Meningkatnya Kekuatan Militer China

1 min read

Meningkatnya Kekuatan Militer China

Saat ini, negara China sedang mengembangkan dan meningkatkan kekuatan negaranya di berbagai bidang. Kekuatan global China saat ini sudah bertumbuh sangat pesat.

Anggaran pertahanan militer yang dikeluarkan oleh China pada tahun 2021 adalah sebesar 1.35 triliun Yuan atau setara dengan 209.5 miliar Dollar Amerika. Anggaran tahun ini mengalami kenaikan dari anggaran tahun 2020 lalu yaitu sebesar 6.8 persen senilai 1.27 triliun Yuan.

Namun, anggaran pertahanan yang dikeluarkan oleh China pada tahun 2021 ini masih kurang dari seperempat anggaran militer yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat yaitu sebesar 733 miliar Dollar Amerika.

Akan tetapi, banyak ahli militer yang mengungkapkan bahwa anggaran pertahanan yang dikeluarkan oleh China pasti lebih dari jumlah yang tercatat, mengingat China sangat tidak transparan tentang pembelanjaan pertahanannya karena informasi yang mereka berikan sangat terbatas.

China saat ini sudah memiliki 2.18 juta personel tentara militer aktif yang bisa dikatakan kekuatan militer terbesar di dunia.

Baca Juga:

China juga mempunyai kendaraan lapis baja sebanyak 35,000 unit dan 3,205 tank. China merupakan negara yang sangat kuat dan tangguh di Asia.

Karena persaingan yang ketat, China saat ini sudah memiliki angkatan laut terkuat di dunia dengan jumlah 777 kapal angkatan laut, 79 kapal selam, dan 46 fregat. Jumlah kapal induk yang dimiliki China adalah 3 buah dimana itu menempati posisi kekuatan terkuat kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

China juga dilaporkan bahwa memiliki persenjataan nuklir terkuat di Asia, dengan perkiraan 320 hulu ledak nuklir.

Pemerintah China juga bertekad untuk meningkatkan perangkat keras Tentara Pembebasan Rakyat dari pesawat tempur siluman menjadi kapal induk dan meningkatkan kualitas dan kuantitas personel militer.

China mengeluarkan banyak sekali anggaran pertahanan dikarenakan negara tersebut sedang menghadapi berbagai ancaman keamanan. Namun, banyak negara Asia Tenggara, Asia Timur dan India menghadapi ancaman militer yang serius dari China.

Akibat dari peningkatan kekuatan milter China yang pesat banyak membuat banyak negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia merasa resah.

Peningkatan kekuatan militer China ini sangat mengkhawatirkan adalah perilaku agresif dan koersifnya dalam mengejar ambisi geopolitik dan strategisnya di Laut China Selatan dan Laut China Timur. Alasan lain China mengembangkan kekuatan militernya adalah China merupakan negara yang menentang supremasi Amerika Serikat, yang merupakan satu-satunya negara adidaya di dunia.

error: Alert: Content is protected !!