Kehebatan Prajurit Denjaka, Pasukan Khusus TNI AL

0
312
kehebatan Prajurit Denjaka

Hai Sobat militer kali ini kita akan membahas kembali tentang salah satu satuan khusus TNI yang telah terkenal kehebatannya baik di dalam maupun luar Negeri, yaitu Kehebatan prajurit Denjaka / Detasemen Jalamangkara.

Pada edisi sebelumnya kita telah membahas tentang pasukan Khusus TNI AD yaitu Kopassus dimana didalamnya terdapat satuan paling Khusus yaitu Sat – 81 Gultor. Kali ini kita akan kembali membahas Profil pasukan paling khusus TNI AL yaitu Denjaka.

Serupa Dengan Sat – 81 Gultor, Denjaka merupakan pasukan sangat Khusus yang keberadaannya dan persenjataannya sangat dirahasiakan. Namun kehebatannya sangat ditakuti oleh Militer luar negeri karena telah mampu berprestasi di Medan Tugas maupun medan Latihan.

Satuan ini merupakan pasukan yang mempunyai keahlian khusus sebagai pasukan penanggulangan anti teror khususnya teror diwilayah laut seperti penanganan bajak laut dan teror laut lainnya.

Ketangguhan Pasukan ini karena diisi oleh anggota – anggota pilihan dan memiliki kemampuan diatas prajurit Marinir lainnya yang juga merupakan satuan gabungan dari satuan elit lainnya seperti Intai amfibi Marinir dan Komando Pasukan Katak ( Kopaska ).

Personel personel tangguh tersebut kembali harus didik dalam Pendidikan Penanggulangan Teror Aspek Laut ( PTAL ) yang mana tak semua Prajurit Marinir dapat lolos pendidikan ini.

Sebagai Pasukan Khusus, Pasukan ini Nyaris tak tercium media tentang Jumlah personel dan persenjataannya, bahkan dalam penugasan resmipun pasukan ini acapkali bertindak tanpa diketahui masyarakat pada umumnya.. Keberadaannya hingga kini nyaris tak diaku, hitam. Penugasan Denjaka pun hitam, acap kali tak tercatat secara resmi.

TNI AL sebagai penjaga kedaulatan negara di wilayah lautan memang mempunyai tugas sangat strategis dan sangat berat karena selain mempunyai luas wilayah yang sangat besar juga banyak wilayah yang langsung berbatasan dengan negara lain seperti Filiphina dan Vietnam serta Australia.

Hal tersebut menyebabkan ancaman yang datang terhadap gangguan kedaulatan negara di wilayah lautan sangat besar, Hal ini membuat TNI AL harus mempunyai satuan yang berisi orang benar-benar tangguh agar dapat menjalankan Tupok dengan baik. dan beban itu salah satunya harus di tanggug oleh Denjaka.

Sejarah Pasukan Khusus TNI AL : Denjaka

Berdirinya Detasemen Jalamengkara merupakan bentuk perwujudan dari keinginan pimpinan TNI khususnya TNI AL saat itu untuk memiliki satuan Khusus yang beranggotakan Prajurit – Prajurit TNI AL Terbaik yang mempunyai keahlian Khusus penanggulangan Anti Teror.

Penanggulangan Ancaman Teror tersebut khususnya adalah ancaman keamanan yang terjadi di berbagai kendaraan laut baik sipil maupun milik TNI, seperti Kapal Laut Sipil, Kapal perang TNI AL, maupun obyek vital Strategis lainnya yang berada di pantai maupun di tengah laut. Baik ancaman yang berupa sabotase, penyanderaan maupun pembajakan.

Pada awalnya satuan ini bernama Pasusla ( Pasukan Khusus Angkatan Laut ) dengan beranggotakan 70 orang gabungan dari Batalyon Intai Amfibi Marinir ( Taifib ) dan Satuan pasukan Katak ( Satpaska ) dengan diterbitkannya Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut No Skep /2848/XI/1982 tanggal 4 November 1982. Dengan Markas Komando menjadi satu di Markas Koarmabar.

Selanjutnya pada tahun 1984 berdasarkan usulan Kepala Staf Angkatan Laut ( KSAL ), maka Panglima ABRI ( Pangab ) saat itu menyetujui perubahan Pasusla menjadi Satuan Anti Teror melalui Surat Nomor R/39/08/9/2/SPN yang pembinaannya berada dibawa Komanda Korps Marinir ( Dankormar ).

Sedangkan pemakaian nama Detasemen Jalamangkara/Denjaka secara resmi dimulai pada 1997 berdasarkan Surat keputusan KSAL no. Kep/42/VII/1997 tanggal 21 Juli 1997.

Namun Satuan dengan semboyan Satya Wira Dharma tersebut tetap menggunakan 4 November sebagai hari kelahiran yang diperingati setiap tahunnya.

Satuan Denjaka terdiri dari satu Detasemen Markas dengan kelengkapan organisasi seperti Tim Markas, Tim Tehnik dan 3 Tim Tempur dengan sandi Tim Alfa (A), Tim Bravo dan Tim Carlie ll sebagai satuan tempur.

Pendidikan dan Latihan Prajurit Denjaka

Walau telah berisi personel – personel terbaik dari Yon Taifib dan Kopaska, guna meningkatkan kemampuannya para Calon Prajurt Denjaka Harus melalui pendidikan panjang, Berat bagaikan neraka dengan nama Latihan PTAL (Penanggulangan Teror Aspek Laut ).

Dari sumber yang kami dapat latihan ini dibagi menjadi 4 Tahapan seperti Pra Bakti, Pembekalan Teori, Pembekalan Praktek serta Konsolidasi yang dibagi menjadi 165 hari Latihan atau kurang lebih 6 Bulan.

Latihan ini dilaksanakan di Mako Denjaka TNI AL Cilandak serta untuk terori Praktek dilaksnakan di berbagai daerah yang sanagat dirahasiakan guna menghindari pengamatan publik bahkan Prajurit lainnya.

Secara Materi Latihan Pasukan Detasemen Jalamangkara ” Denjaka ” mungkin hampir sama dengan pasukan Anti Teror dari Angkatan Laut Negara Lain, Dimana pada Dasarnya Pasukan ini dilatih beberapa Materi agar mampu mengatasi berbagai Kondisi Khusus dan sangat Strategis dengat Senyap, cepat dan tepat.

Diantara beberapa materi tersebut adalah Taktik lawan anti teror, Selam Kedalaman, Selam Tempur, Infiltrasi bawah Air, Selam SAR, Menembus Gelombang, Pengintaian Hidrografi, Renang Jarak Jauh, Pelolosan diri, Pengendapan, Ketahanan Interogasi, tehnik menguasai dan merebut Instalasi Vital dan Renang dengan Kaki Tangan Terikat serta masih banyak Materi Menakutkan Lainnya. Dimana latihan ini dilakukan di berbagai medan berat baik Darat, laut, Udara maupun Laut Dalam.

Namun Pola Latihan yang sangat keras bahkan dianggap sebagian Angkatan Perang dari negara lain Brutal adalah salah satu alasan yang membuat kemampuan personel Pasukan Denjaka sangat Kuat secara fisik, Ahli dalam Taktik dan Tehnik penanggulangan anti teror membuatnya jadi satuan yang Ditakuti baik oleh kawan maupun lawan.

Senjata yang dipakai Denjaka

Secara detail senjatayang dipakai oleh pasukan Denjaka memang cenderung sangat Rahasia, namun dari berbagai Dokumentasi ada beberapa jenis senjata yang biasa dipakai oleh pasukan Denjaka.

Sebagai Pasukan Khusus, senjata pribadi maupun senjata kelompok yang dipakai oleh Prajurit ini tentunya merupakan senjata – senjata canggig dengan kualitas nomor 1, seperti Pistol Otomatis, Granat asap dan kejut, senapan mesin ringan dan berat serta senjata Sniper.

Untuk Pistol prajurit Denjaka percaya pada ketangguhan Pistol 226 ( Sig Sauer ), Untuk senapan serbu memakai HK 416, Sig 516, G36C dan G36V.

Selain persenjataan personel, Denjaka juga dilengkapi alutsista dan perlengkapan pendukung lainnya seperti Kapal Karet, Kapal berbahan serat kaca, GPS, teropong Night Vision Google ( NVG ) dan lain lain.

Kehebatan Denjaka

Latihan Keras selama PTAL memang akan membuat Para Prajurit Denjaka menjadi Prajurit Hebat dengan seabrek kemampuan sesuai Standar Kualifikasi Personel ( SKP ) yang tidak dimilki oleh Prajurit Lainnya, Kehebatan Prajurit Denjaka itu antara lain seperti :

Perbandingan Prajurit Denjaka adalah 1 : 120

Yup Benar, Latihan yang keras selama pelatihan Yon Taifib, Kopaska dan PTAL menjadikan prajurit Denjaka Diklaim sebagai Prajurit yang mempunyai kemampuan sama dengan 120 Prajurit lainnya dalam setiap Orangnya.

Sehingga anda dapat bayangkan bagaimana Kehebatan Prajurit Denjaka. Kemampuan ini khususnya adalah kemampuan dalam mengatasi teror laut.

Ahli Ilmu Kejiwaan dan Penganalisa keadaaan Khusus

Kehebatan Prajurit Denjaka lainnya adalah memiliki kemampuan sebagai Prajurit yang dapat menganalisa keadaan – keadaan Khusus dan gawat serta mampu menilai kejiwaan seseorang.

Kemampuan ini membuat Prajurit Denjaka merupakan personel yang mampu bernigosiasi secara ulung dimana sekaligus juga mampu membaca kemampuan, kelemahan dan kekuatan musuh sebagai informasi pada pasukan penyerbu.

Mampu lumpuhkan Aksi dalam 15 Menit

Kehebatan Prajurit Denjaka berikutnya adalah mereka dilatih untuk melumpuhkan aksi terorisme dengan cepet dan senyap. dimana aksi sejak persiapan , masuk sasaran, pelaksanaan operasi serta Konsolidasi tidak lebih dilakukan hanya dalm waktu 15 menit.

Demikianlah ulasan tentang Denjaka ” Detasemen Jalamangkara ” sebagai pasukan Khusus TNI AL baik secara sejarah, Latihan, persenjataan dan kehebatan prajurit Denjaka.

Namiun sekali lagi harus kami tekankan bahwa Denjaka merupakan pasukan elit yang dirahasiakan, sehingga masih banyak hal yang belum dapat kami ungkap secara lebih detail guna menjaga kerahasian pasukan ini.

Kami ucapkan terima kasih telah berkunjung ke Situs Blog Militer, kami mengharapkan kritik dan saran yang dapat disampaikan melalui Kolom Komentar atau email kami : acuk37@gmail.com. Jaya Selalu TNI

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan