Jenis Granat yang Sering Digunakan di Dunia

1 min read

Jenis Granat yang Sering Digunakan di Dunia

Granat merupakan salah satu senjata yang sering digunakan saat peperangan. Granat adalah senjata kecil yang dapat meledak yang merupakan salah satu senjata andalan militer saat perang.

Ternyata, granat memiliki banyak jenis dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis granat beserta fungsinya.

 

1.Granat Asap

Granat asap merupakan salah satu granat yang digunakan untuk persinyalan, memberitahu target, atau sebagai penanda zona pendaratan yang berbentuk tabung. Jumlah asap yang dikeluarkan oleh granat ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan bom asap.

Asap yang terkandung dalam granat asap adalah kalium klorat, laktosa, dan pewarna yang berisi 250 sampai 350 gram. Sedangkan untuk asap yang berwarna putih, menggunakan komposisi yang mengandung hexachloroethane-zinc dan aluminium granular.

Baca Juga:

Tidak hanya mengeluarkan asap, granat asap juga bisa meledak karena berisi fosfor putih dan gas piroforik. Dalam peperangan, biasanya granat asap jarang sekali digunakan.

 

2.Granat Anti Kerusuhan

Granat anti kerusuhan juga dikenal sebagai granat gas air mata. Biasanya digunakan untuk membubarkan massa yang melakukan kerusuhan.

Granat ini memiliki isi gas 80 sampai 120 gram dan dikombinasikan dengan piroteknik yang bisa terbakar.

Akibat yang disebabkan jika terkena granat ini adalah munculnya rasa iritasi ekstrem pada mata, hidung dan tenggorokan dan bisa mengakibatkan kulit melepuh.

 

3.Granat Pembakaran

Granat ini sudah ada sejak era perang dunia II. Granat pembakaran ini mengandung kandungan kimia yang bisa menghasilkan panas karena berisi 600 sampai 800 gram termat versi termit.

Logam aluminium bubuk dan besi oksida yang terkandung dalam granat ini yang menjadi sumber reaksi panas dan dapat menghasilkan panas dan bisa terbakar pada 2.200 derajat celcius.

Selain kedua bahan tadi, terdapat juga fosfor putih yang juga bisa digunakan untuk agen pembakar yang bisa membakar pada suhu 2.800 derajat celcius. Fosfor putih juga sangat beracun.

 

4.Granat Kejut

Dalam istilah militer, granat kejut juga dikenal sebagai flashbang. Flashbang berfungsi untuk membutakan atau mengalihkan perhatian musuh. Flashbang dapat mengeluarkan cahaya yang bisa membutakan  6 sampai 8 juta candela dan juga bisa mengeluarkan ledakan keras 170 sampai 180 desibel.

Selain dapat membutakan, ledakan dari flashbang juga bisa memekakkan telinga dan juga mengeluarkan cairan di telinga dan menyebabkan hilangnya keseimbangan.

Flashbang ini mengandung campuran oksida logam magnesium dan ammonium perklorat atau potassium perklorat.

 

Itulah beberapa jenis granat beserta fungsinya yang  biasa digunakan dalam peperangan.

error: Alert: Content is protected !!