5 Kapal Perang yang Memiliki Ukuran Terbesar di Dunia

1 min read

5 Kapal Perang yang Memiliki Ukuran Terbesar di Dunia

Dalam dunia militer, banyak sekali fasilitas yang digunakan oleh militer yang digunakan untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan negara mereka. Militer pasti menggunakan sistem persenjataan terbaik untuk menjaga pertahanan negara mereka.

Salah satu alat militer yang digunakan adalah kapal perang. Biasanya kapal perang ini menggunakan tenaga yang berbeda-beda mulai dari listrik, diesel, hingga tenaga nuklir yang memiliki ukuran yang beraneka ragam.

Berikut adalah 5 kapal perang yang memiliki ukuran terbesar di dunia.

 

1.Izumo

Kapal perang ini merupakan kapal perang yang digunakan oleh militer Jepang. Kapal ini memiliki ukuran Panjang 248 m dan lebar 38 m. sangat luas sekali yah. Armada Bela Diri Maritim Jepang menggunakan kapal ini secara resmi.

Baca Juga:

Di kapal ini terdapat 5 landasan pendaratan helicopter untuk lepas landas dan mendarat serta dapat mengangkut hingga 28 pesawat. Kapal ini juga memiliki kargo yang bisa mengangkut hingga 50 kendaraan.

Pesawat tempur buatan AS, Osprey sangat pas untuk mendarat diatas kapal ini.

 

2.Kirov

Kapal bertenaga nuklir dengan turbin uap berbahan bakar minyak ini merupakan kapal yang dimiliki oleh Rusia. Kirov memiliki ukuran Panjang yang mencapai 252 m dan lebar 28,5 m. Banyak sekali fasilitas yang terdapat pada salah satu kapal dengan ukuran terbesar di dunia ini, antara lain rudal anti kapal, rudal udara, torpedo, dan rudal anti kapal yang memiliki kekuatan supersonik.

Untuk melindungi reaktor nuklir yang dimilikinya, kapal ini menggunakan lapis baja dengan tebal 76 mm.

Kapal ini mampu mengangkut 710 awak kru dan 3 helikopter. Namun dengan ukuran kapal sebesar itu, kapal ini hanya satu yang masih beroperasi untuk Angkatan Laut Rusia.

 

3.Wasp

Amerika merupakan negara yang memiliki jumlah kapal terbanyak dan terbesar nomor 1 di dunia. Salah satu kapal perang milik Amerika adalah Wasp dan masih aktif dalam beroperasi sebanyak 8 buah dalam jajaran militer.

Kapal perang ini memiliki ukuran Panjang 257 m dan lebar 31,8 m. Kapal ini mampu membawa satu pasukan mariner dan pasukan darat yang memberikan dukungan untuk mendarat di pantai demi memberi dukungan saat menyerang pasukan musuh.

Kapa ini mampu membawa tank, kendaraan lapis baja, kendaraan serangan amfibi, Humvee, pesawat serang ringan, helicopter, persenjataan ofensif, dan persediaan pendukung. Kapal ini juga memiliki rumah sakit dengan fasilitas 600 kamar tidur dan 6 kamar operasi.

 

4.Nimitz

Kapal perang ini merupakan kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat, mengingat AS merupakan negara yang memiliki jumlah kapal perang terbanyak dan terbesar.

Kapal militer ini mampu menampung hingga 90 pesawat dimana jumlah itu merupakan jumlah 2 kali lipat dari kapal perang militer lainnya. Kapal ini menggunakan dua buah reaktor nuklir Westinghouse A4W yang memberikan daya pada kapal perang ini. Dengan menggunakan kevlar untuk melindungi area vital kapal.

Pada tahun 1975, kapal ini memulai tugasnya untuk pertama kali.

 

5.Kuznetsov

Kapal ini merupakan kapal perang milik Rusia dan digunakan oleh Angkatan Laut Uni Soviet pada tahun 1990. Kapal ini memiliki ukuran panjang hingga 305 m dan lebar 72 m. Dengan ukuran tersebut, kapal ini merupakan salah satu kapal perang terbesar di dunia.

Kapal ini dapat mengangkut 1.600 orang, lebih dari 50 pesawat, dan 24 helikopter. Untuk pertahanan kapal ini dilengkapi dengan persenjataan defensive dan offensive. Kapal ini menggunakan boiler bertekanan turbo, turbin uap, dan generator diesel.

 

Demikian informasi tentang kapal perang terbesar yang ada di dunia. Dapat dilihat dari beberapa jenis kapal, kebanyakan kapal perang yang memiliki ukuran terbesar berasal dari Amerika Serikat.

error: Alert: Content is protected !!