Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

jenis malware : virus, trojan dan worm

2 min read

jenis malware

Jenis malware : virus, trojan dan worm – Virus, trojan dan worm merupakan bentuk serta jenis dari malware yang hingga saat ini masih menjadi ancaman pada perangkat desktop penguna yang memiliki basis operasi sistem windows, namun tahukah kamu tentang perbedaan dari ketiga jenis malware tersebut ?

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pengertian dan perbedaan dari jenis malware yakni virus, trojan dan worm yang sering menginfeksi dan menyerang komputer pengguna operasi sistem windows, langsung simak penjelasan tersebut dibawah ini, meluncur.

Virus Malware

Virus merupakan jenis malware yang melakukan penyebaran serta menyisipkan file data salinan dirinya (virus) ke dalam program atau software lain serta menjadi bagian komponen dari program tersebut, malware jenis virus ini dapat menginfeksi program dengan cukup cepat sebelum dideteksi oleh antivirus pengguna.

Biasanya virus digunakan dalam pembuatan program crack untuk melakukan aktivasi gratis pada lisensi software tersebut. Jadi ketika program yang telah terinfeksi dimulai atau dijalankan, maka perintah dari virus ini akan mulai berjalan sesuai kehendak pencipta virus tersebut.

Dampak negatif

  • Kerusakan data pada program
  • Hilangnya sebagian komponen program
  • Sebagian program tidak dapat dibuka
  • Terkunci nya semua file milik pengguna

Trojan Malware

Trojan merupakan jenis dari malware yang memiliki sistem serangan yang tidak dapat menyalin dirinya dalam melakukan infeksi file data lainnya, umumnya trojan ini mudah untuk dideteksi oleh program antivirus saat fitur perlindungan proteksi realtime telah aktifkan menyeluruh

Baca Juga:

File trojan malware hanya bekerja dan menyebar melalui interaksi pengguna seperti dalam membuka pesan lampiran email, melakukan unduhan file atau menjalankan file dari sumber internet. Untuk dampak negatif trojan ini sama seperti efek dari virus malware.

Jenis trojan malware

  • Pencuri password : trojan jenis ini dapat melakukan cara membobol wifi atau pencurian data terhadap password yang tersimpan di dalam operasi sistem pengguna, dan akan mengirimkan data kepada si penyerang asli, trojan ini seringkali mengecoh user dalam membuat sebuah form login asli (namun palsu)
  • Keyloger : virus keylogger atau logger dengan nama lain pencatat tekanan tombol memiliki sistem yakni mencatat semua tombol yang sedang ditulis oleh korban, entah itu password, catatan pribadi, pembayaran dan lain lain, semua akan tercatat di keylogger dan akan mengirimkan data tersebut ke penyerang saat terhubung dalam internet.
  • Rat trojan : remote administrator tools atau biasa dikenal rat merupakan jenis trojan yang bekerja sebagai remote atau melakukan perintah sesuai dari kehendak penyerang, seperti menghapus data, mencuri file, memformat hardisk, eksploitasi file dan sebagainya
  • Ddos trojan : ddos trojan atau dikenal zombie trojan melakukan serangan terhadap layanan internet dalam jumlah besar terhadap host dari target trojan ini.
  • Stuffing : stuffing trojan merupakan script yang tergolong dalam kategori blackhat, kerja dari script stuffing ini yakni melacak atau membajak penjualan dari produk dan mencoba mendapatkan komisi dollar dari penjualan produk tersebut.

Worm Malware

Worm malware merupakan salah satu jenis malware yang hampir mirip dengan virus serta memiliki sistem penyebaran dengan cara membuat salinan diri sendiri dan menjadi bagian program penting dari software tersebut, untuk mengatasi virus ini kamu cukup melakukan full scan dengan program antivirus unggulan.

Di internet seringkali kita menjumpai malware jenis ini dan menyamar menjadi link download yang sedang diincar oleh korban, jadi pastikan sebelum anda melakukan unduhan software atau yang lainnya secara gratis, lihat terlebih dulu keamanan situs tersebut, dan scan url situs website tujuan anda dengan virustotal.

Penutup

Oke cukup sekian dari saya dalam pembahasan sederhana yang memiliki judul pengertian dan jenis malware : virus, trojan dan worm, semoga tulisan saya ini berguna dan bermanfaat bagi banyak orang, dan terimakasih telah berkunjung

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!