Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Kandungan Asap Kendaraan Bermotor Adalah

2 min read

Kandungan Asap Kendaraan Bermotor Adalah

Kandungan Asap Kendaraan Bermotor Adalah – Halo sobat, kita semua sudah tahu bagaimana bahanya menghirup racun kendaraan bermotor.

Namun tahukah kamu, sebenarnya apa saja Zat – zat yang terkandung di asap kendaraan bermotor sehingga sangat ditakuti karena membahayakan tubuh ?

Kandungan Asap Kendaraan Bermotor Adalah

Sebelum mengetahui kandungan asap kendaraan bermotor, ada baiknya kita mengetahui dulu apa pengertian, manfaat dan bahaya dari gas emisi buang tersebut.

Emisi gas buang asap kendaraan bermotor ialah Zat Yang tersisa dari pembakaran yang terjadi dalam ruang pembakaran pada kendaraan motor. Tersisa pembakaran itu terbagi dalam beragam zat beresiko yang nanti dikeluarkan lewat knalpot. Beberapa zat yang beresiko itu berikut yang usaha didesak oleh proses tes emisi yang sudah dilakukan oleh produsen mobil, pemegang merk, dan pemerintahan.

Bahaya yang Diakibatkan dari Asap Kendaraan Bermotor

Ada banyak bahaya yang mengancam kesehatan tubuh manusia diakibatkan dari emisi gas buang. antara lain adalah :

Baca Juga:
  1. Menghancurkan Mekanisme Pernafasan

Sudah pernahkah Teman teman sekalian mendadak berasa pusing dan sulit bernafas saat terjerat kemacetan di jalan raya? Hal tersebut muncul karena kita mengisap banyak kandungan gas CO dan gas yang lain memiliki kandungan timbal.

Timbal (Co) yang dihirup lewat butiran kecil gas dari asap knalpot, lama-lama menimbun di paru-paru. Apabila sudah menimbun, penyakit yang kemungkinan dialami ialah asma dan kanker paru-paru.

Bila Kalian sedang melancong dan bermacet-macetan di jalan raya, sebaiknya tetap menggunakan masker untuk menghindar mengisap pencemaran udara yang memiliki kandungan timbal. Setelah tiba rumah, Teman dekat dianjurkan untuk minum susu untuk menetralisir zat timbal yang terisap.

  1. Memiliki sifat Karsinogenik

Dalam emisi gas buang ada beberapa zat yang memiliki sifat karsinogenik. Apakah itu karsinogenik? Karsinogenik ialah karakter zat yang dapat memacu berlangsungnya kanker dalam tubuh manusia.

Baca Juga : Kecanggihan Teknologi Masa Depan di Bidang Militer

Zat-zat yang memiliki sifat karsinogenik pada emisi gas buang ialah timbal dan benzena. Timbal yang terendap dengan jumlah banyak dan terserang kulit dapat memunculkan iritasi kulit. Apa lagi bila timbal ini berkenaan paru-paru atau bahkan juga ke otak. Teman dekat dapat memikirkan sendiri bagaimana resikonya. Dan benzena yang terisap oleh badan akan mengusik terciptanya sel darah merah.

  1. Beresiko untuk Mekanisme Peredaran Darah

Tingginya gas karbon monoksida yang dihirup oleh hidung dapat memengaruhi kekentalan dari sel darah merah. Bila keadaan darah merah mengental, badan akan memberi respon dengan lakukan inflamasi (infeksi). Bila ini selalu terjadi dan makin kronis, karena itu bisa terjadi kerusakan pada pembuluh darah. Kerusakan pembuluh darah ini dapat mengakibatkan kematian.

Nah itu tadi bahaya emisi dari gas buang asap kendaraan bermotor, namu selain berbahaya ternyata zat yang terkandung dalam asap kendaraan juga mempunyai manfaat lho. apa saja manfaat emisi gas buang ? Ini dia :

  • Bisa ketahui kerusakan yang terjadi pada mesin mobil lebih awal.
  • Bisa ketahui keadaan mesin dengan tentu.
  • Bisa ketahui efektifitas bahan bakar yang dipakai dan tenaga yang dibuat berapa maksimal.
  • Bisa ketahui setel kombinasi di antara bahan bakar dan udara yang terbaik.
  • Bisa dikaji kandungan CO2 dan HC, ini dapat dijumpai berapa efisien hasil pembakaran.Batasi mobil yang tidak pantas untuk dipakai, hingga cuman beberapa mobil ramah lingkungan saja yang tersebar di jalanan. Sudah pasti ini berpengaruh baik di lingkungan kita.

Kandungan Emisi Gas Buang Kendaraan bermotor

Adapun beberapa zat beresiko yang terdapat di dalam emisi gas buang, diantaranya seperti berikut:

  1. Karbon Monoksida (CO)

Karbon monoksida ini tidak berbau dan warna, tetapi benar-benar beresiko. Gas ini dapat mengakibatkan seorang tidak sadarkan diri sampai wafat bila mengisapnya dengan jumlah yang tinggi.

  1. Karbon Dioksida (CO2)

Karbon dioksida ini seperti gas yang kita mengeluarkan saat proses bernapas. Tetapi, bila dengan jumlah yang besar dibuat oleh kendaraan yang banyaknya banyak karena itu dapat punya pengaruh pada pemanasan global. Apa lagi bila jarang dijumpai pohon-pohonan yang sanggup mengganti CO2 ini jadi Oksigen (O2).

  1. Nitrogen Oksida (NO atau NOx)

Gas yang ini dapat mengakibatkan mata kita perih dan mengusik aliran pernafasan. Teman dekat dapat berasa napas sesak bila kebanyakan mengisap nitrogen oksida.

  1. Hidrokarbon (HC)

Hidrokarbon umumnya dibuat dari pembakaran yang tidak prima dalam kendaraan. Gas ini umumnya ada pada uang bensin yang tidak terbakar dan keluar lewat knalpot.

Penutup

Ok sekian dulu kawan pembahasan kita pada artikel ini, sekarang kalian tentunya telah bisa menjawab apabila ada pertanyaan Apa kandungan asap kendaraan bermotor adalah Semoga Berguna

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!