Jet Tempur Rusia Canggih Dan Modern

1
113
literacymiliter.com

Jet Tempur Rusia Canggih Dan Modern

Blog Militer;Jet Tempur Rusia Canggih Dan Modern,- Keamanan negara memang selalu menjadi prioritas bagi wilayah manapun pada sektor darat, air serta udara. Seakan semuanya harus dilindungi alat-alat canggih agar tidak bisa ditembus penyusup. Seperti salah satu buatan negeri Beruang Merah dengan jet tempur Rusia mereka.

Ciri-ciri Jet Tempur Rusia

Rusia memang sudah dikenal dunia sebagai salah satu negara dengan kepemilikan beragam jenis mesin perang canggih dan mematikan. Hal tersebut bisa dilihat dari keikutsertaan negara yang kini dipimpin oleh Vladimir Putin pada berbagai perang di masa lalu.

Tidak ayal jika mereka sering membuat jet tempur tandingan dengan negara-negara besar seperti Amerikan Serikat. Spesifikasi dari peralatan perang tersebut juga bukan main-main. Mereka menggukan peswat berpenumpang satu hingga dua orang (jumlahnya berbeda tergantung versi).

BERITA DISARANKAN

Panjang yang dimiliki setiap peswatanya sekitar 22m dengan rentang sayap 1,42m. Tinggi burung besi ini diperkirakan mencapai 6,05m, berat kosong sampai 18.500kg. Jika berpenumpang bisa seberat 7.500kg serta 37.000 apabila tengah lepas landas.

Mesin dalam Jet Tempur Rusia

Selain bagian body yang mengalami perbaikan di setiap seri pesawat tempur siluman mereka, Rusia juga kerap membekali peralatan perang tersebut dengan mesin-mesin canggih. Apalagi negara yang masih sering disapa Soviet itu sudah bisa memproduksi sendiri dengan kualitas bagus.

Mesin yang menjadi tenaga utama dari setiap pesawat tempur siluman tersebut bertajuk Saturn AL dengan nomor seri berbeda-beda. Untuk yang terbaru adalah AL-41F yang merupakan turbofan hasil pengembangan dari Lyulka (perusahaan asal Rusia). Kualitasnya sendiri sudah tidak bisa diragukan.

Mesin tersebut mendapatkan tenaga dorong besar bila dibanding dengan produksi dari negara besar lain. Untuk dorong keringnya sendiri, masing-masing dibekali 96,1kN atau 9.800kgf dan 21.605lbf. Semantara jika disertai pembakaran lanjut dapat mencapai 152kN (15.500kgf serta 34.172lbf).

Kinerja Jet Tempur Rusia

Untuk kinerja dari jet tempur siluman ini pun juga sudah digadang-gadang jadi yang terbaik karena mampu bergerak pada Mach 2+ di altitud (2450+km/jam serta 1.500bsj). Kekuatan jelajahnya sendiri bisa dibilang luas. Ia mampu mengcover kecepatan hingga 1.300km/jam.

Kemampuan jelajah dari setiap jet tempur siluman buatan Rusia ini pun juga sangat apik. Pasalnya mereka mampu menjangkau area hingga 4.000 sampai 5.000 km serta langit-langit batas hingga 20.000m. Hal ini terus diperbaiki dan ditambahkan agar setiap seri punya performa makin baik.

Selain itu, setiap jet tempur siluman tersebut dibekali laju tanjak yang cepat. Mereka mampu menanjak dengan kecepatan 350m/s. Pada beban sayap dibuat ringan yaitu 470kg/m2. Untuk keperluan panjang landasannya sendiri butuh ukuran 350m serta ketahanan sampai 3,3 jam.

Avionik Jet Tempur Rusia

Sistem avionik merupakan hal terpenting selanjutnya yang bisa menggawangi pergerakan peswat di angkasa. Tanpa kecanggihan teknologi tersebut, tentunya jet tempur siluman manapun tidak bisa menembus pertahanan musuh tanpa terlihat atau menimbulkan tanda-tanda pada radar.

Jet tempur siluman buatan Rusia yang kebanyakan dihasilkan oleh Sukhoi memilih memakai radar N050 BRLS AESA/PESA. Sistem tersebut merupakan peningkatan dari IRBIS-E. Ia memiliki frekuensi 3mm, lilit 0,7m, sasaran tipe menjejak 32 dan menyerang 8.

Jaraknya sendiri bisa dipakai hingga 4km dengan EPR 3m2, RCS 0,01m2 serta azimut +/700 dan +90/50o. Kuasanya sendiri mencapai 4.000 w serta memiliki berat mencapai 65 hingga 80kg pada setiap pesawat tempurnya. Meskipun begitu, sistem avionik tidak mengganggu jet tersebut.

Persenjataan pada Jet Tempur Rusia

Mesin-mesin perang tidak akan ada apa-apanya jika belum dilengkapi dengan persenjataan mumpuni. Mulai dari tank yang berjalan di darat, kapal selam bahkan sampai pesawat tempur sekalipun. Hal tersebut juga dibekalkan pada jet siluman milik Rusia, Sukhoi.

Jet tempur Rusia tersebut dibekali persenjataan bermacam-macam pada setiap serinya seperti dua kali meriam pada kaliber 30mm serta 8 tenggekan (ada 4 buah dalam setiap lekukan pesawat). Kedua senapan api tersebut ada pada setiap mesin perang seri terdahulu.

Untuk seri sekarang mungkin juga masih dilengkapi senapan api berkaliber 30mm dengan tajuk GSh-301. Ada pula rudal jenis Izdeliye 810, K74, K30, KH38M serta KH58 USHK yang mematikan. Mereka juga bisa mengangkut bom berpandu yang memiliki berat mulai 250kg sampai 1.500kg.

Jenis Jet Tempur Rusia yang Paling Mematikan

Jet tempur siluman memang dirancang untuk bisa mengendap-endap masuk ke ranah pertahanan musuh tanpa tersentuh radar sekalipun. Mereka juga dibekali beragam senjata mematikan yang membuatnya disegani. Beberapa di antaranya ada pada pesawat rancangan Rusia berikut:

1. Mikoyan Mig – 31 Fouxhound

Bagi pecinta mesin perang, pasti pernah mendengar rumor jika pesawat tempur buatan negeri Beruang Merah ini bisa mengungguli jet buatan Amerika Serikat, F-22 Raptor merupakan pesawat tempur yang digadang-gadang Amerika Serikat memiliki kemampuan tidak tertandingi.

Namun Rusia membantah hal tersebut, dan menyatakan pesawatnya Mikoyan MIG 31 akan mampu menandingi bahkan mengalahkan F -22 Raptor dalam pertarungan udara satu lawan satu.

Mikoyan MIG 31 Fouxhound ini memiliki kecepatan yang gila karena bisa menempuh 3.000km/jam ( 1.860 mph ). Di samping itu, jet tempur tersebut juga punya kemampuan manuver hebat serta persenjataan yang lengkap. Tentunya, semua itu dibuat untuk menjawab peralatan perang Amerika Serikat yang tertanam dalam pesawat F-22 yang dikenal dengan kecanggihan sistem teknologi silumannya ( Stealth Technology )

Soal persenjataan, tidak usah diragukan lagi. Rusia terkenal membuat peralatan mematikan yang dipasangkan pada setiap pesawat tempur buatannya.

Pada seri ini Mikoyan melengkapi pesawatnya dengan Amunisi 1 GSh-6-23 kanon kaliber 23mm 260 peluru, 4 Rudal R-33 (AA-9 ‘Amos’) di bawah badan atau 4 Rudal Vympel R-37 (AA-X-13 “Arrow”), 6 Rudal R-37 dan 4 gantungan senjata di bawah sayap untuk 2 R-40R/R-40T (AA-6 ‘Acrid’ serta berbagai rudal canggih lainnya.

Jet tempur MIG 31 Foxhound semakin Dominan karena mempunyai kelebihan dalam sistem pencarian serta pelacakan infra merah yang tidak dipunyai F- 22 Raptor.

jet tempur rusia

2. Sukhoi SU-35

Meskipun telah hadir sekitar 23 tahun yang lalu, nama Sukhoi SU-35 masih digadang-gadang menjadi jet tempur siluman yang mematikan bagi banyak negara, termasuk Amerika Serikat sendiri sebagai musuh bebuyutan wilayah dengan ibu kota di Moskow tersebut.

SU-35 ini termasuk pesawat tempur official pertama dari Rusia semenjak mereka tidak lagi bernaung di bawah nama Soviet. Kreasi senjata perang tersebut merupakan pengembangan mumpuni dari SU-27 yang lebih dulu melanglang buana di angkasa.

Meskipun masih banyak ditemui kemiripan dengan pendahulunya, namun SU-35 ini juga punya upgrade menarik seperti radar canggih yang mampu mengcover area lebih luas. Cocok sekali jika dipakai sebagai pesawat pengintai. Bahkan Ia pernah jadi incaran Prabowo Subianto.

Persenjataan yang disematkan pada Su-35 ini juga tidak usah diragukan lagi karena Ia mampu membawa misil berbagai tipe seperti K-77ME serta KH-59 dengan kekuatan penghancur objek udara dan darat. Beruntungnya, Indonesia membidik pesawat ini sebagai salah satu alutsistanya.

3. Sukhoi SU-57

Terakhir adalah pesawat tempur yang pernah mengalami ledakan saat uji coba terakhirnya akhir tahun lalu. Sukhoi SU-57 digadang-gadang menjadi salah satu jet siluman terbaik di dunia setelah mengalami perbaikan agar tidak ada malfungsi ketika diterbangkan.

SU-57 diberkali radar absorbment material yang mampu mengurangi adanya resonansi sehingga mereka tidak terlihat oleh musuh. Kecepatannya sendiri berada pada Mach 1,6 (kurang lebih 2.000km/jam) dengan manuver apik serta lincah. Banyak angkatan udara lain mengklaim begitu.

Senjata pada SU-57 ini juga digarap serius dan telah upgrade jadi lebih baik karena Ia memiliki misil yang bisa meluncur antar udara dan ke darat. Bom aviasi ODAB-500PMB di dalamnya tidak bisa dideteksi musuh. Ada pula pembakar dengan daya ledak tinggi yakni OFZAB-500.

Kesimpulan

Rusia menunjukkan keseriusannya untuk terus menempel Amerika Serikat dan menjauh dari kejaran Cina Dalam hal Persenjataan dan perlengkapan Militer yang mereka miliki.

Walau masih mempunyai banyak kelemahan namun semua itu dapat ditutupi dengan kelebihan – kelebihan lain melalui teknologi yang tertanam di di dalam pesawat tempur siluman Rusia ini.

Kelengkapan perang tiap negara memang bermacam-macam bahkan beberapa di antaranya sengaja memproduksi lebih banyak agar bisa dijual ke wilayah lain sebagai alutsista. Jet tempur Rusia ini ternyata memegang peranan besar di sana sebagai pesaing sejati Amerika Serikat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here