunikasi, Jadi sesuai yang Mimin pelajari ada banyak arti tentang Komunikasi.

Namun pada intinya terbagi menjadi 2 , Yaitu Komunikasi sebagai Metode dan Komunikasi sebagai kemampuan. Pengertian Komunikasi sebagai metode adalah Suatu cara yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi dalam memelihara dan meningkatkan hubungan dengan orang atau lingkungan sekitar.

Sedangkan sebagai suatu kemampuan, Komunikasi adalah Kemampuan seseorang dalam berprilaku dalam rangka terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan antar sesama untuk memperoleh efek yang diinginkan.

Tujuan dan Manfaat Komunikasi Yang Baik

Seperti yang telah disampaikan diatas secara singkat bahwa Komunikasi mempunyai beberapa Tujuan, Peranan dan Manfaat, antara lain yaitu :

1. Penyamaan Visi, Misi dan Persepsi.

Dari beberapa manfaat Ilmu Komunikasi adalah sebagai media dalam penyamaan Visi, Misi dan pesepsi antar sesama sehingga dapat menyelesaikan segala perbedaan dan masalah yang terjadi. Baik masalah perorangan, orgamisasi maupun masalah yang ada di sekitar lingkungan Kita.

2. Sebagai Sarana Pendekatan/Pengenalan.

Komunikasi juga bermanfaat dalam pengenalan dan diri serta kepercayaan orang lain terhadap kita sehingga akan menumbuhkan kesadaran untuk berperan dan menumbuhkan kerjasama yang baik dalam menciptakan suasana yang nyaman dan tentram.

3. Meningkatkan Kebersamaan.

Manfaat selanjutnya dari Ilmu Berkomunikasi adalah sebagai meningkatkan kebersamaan, dimana kebersamaan itu akan didapat bila telah ada kesepahaman dan persamaan tujuan dalam berkomunikasi.

Tata Cara Komunikasi yang baik ala Militer

oke saat ini kita masuk pada bagian inti yaitu tata cara Komunikasi yang baik atau teknik Komunikasi efektif ala Militer, Jadi dalam berkomunikasi yang efekti dapat kita dilakukan dengan 2 cara yaitu Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non Verbal.

Komunikasi Non Verbal adalah suatu cara menciptakan saling pengertian dan kebersamaan melalui tingkah dan prilaku kita kepada orang lain yang kita inginkan atau biasa kita kenal dengan Body language.

Artikel Pilihan : Tes Psikotes Gambar

Komunikasi Verbal biasa lebih kita kenal dengan Ilmu berbicara, karena dalam cara ini kita akan berusaha mewujudkan saling pengertian dan kebersamaan melalui kata – kata yang kita ucapkan.

Ilmu dan teknik berbicara yang efektif

Guna meyakinkan lawan bicara diperlukan ilmu dan teknik berbicara yang tepat, dimana dalam kemiliteran dikenan dengan teknik IKIT. Apakah yang dimaksud Teknik Bicara IKIT ? Yuk disimak.

1. Intonasi Bicara ( I )

Ilmu berkomunikasi yang baik dan efektif secara Verbal ala Militer yang pertama adalah INTONASI. Intonasi adalah tinggi rendahnya suara saat kita berbicara.

Kita harus dapat membedakan kapan suara kita keras atau dengan nada Tinggi serta kapan kita harus dengan intonasi nada rendah.

Dengan Intonasi yang tepat maka lawan bicara akan dapat lebih mudah memahami maksud dari pembicaraan kita, sehingga akan dicapai kesepahaman dan kesepakatan.

tata-cara-komunikasi-yang-baik

2. Kecepatan Bicara ( K )

Selain nada rendah dan tinggi Kecepatan dalam berbicara juga merupakan faktor penting dalam berkomunikasi dengan baik dan efektif.

Kita harus berbicara dengan kecepatan yang sedang sehingga maksud dan tujuan kita dapat tersampaikan dengan jelas kepada lawan bicara kita.

3. Irama Bicara ( I )

Ritme atau Irama tidak hanya berlaku di Musik Lho, Tapi dalam berbicara kita juga harus memperhatikan Irama berbicara kita. Selain agar mudah dimengerti Irama Bicara juga agar pembicaraan tidak terkesan Monoton.

Irama berbicara dapat dilakukan dengan sesekali diselingi dengan canda atau guyonan sehingga pembicaraan lebih encer, dan tidak terkesan terlalu serius.

4. Tekanan Bicara ( T )

Ilmu dan teknik berbicara efektif ala militer yang terakhir adalah adanya tekanan dalam berbicara, Tekanan berguna memfokuskan dimana titik utama pembeciraan kita sehingga dipahami oleh lawan bicara.

komunikasi adalah

Baca Juga : Metode Binter

Demikianlah gaess Ilmu Berkomunikasi yang baik ala Militer yang dapat kita praktekkan dalam kehidupan sehari – hari, Selain teknik berkomunikasi diatas kita juga harus tetap mempedomani Tata Cara Komunikasi dengan baik yang secara umum kita kenal saat ini seperti : Menatap Lawan Bicara, memberi Kesempatan lawan bicara untuk berkata, Berbicara dengan gerak badan ( Body Language yang baik ) serta memahami isi pembicaraan dengan baik.

Semoga bermanfaat ya, Bila ada saran jangan ragu – ragu untuk menghubungi kami baik melalui kolom komentar maupun Email Kami, dan bila dianggap bermanfaat jangan lupa share dan like ya …

Tinggalkan Balasan