Keberagaman Masyarakat Indonesia dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

0
84
keberagaman masyarakat indonesia

Hai Sahabat di seluruh Indonesia, Kita wajib bersyukur dilahirkan sebagai warga negara Indonesia. Sebuah negara besar dengan sumber daya alam yang melimpah serta dengan banyaknya keberagaman masyarakat Indonesia baik Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

Oleh Karena itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus terus menjaga keberagaman ini dengan terus mengasah keterampilan bernegara.

Yaitu sebuah keterampilan dalam kehidupan sehari – hari yang diwujudkan dengan selalu menghargai, menghormati dan menjaga keberagaman yang ada dalam masyarakat Indonesia.

Keberagaman Masyarakat Indonesia

Yuk kita pelajari keberagaman yang ada di Indonesia baik faktor penyebab terjadinya kebergaman tersebut maupun contoh keberagaman yang ada dalam masyarakat, simuk terus hingga selesai ya !

Faktor Penyebab Keberagaman Indonesia

Keberagaman adalah suatu kondisi dalam kehidupan bermasyarakat dimana didalamnya terdapat banyak perbedaan dalam bebagai hal seperti Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

Keberagaman Masyarakat Indonesia merupakan Anugerah dari Tuhan YME yang harus kita syukuri dan terus menjaganya agar menjadi sebuah kekuatan dalam mewujudkan Persatuan Indonesia.

Selain menjadi Potensiyang besar Namun keberagaman dapat juga menjadi ancaman bagi kedaulatan NKRI apabila kita tidak dapat menjaga dan merawatnya baik – baik.

Oleh karena itu sudah seharusnya kita untuk selalu menjaga dan meningkatkan kerukunan antar umat beragama, Suku dan kelompok – kelompok sosial lainnya.

Keberagaman Masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor, secara garis besar keberagaman ini disebabkan beberapa faktor antara lain :

a. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Yuk coba kita lihat letak wilayah Indonesia di Peta Dunia, Yup benar Indonesia berada diantara 2 Samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia.

Indonesia juga terletak diantara 2 benua yaitu benua Asia dan Australia, Hal ini merupakan letak strategis yang menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan Internasional.

Hal ini pulalah yang menyebabkan Indonesia akan selalu menjadi persinggahan dan kedatangan bangsa asing, bahkan sebagian dari mereka menetap dan menambah kemajemukan Ras, Agama yang ada.

Tak hanya ras dan Agama, kedatangan pada orang asing yang disebabkan oleh letak strategis wilayah Indonesia tersebut juga secara tidak langsung membawa pengaruh terhadap kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.

b. Kondisi Alam yang Bervariasi

Indonesia juga mempunyai kondisi alam yang sangat bervariasi dan bermacam – macam seperti Pegunungan, Pantai, Padang Rumput, Rawa, Laut.

Kondisi alam ini juga membuat perbedaan di dalam Masyarakat Indonesia. Dimana Masyarakat di Daerah Pantai Pantai Contohnya akan memiliki perbedaan dengan masyarakat pegunungan dalam banyak hal seperti mata pencaharian, pakaian, kesenian bahkan cara berbicara.

c. Kondisi Negara Indonesia sebagai negara kepulauan

Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan terbanyak di dunia, lebih dari 17.000 pulau tercatat berada di Wilayah kita yang tempatnya tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Hal ini juga mengakibatkan keberagaman masyarakat Indonesia dimana pada setiap pulau mengembangkan budaya mereka masing – masing sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungannya.

Tak pelak kondisi ini juga membuat perbedaan Suku, Ras, Agama, bangsa, bahasa, budaya bahkan juga perbedaan peranan laki – laki dan perempuan di masing – masing wilayah.

Macam – macam keberagaman di Indonesia beserta contohnya

Indonesia memiliki berbagai macam keberagaman dalam masyarakatnya, berikut beberapa macam dan contohnya yang ada dalam kehidupan sehari – hari :

a. Keberagaman Suku

Suku bangsa atau juga disebut etnik menurut Koentjaraningrat, merupakan sekolompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran dan identitas tersebut.

jadi ada beberapa ciri – ciri mendasar yang dapat membedakan antara suku bangsa satu dengan lainnya yaitu seperti Bahasa, Adat Istiadat, Kekerabatan, kesenian dan tempat asal.

Contoh keberagaman Masyarakat Indonesia berdasarkan Suku adalah di Pulau Sumatera terdapat suku Aceh, Gayo Alas, Minangkabau, Batak dan Melayu.

Di Pulau Sulawesi ada suku Bugis, Buton, makasar, manado dan Gorontalo sedangkan di Pulau Kalimantan ada Suku Dayak. Maluku ada suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate.

Di Pulau Jawa ada Suku Jawa, Madura, Sunda dan Badui serta Betawi. Di Pulau Papua ada suku Asmat, Dani, Merauke, Arfak dan serui.

serta masih banyak lagi suku – suku lain yang menunjukan keberagaman Suku di Indonesia, Namun semua keberagam tersebut tentunya tidak menghalangi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal ini ( Persatuan dan Kesatuan ) akan terwujud jika ada rasa toleran, saling menghargai dan menghormati perbedaan antar suku yang ada.

contoh keberagaman suku masyarakat indonesia

b. Keberagaman Agama

Indonesia secara resmi mengakui 6 Agama dan 1 Kepercayaan antara lain Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu dan penganut aliran kepercayaan.

Agama dan kepercayaan tersebut seluruhnya mengajaran kebaikan dan kebenaran, dimana kesadaran beragama merupakan perwujudan keyakinan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

contoh keberagaman agama masyarakat indonesia

c. Keberagaman Ras

Manusia memang pada dasarnya diciptakan dengan ras yang berbeda – beda untuk dapat saling melengkapi sebagai hak Mutlak Tuhan YME.

Sesuai dengan UU no 40 Tahun 2008 tentang penghapusan Diskriminasi, Ras dan Etnis mengartikan Ras sebagai golongan bangsa berdasarkan ciri – ciri fisik dan garis keturunan.

Dengan pengartian tersebut maka setiap orang akan memiliki perbedaan Ras karena adanya perbedaan ciri fisik antara lain warna kulit, Rambut, bentuk mata, bentuk badan dan lain lain.

Contoh keberagaman masyarakat Indonesia dipandang dari perbedaan dari Ras adalah Ras Malayan – Mongoloid yang berada di Sumatera, jawa, Bali, NTT.

Ada juga Ras Melanesoid yaitu saudara – saudara kita yang berada di Papua dan Maluku, Ras Asiatic Mongoloid yaitu rekan – rekan kita yang berasal dari tiongkok dan jepang.

Serta ada juga Ras Kaukasoid yaitu saudara – saudara kita yang berasal dari Timur tengah, India, Australia, Eropa dan negara negara barat lainnya.

contoh keberagaman ras masyarakat indonesia

d. Keberagaman antar Golongan

Keberagaman Indonesia tak hanya dalam Suku, Ras dan Agama namun Indonesia juga mempunyai masyarakat dengan perbedaan Golongan.

Contoh keberagaman dilihat dari sudut pandang golongan disebabkan adanya perbedaan kelas sosial dalam masyarakat. Yang diwujudkan dalam kelas – kelas masyarakat yang bertingkat.

Ada masyarakat yang dikategorikan dalam golongan masyarakat kelas tinggi, kelas sedang dan kelas rendah yang ditadai dengan adanya ketidak seimbangan antara pembagian hak dan kewajiban antar individu.

Kesimpulan

Keberagaman masyarakat Indonesia memang merupakan Kodrat dari Tuhan YME, namun kita harus dapat mengatur keberagaman tersebut untuk menjadi suatu kekuatan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

Adanya perbedaan Suku, Ras, Agama dan antar golongan merupakan hal yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Namun Keberagaman ini tak boleh menyebabkan terjadinya perselisihan dan perpecahan dalam masyarakat, justru seharusnya dapat menjadi sumber kekayaan yang memperkuat pertahanan negara kita NKRI dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang keberagaman masyarakat Indonesia, semoga dapat menjadi pelajaran untuk makin mempererat persatuan dan kesatuan Bangsa.

Tinggalkan Balasan