Kekuatan Militer Indonesia Terbaru yang Bikin Bangga

0
233
Essay Militer

Kekuatan Militer Indonesia Terbaru yang Bikin Bangga,- Indonesia menjadi salah satu negara dengan penduduk terbanyak sedunia. Namun apabila pemerintah tidak gentar dalam memfokuskan ke sistem pertahanan, banyaknya tentara di tanah air ini juga tidak akan diperhatikan.

Indonesia memiliki personil aktif sekitar 435 ribu serta 540 ribu lainnya sebagai cadangan. Hal ini menunjukkan bahwa anggota terlatih sangat banyak serta tidak akan terwujud apabila pemerintah masih menyepelekan hal keamanan dan pertahanan dalam suatu negara.

Tidak hanya menang dalam segi kuantitas, kualitas baik personil tentara di Indonesia pun terkenal di beberapa penjuru negara lain. Pasukan elit seperti Kopassus, Denjaka, Satbravo dan lain-lain sudah diakui mutunya oleh mata dunia.

Kekuatan TNI Angkatan Darat di Mata Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kualitas militer Indonesia sudah diakui oleh mata dunia. Begitu pun kekuatan Angkatan Darat tidak bisa dianggap enteng, perlengkapan meliputi tank sejumlah 418, peluncur roket sebanyak 86 dan ribuan kendaraan berlapis baja lainnya.

Koleksi tersebut menyebabkan Indonesia memiliki urutan kekuatan militer nomor 14 dari 133 negara sedunia bahkan terkuat di kawasan Asia Tenggara. Pencapaian tersebut patutnya harus dibanggakan sebab banyak bangsa dipercaya cukup unggul namun menduduki rangking di bawah negara Kita ini.  

Nyatanya dalam bidang militer, Indonesia telah menduduki rangking di atas negara-negara seperti Australia, Israel, Iran. Jadi tidak diragukan lagi fokus negara untuk memaksimalkan kekuatan sistem pertahanan.

Kekuatan TNI Angkatan Udara Juga Tidak Main-Main

Tidak hanya angkatan darat saja, nyatanya kekuatan udara pun juga dimaksimalkan oleh personil TNI. Indonesia saat ini memiliki alutsista udara sejumlah 441 unit, mencakup pesawat tempur, penyerang, helikopter dan perlengkapan lainnya.

Indonesia kini memiliki jenis mesin perang yaitu jet tempur F-16 sejumlah 33 unit. Selain itu juga telah membidik Sukhoi Su35 sebanyak 11 buah. Perlengkapan ini dipercaya akan mengisi kekuatan angkatan udara kisaran tahun 2020-2024.

Namun, hal ini tidak mengartikan bahwa Indonesia ingin cepat menggunakan beberapa perlengkapan tersebut untuk keperluan perang. Mengingat kembali ke momen kelam bangsa, saat sistem pertahanan masih lemah maka penyerangan dari negara lain pun sangat susah ditaklukkan.

Kekuatan TNI Angkatan Laut Dipercaya Ditakuti oleh Negara Lain

Angkatan Laut juga diberi perhatian dalam sistem kekuatannya dengan melengkapi beberapa alutsista yang jumlahnya tidak kalah seperti TNI AD dan AU. Saat ini, Indonesia memiiki sedikitnya kapal selam 4 unit, kapal patroli sejumlah 74, 12 buah kapal perang dan masih ada lagi aset lainnya.

Apabila dihitung secara keseluruhan, Indonesia memiliki aset angkatan laut kurang lebih sekitar 221 unit. Cukup banyak bukan jika dibandingkan dengan negara tetangga? Hal inilah yang membuat kekuatan TNI AL juga diwaspadai oleh dunia.

Saat ini kabarnya Indonesia sudah bisa memproduksi kapal selam sendiri yang dipercaya spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan buatan Korea Selatan. Nyatanya pemerintah telah bekerja bagus dalam membangun sistem pertahanan negara baik dari kekuatan darat, udara hingga laut.

Banyaknya Anggaran untuk Membangun Kekuatan Militer Indonesia Terbaru

Selain unggul dalam bidang perlengkapan dan kekuatan, ternyata Indonesia berada di urutan teratas yaitu nomor 2 di kawasan Asia Tenggara untuk segi anggaran militer. Pemerintah telah menyiapkan sekitar $6,9 miliar demi memperkuat sistem pertahanan.

Anggaran tertinggi dipegang oleh negara tetangga yaitu Singapura telah menyiapkan budget sebanyak $9,4 miliar. Sungguh angka fantastis, namun hal ini dilakukan demi meningkatkan kekuatan militer apabila terjadi sesuatu nantinya yang dapat membahayakan pertahanan suatu bangsa.

Tingginya budget yang dianggarkan Indonesia dalam bidang militer menjadi faktor mengapa koleksi perlengkapan dan alutsista para TNI cukup lengkap serta membuat negara lain tidak berani mengusik untuk mengadakan perang.

Teknologi Canggih Terbaru yang Rencana Didatangkan ke Indonesia

Pada tahun 2020 ini, dikabarkan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo sedang giat-giatnya menambah alutsista di tanah air mulai dari kapal selam sampai jet tempur. Dengan begitu, militer Indonesia pun akan bertambah kuat dan canggih. Beberapa di antaranya ialah:

Sukhoi Su -35

Indonesia berencana mendatangkan Su – 35 untuk meregenerasi beberapa pesawat tempur yang mulai dimakan usia seperti F-5 Tiger.

Sukhoi Su – 35 merupakan pesawat tempur terbaru Rusia yang merupakan pengembangan dan Modernisasi dari pesawat tempur sebelumnya Su – 27.

Sukhoi Su – 35 merupakan pesawat generasi 4,5 G ( 4++ ) yang merupakan pesawat multirole atau merupakan pesawat yang mempunyai banyak peran ( multi peran ) dengan daya jelajah yang panjang / jauh.

Pesawat tempur canggih yang oleh NATO kode Flangker – E ini benar – benar membuat banyak negara mengantri mendapatkannya, Hal ini karena banyak kelebihan yang tertanam dalam teknologi Su – 35.

Kapal Scorpene

Dalam kunjungannya menuju Paris, Menteri Prabowo Subianto tertarik untuk mendatangkan kapal Scorpene ke tanah air sebab memiliki beberapa fitur unggulan mulai dari membawa ranjau darat hingga 30 buah dan mempunyai kecepatan 37 kilometer per ham di air.

Scorpene memiliki empat tipe, yang pertama AM-2000 lebih tahan lama dalam menyelam. Lalu CA-2000 mempunyai ukuran lebih kecil sebab berfungsi menjaga pantai. Kemudian S-1000 dan S-BR, keduanya mampu bekerja tanpa menimbulkan suara sehingga susah dideteksi lawan.

Indeks Kekuatan Militer Indonesia Terbaru

Urutan kekuatan militer Indonesia yang menduduki urutan ke 16 ternyata dihasilkan oleh survei dari Global Fire Power pada tahun 2019. Badan ini menunjukkan dengan suatu indeks (Pwrlndx) dimana apabila angka tersebut semakin mendekati 0 maka bertambah sempurna pertahanan suatu negara.

Indonesia memiliki level 0,2804, posisi ini di bawah Pakistan namun bisa lebih unggul dibandingkan Korea Utara dan Israel. Kekuatan militer teratas masih dipegang oleh Amerika Serikat dengan indeks 0,0615, Rusia peringkat kedua (0,0639) serta China urutan ketiga (0,0673).

Survei oleh Global Fire Power didasarkan oleh 55 indikator yang menggunakan sebuah formula unik dan menyimpulkan bahwa luas sebuah negara tidak sebanding dengan kekuatan militernya, bahkan bisa dikalahkan oleh bangsa lebih kecil namun mempunyai teknologi militer canggih.

Peringkat Kekuatan Militer Indonesia di Dunia

Kini Indonesia menduduki urutan ke 16 berada di atas negara lain seperti Israel, Spanyol dan Australia, cukup membanggakan bukan? Hal ini bisa dicapai sebab perolehan-perolehan yang sudah disebutkan di atas mulai dari jumlah personel hingga perlengkapan setiap angkatan TNI.

Dari keseluruhan populasi sekitar 263 juta penduduk, Indonesia diperkirakan memiliki kuantitas personil TNI sebanyak 800.000. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk tinggi di negara ini pun juga akan meningkatkan jumlah anggota tentara.

Banyaknya jumlah perlengkapan di setiap angkatan baik darat, udara hingga laut juga dimiliki oleh Indonesia. Negara ini menduduki rangking 30 dalam kuantitas armada pesawat sebanyak 451, peringkat ke 43 memiliki 41 pesawat tempur dan urutan 52 mempunyai tank tempur sebanyak 315.

Itulah beberapa kabar mengenai kekuatan militer Indonesia terbaru. Perkembangannya menunjukkan hal yang patut dibanggakan sebab berhasil mencapai peringkat cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara lainnya.  dan menunjukkan kualitas militer Indonesia yang tangguh

Tinggalkan Balasan