Jenis – jenis pesawat Militer di Dunia

1
73
JENIS PESAWAT MILITER

Jenis – jenis Pesawat Militer di Dunia

Literacymiliter,- jenis – jenis pesawat Militer, Ketika kita berbicara tentang pesawat militer, tentunya pikiran kita langsung tertuju pada pesawat – pesawat tempur nan canggih seperti F- 22 Raptor, F – 35 Lightning II, F -18 Hornet buatan Amerika Serikat. 

Atau pesawat tempur seperti Sukhoi Su – 35, Su – 57 atau Mikoyan Mig – 31 Buatan Rusia serta beberapa pesawat tempur militer canggih lainnya.

Namun sebenarnya pesawat–pesawat tempur canggih hanya sebagian dari berbagai jenis pesawat militer yang juga tak kalah canggih sesuai dengan kegunaannya masing – masing.

BERITA DISARANKAN

Mulai dari pesawat dengan ukuran kecil yang dapat digunakan untuk misi penghancuran dengan teknologi ” Stealth” siluman hingga pesawat yang sangat besar dan digunakan untuk mengangkut kargo dan pasukan.

Pesawat militer memang memiliki banyak jenis, dan ini tergantung pada angkatan perang negara masing – masing. Hal Ini bisa menjadi informasi tentang beberapa jenis pesawat militer yang digunakan saat ini.

Beberapa jenis pesawat militer yang biasa digunakan oleh berbagai negara di Dunia ? berikut beberapa daftar jenis pesawat militer yang ada :

1. Jenis Pesawat Militer Multirole ( Multiperan )

Pesawatini biasanya merupakan sebuah pesawat bersayap tetap, pesawat terbang multirole dapat mengakomodasi banyak proses, bersama dengan kemampuan tempur dan pengeboman. Tanggung jawab khusus mereka ditentukan oleh apa yang diperlukan dalam misi, dan mereka benar-benar tersebar luas di pasukan sekarang.

Pesawat multirole juga dapat mengakomodasi tugas yang berbeda, bersama dengan manajemen udara depan, pengintaian udara, dan bahkan peperangan digital. Meskipun sebagian digunakan guna serbuan dari udara ke darat, namun sebagian besar pesawat multirole menerapkan serangan dari udara ke udara.

Contoh pesawat militer multirole antara lain Eurofighter Hurricane, Dassault Rafale, Saab JAS-39 Gripen, dan Junkers Ju 88. serta masih banyak lagi baik itu buatan Amerika, Rusia, China bahkan jepang serta Korean selatan

Beberapa sering dikenal sebagai pesawat serba bisa karena mereka akan mengubah peran dengan cepat di seluruh misi yang sama biasanya hanya dengan penemuan yang sangat singkat.

Dassault Rafale

2. Jenis Pesawat Militer Tempur.

Pesawat ini dirancang dan digunakan digunakan untuk memerangi fungsi ada terutama untuk menghancurkan pesawat tempur musuh di udara.

Pesawat-pesawat ini menggunakan setiap operasi udara kontra defensif dan ofensif untuk menyelesaikan misi mereka, meskipun ada pejuang yang juga dapat menampung serangan dari udara ke darat.

Pada jenis-jenis pesawat militer ini, Anda akan menemukan semua jenis senjata canggih ala militer, seperti senjata mesin, roket, bom, meriam, dan peluru kendali, bergantung pada tujuan misi pesawat tempur itu sendiri.

Tepat saat ini pesawat tempur juga mampu memerangi musuh dari jarak jauh, biasanya lebih awal dari musuh siap untuk mendeteksi atau melihat mereka.

Beberapa pesawat tempur militer yang sangat terkenal di dunia adalah F-15 Eagle, Su-27, dan Lockheed Martin F-22 Raptor, Su 35 dan F – 35 Lightning II.

Pesawat-pesawat tempur perlu memiliki kemampuan manuver yang Fantastis, kecepatan, dan ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan berbagai jenis pesawat militer lainnya.

Hali ini tentunya agar pesawat tempur lebih efisien dalam maelakukan tugas pokok mereka yaitu untuk mengalahkan dan menghancurkan pesawat tempu musuh.

F – 15

3. Jenis Pesawat Militer Patroli Maritim.

Pesawat patroli maritim yang digunakan oleh tentara adalah pesawat bersayap tetap yang mungkin dibuat berfungsi untuk interval waktu yang sangat lama di atas air dalam tugas dan peran khusus.

Peran-peran ini mewujudkan misi pencarian dan penyelamatan ( SAR ), anti-kapal, dan anti-kapal selam. Sebenarnya, banyak Jenis pesawat Militer Patroli Maritim, dan salah satu yang terkenal di dunia pesawat Kawasaki P-1.

Pesawat ini Khusus dirancang dan digunakan oleh dengan spesifikasi militer tidak doperkenankan untul dipakai oleh sipil.

Namun ada beberapa jenis pesawat militer patroli maritim yang berbeda dan telah di desain dan dimodifikasi sehingga tidak hanya dapat digunakan sebagai pesawat patroli maritim namun juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

4. Jenis Pesawat Militer Transportasi Barang / Kargo.

Jenis pesawat militer pertama yang akan kita bahas adalah Pesawat angkut Militer, Pesawat ini digunakan untuk memindahkan berbagai macam peralatan dan perlengkapan Militer bahkan Kendaraan Militer seperti : pesawat, peralatan, dan bahkan personel dari satu lokasi ke lokasi yang berbeda.

Banyak contoh, kargo dimuat ke palet terlebih dahulu untuk membuatnya lebih mudah untuk memuat dan menurunkan.

Contoh lainnya adalah, kargo dijatuhkan dari pesawat dengan parasut, yang menyiratkan pesawat bahkan tidak perlu mendarat. Ada juga Pesawat Tanker udara adalah pesawat angkut yang dijadikan station bahan bakar udara atau mengisi bahan bakar pesawat yang berbeda di udara.

Salah satu contoh jenis pesawat Militer Angkut / kargoyang terkenal di dunia adalah Airbus A400M Atlas Milik Angkatan laut Amerika Serikat

Meskipun beberapa orang menyebutkan bahwa pesawat ini merupakan pesawat kargo, namun sebenarnya secara teknis anggapan ini tidak benar, mengapa ? karena pesawat ini juga digunakan untuk membawa pasukan terjun payung dan personel tentara yang berbeda.

Contoh pesawat pengangkut Kargo yang sebenarnya justru terwujud dlam pesawat seperti C-17 Globemaster III, Douglas C-47 Skytrain dari World Struggle II dan kapal tanker yang sering dikenal sebagai Stratotanker KC-135.

Sedangkan Pesawat angkut militer lebih fokus pada pengiriman personel dan peralatan ke lokasi yang mungkin sulit untuk capai,sehingga pendaratannya juga dilakukan tidak sesuai lazimnya pendaratan pesawat di landasan udara namun dengan terjun payung.

5. Jenis Pesawat Militer Pembom.

Jenis Pesawat Militer Pembom biasanya cenderung besar, berat dan kurang lincah dalam bermanuver tidak seperti pesawat tempur.

Pesawat ini akan membawa semua jenis senjata Militer seperti rudal jelajah, bom, dan bahkan torpedo.

Digunakan terutama untuk serangan dari udara ke darat, jenis pesawat militer pembom ini tidak cepat dan tangkas serta mereka tidak dapat menghadapi musuh secara langsung.

Pesawat pembom dapat memiliki mesin tunggal dan satu pilot atau dua atau mesin tambahan dan beberapa anggota awak lainnya.

Beberapa jenis pesawat pembom ini bahkan telah dibekali teknologi Siluman ( Stealth ), seperti Northrop Grumman B-2 Spirit.

Hal Ini akan membuat pesawat sulit dideteksi oleh radar musuh.  Namun ada beberapa jenis pesawat pembom yang lembut, sedang, dan berat, pembom torpedo, dan pembom tukik seperti Junkers Ju 88 dan Tupolev Tu-16 Badger.

6. Jenis Pesawat Militer Serbu ( Assault )

Jenis Pesawat Sebu ( Assault ) adalah pesawat militer yang digunakan untuk menahan senjata – senjata nuklir di belakang pertahanan musuh untuk menyerang target di darat yang telah di targetkan, selain itu jenis pesawat ini juga mendapat tugas memberikan bantuan untuk pasukan Infantri di darat yang efektif.

Pesawat Soviet yang sering dikenal sebagai Ilyushin II-2 Shturmovik, selain Douglas AC-47 Spooky dan Lockheed AC-130 adalah contoh-contoh pesawat serang/ serbu.

AC-47 dan AC-130 bahkan telah dipersenjatai dengan senjata tembak samping yang digunakan untuk penyerangan dari udara ke darat.

Pesawat penyerang / penyerbu ini biasanya diposisikan cukup jauh di belakang pertahanan musuh untuk menyerang target mereka, sehingga mereka melakukan serangan udara ini dengan presisi yang lebih tinggi daripada pesawat pembom.

Pada masa lalu, pesawat-pesawat ini telah dikenal sebagai pembom serangan atau pesawat serang, di antara nama yang berbeda. Contoh-contoh pesawat semacam ini diantaranya adalah B-25G Mitchell Amerika Utara dan Mosquito Tsetse de Havilland.

Su – 57

7. Jenis Pesawat Militer Pengintai dan Pengawasan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pesawat militer yang digunakan untuk fungsi pengintaian dan pengawasan terutama digunakan untuk mengumpulkan data – data intelijen

Diarahkan dengan kamera dan sensor tertentu, pesawat ini mungkin dimodifikasi atau dirancang khusus untuk menyelesaikan misi pengintaian.

Hari-hari ini, banyak fitur mereka sedang dilakukan dengan baik aerial unmanned aerial (UAV) dan bahkan satelit. Mereka akan menggunakan beragam radar dan sensor untuk tugas ini.

Pesawat jenis ini, sebenarnya menggunakan berbagai alat dan strategi yang sangat berbeda untuk tugas-tugas yang mengingatkan pada patroli maritim, pengawasan medan perang, pengenalan artileri, dan bahkan pengawasan wilayah udara.

Selain UAV (Pesawat tanpa awak), pesawat pengintai dapat mewujudkan desain pesawat sipil yang dimodifikasi untuk baju renang tugas di tangan dan balon yang ditambatkan.

Saat ini, rencana ini dapat mengambil bagian dalam setiap pengumpulan data intelijen umum dan pengawasan waktu nyata.

8. Jenis Pesawat Militer Eksperimental

Pesawat militer ekperimental ini dilengkapi dengan instrumentasi yang sangat teknis dan superior serta biasanya pesawat yang belum benar-benar dikonfirmasi dalam penerbangan yang sesungguhnya.

Periode waktu berisi sebagian besar pesawat dengan desain khas. Bristol 188 adalah salah satu contoh dari pesawat eksperimental, seperti halnya pesawat de Havilland DH-108 Swallow dan Avro Ashton dari Inggris, rudal berpemandu Bell X-9 Shrike milik AS dan pesawat Frigate Schweizer X-26, dan Rusia Sukhoi T-Four dan Kozlov PF.

9. Jenis Pesawat Militer Elektronic Warfare ( Pertempuran Elektronik )

Salah satu contoh Pesawat militer yang digunakan untuk peperangan elektronik, atau elektronik warfare (EW), mewujudkan Boeing EA-18G Growler dan Boeing F / A-18F Super Hornet.

Pesawat ini mengambil bagian dalam semua fitur pertempuran elektonik, bersama dengan menurunkan efektivitas program radar dan radio yang digunakan oleh musuh.

Pesawat-pesawat biasanya dikembangkan dengan mengambil pesawat terbang yang ada dan memodifikasinya untuk memenuhi keinginan misi.

Contoh dari salah satu pesawat ini adalah Mi-8PP di Rusia, Embraer R-99 Brasil, Nama Kompas Lockheed EC-130H di AS, dan Shenyang J-16 di China.

Beberapa metode yang mereka gunakan adalah dengan menghancurkan efektifitas komunikasi musuh dan mengganggu kinerja radar musuh serta beberapa strategi lainnya terutama didasarkan pada penipuan dan pengelabuan terhadap musuh.

Begitulah beberapa jenis pesawat militer yang ada Di Dunia sesuai dengan kegunaannya bagi satuan militer yang mereka layani. Tentu belum seluruhnya, karena masih ada jenis pesawat militer lainnya yang belum dapat kami sebutkan.

Bagi yang berkenan menambahkan silahkan tulis di kolom komentar atau hub admin, kami akan dengan hati menambahkannya dalam artikel ini

Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang macam dan jenis pesawat militer, sehingga kita tidak hanya pada pembahasan pesawat tempur maupun pesawat pembom.

Bila kalian suka dengan tulisan ini, silahkan baca juga artikel lain yang terkait tentang berita dan informasi lainnya di BLOG MILITER. Kami juga mengharapkan saran dan kritik pada tulisan dan blog kami.

Terima kasih.

1 KOMENTAR

  1. Indonesia saya kira tidak ketinggalan juga dalam hal pertahanan udaranya, semoga ke depan pertahanan laut dan udara lebih diprioritaskan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here