Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Jenis Tes Psikologi / Psikotes TNI – POLRI Dan CPNS ( Lengkap )

3 min read

macam dan jenis tes psikologi

Hai gaess, generasi Millenial yang Insyaallah kedepan akan menjadi penerus dan pemimpin bangsa, Kali ini mimin Blog Militer Indonesia akan kembali membahas tentang Dunia Psikologi Khususnya tentang Jenis Tes psikologi / Psikotes TNI – POLRI dan CPNS lengkap dengan Tips mengerjakannya agar lolos. Simak terus ya !!!

Dalam Rekrutmen, Seleksi atau Pendaftaran TNI – POLRI, kesehatan fisik dalam Tes Samapta memang merupakan persyaratan utama agar lolos menjadi seorang Prajurit TNI – POLRI.

Namun Ternyata ada ada beberapa tes lain yang tak kalah penting seperti Tes Administrasi, Tes Kesehatan, Tes Mental Idiologi dan juga Tes Psikologi atau Psikotes, dimana bila salah satu diantaranya tidak memenuhi syarat tentu juga tidak bisa lolos menjadi seorang Prajurit TNI – POLRI.

Tes Psikologi / Psikotes TNI – POLRI

Tes Psikologi / Psikotes TNI – POLRI tujuan utama tentunya adalah untuk mengetahui Kondisi Kesehatan Mental para peserta seleksi hingga dapat direkrut menjadi Prajurit TNI yang tak hanya siap Fisik namun juga siap secara Mental.

Tes ini merupakan serangkaian ujian yang akan menilai beberapa aspek terdalam dan sangat peibadi dari para peserta Tes Calon Prajurit TNI seperti Tingkat Kecerdasan, Kejujuran, Keberanian, Ketelitian, Ketahanan Berpikir, Minat serta Bakat peserta Tes.

Baca Juga:

Hai ini tentunya dilakukan dalam rangka mencari calon peserta yang memenuhi Kebutuhan dan Kriteria untuk dijadikan sebagai seorang Prajurit TNI.

Guna memberikan kepercayaan diri yang lebih baik dalam menghadapi tes, kami Mimin Blog Militer akan menyajikan artikel tentang Jenis dan macam – macam Tes Psikologi/psikotes dalam rekrutmen TNI.

Jenis Tes Psikologi / Psikotes

Dalam Tes Psikologi TNI baik Darat, Laut dan Udara serta tes rekrutmen karyawan lainnya seperti POLRI dan PNS pada dasarnya mempunyai Macam dan jenis yang sama, yang berbeda lebih pada penilaian tes psikologi tersebut yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan Organisasi.

Tes Logika Aritmatika / Deret Angka

Jenis Tes Pertama dalam Psikotes Penerimaan TNI/POLRI adalah Tes Logika Aritmatika atau juga biasa dikenal tes deret angka, Tes ini merupakan salah satu bentuk tes yang terdiri dari sederet angka yang harus dijawab dengan diketahui dulu bagaimana Polanya.

Pola dalam tes deret angka ini dapat berupa penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persentase maupun juga dalam bentuk pecahan angka.

Tujuan dalam tes ini adalah mengetahui tingkat kemampuan analisa peserta dalam memahami pola atau kecenderungan tertentu kemudian memprediksi pola berikut atau kecenderungan pemecahannya.

Contoh Psikotes Logika Aritmatika / Deret Angka
  1. Suatu Seri 2 – 4 – 6 – 8 – … : ( Maka Jawabannya adalah 10 / Kelipatan 2 )
  2. Suatu Seri 100 – 8 – 90 – 6 – 80 – … : ( Maka jawabannya adalah 4 / pengurangan 2 untuk angka deret 2 dan kelipatannya )

Tes Logika Penalaran Kata

Pada Tes ini kalian juga masih akan dicari tahu tingkat kemampuan Logika terhadap sebuah kondisi serta memahami sebab akibat dari suatau permasalahan, namun tidak menggunakan deretan angka melainkan dengan serangkaian Kata – kata.

Dalam tes ini kalian akan menemuai 2 bagian kata yang mempunyai hubungan, Tugas kalian adalah menemukan analogi atau kata lain yang tepat.

Contoh Psikotes Logika Penalaran Kata
  1. Semua Siswa Mempunyai Pensil . Sebagian Siswa Mempunyai Penghapus. maka jawabannya Ada Siswa yang mempunyai Pensil dan penghapus.
  2. Jika seorang Sakit harus Minum Obat. Dimas Tidak meminum obat. maka jawabannya Dimas Tidak Sakit

Army Alpha Intelegence Test

Jenis selamjutnya Tes psikologi atau Psikotes Army Alpha Intelegence Test, merupakan tes psikologi yang berupa kombinasi deretan angka dan deretan gambar.

Tujuan dalam tes ini adalah mengukur tingkat kemampuan peserta tes dalam menangkap intruksi / Daya tangkap dan melaksanakan instruksi secara cepat dan tepat.

Contoh Lembar Soal Army Alpha Intelegence Test

Army Alpha Intelegence Test

Tes Wartegg / Tes Kotak Delapan

Tes Wartegg merupakan tes yang terdiri delapan kotak dengan berbagai bentuk gambar di dalamnya seperti gambar titik, garis kurva, Tiga garis Sejajar, Kotak Hitam, Dua garis saling memotong, Dua Garis terpisah, 7 titik tersusun melengkung dan Garis melengkung setengah lingkaran.

Kalian harus melanjutkan ke 8 gambar tersebut untuk menjadi suatu gambar yang utuh, Tes ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur emosi, imajinasi, kraetuvitas bahkan ketegasan para peserta tes.

Contoh Gambar Tes Wartegg

wartegg tes

Baca Juga : Tabel Gaji TNI

Tes EPPS ( Edward Personal Preference Schedule )

Tes EPPS merupakan jenis tes Psikologi atau psikotes dimana kalian akan diperintahkan mengerjakan dan menyelesaikan 225 pertanyaan sesuai dengan kepribadian anda.

Dalam Tes ini kalian akan diukur tingkat kemampuan dan Motivasi, Ketertarikan, kepribadian, Kecenderungan Pamer dan lain – lain dimana kurang lebih ada 15 aspek atau Parameter yang akan dinilai.

Contoh lembar Jawaban Tes EPPS

tes EPPS

Tes Koran ( Pauli / Krapelin )

Dalam Tes Koran kalian akan diperintahkan mengisi sebuah angka hitung – hitungan baik penjumlahan, selisih, perkalian maupun pembagian dalam sebuah kertas besar mirip Koran.

Dalam tes ini kita mengenal 2 Jenis tes yaitu Tes Pauli dan Krapelin dimana keduanya mirip namun berbeda dalam cara penyelesaian dan penilaiannya.

Tes Koran mempunyai tujuan mengukur Daya Tahan, Keuletan, kecepatan, kemauan, kehendak dan emosi para peserta Psikotes TNI – POLRI.

Contoh Tes Koran

Penilaian Tes Koran

Gambar Pohon Psikotes

Jenis Tes Psikotes Berikutnya adalah Tes Menggambar Pohon atau Gambar Pohon Psikotes, Dalam Tes ini kalian akan disiapkan selembar kertas Kosong.

Kalian akan diperintahkan menggambar pohon dengan syarat merupkan pohon berkambium, bercabang dan merupakan pohon buah seperti Pohon mangga atau nangka.

Contoh Gambar Pohon Psikotes

Gambar Pohon Psikotes

Gambar Orang Psikotes

Mirip dengan tes menggambar pohon, dalam tes menggambar orang kalian juga akan disiapkan selembar kertas kosong, namun tentunya perintah yang harus dilaksanakan adalah menggambar orang.

Yang harus diingat disini bahwa gambar yang dibuat harus merupakan gambarang orang secara nyata yang ada di Dunia ini, Bukan Gambar Dongeng, karikatur ataupun Komik/Manga.

Dalam tes menggambar ini yang dinilai bukan bagusnya gambar namun kelengkapan dan ketegasan dalam coretan pensil saat menggambar.

Contoh Gambar Orang Psikotes

contoh tes psikologi-psikotes gambar orang
contoh gambar orang yang benar dalam tes psikologi atau psikotes gambar orang khususnya dalam rekrutmen TNI

Kesimpulan

Itulah beberapa Macam dan jenis dan Tes Psikologi yang sering dilakukan dalam Rekrutmen TNI – POLRI maupun tes CPNS dan Karyawan Perusahaan.

Sebenarnya ada beberapa lagi jenis Tes psikologi yang sering digunakan dalam seleksi TNI/POLRI dan PNS Yaitu Psikotes Menggambar Rumah, Pohon dan Orang, dan Psikotes Deret Gambar / Logika penalaran Gambar.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Macam dan jenis Tes Psikologi atau Psikotes TNI – POLRI dan CPNS, semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!