Kelebihan Penggunaan Strategi Militer Dalam Bisnis

24
429
kelebihan dan kekurangan strategi militer dalam bisnis

Hai Sahabat Blog Militer Indonesia pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan analisa Kelebihan dan Kekurangan Strategi Militer Dalam Bisnis , dalam usaha memaximalkan usaha dan Bisnis yang Kita Miliki.

Kalian tentu sering melihat ada seorang anggota militer yang hidup serba berkecukupan, sedangkan bila dilihat dari gajinya tentu tidak akan mampu hidup sedemikian rupa. Hal ini karena sebagian dari mereka mempunyai usaha sampingan dengan menggabungkan Strategi militer dalam strategi bisnis yang dilakukan sehingga bisnisnya makin berkembang dan tidak hanya bergantung pada gaji yang mereka miliki.

Hal ini juga dikarenakan para anggota militer juga telah terbiasa dalam merenacakan strategi yang akan diambil dalam melumpuhkan dan mengalahkan musuh dalam peperangan. Dimana sejatinya ada banyak kemiripan dalam Strategi mengalahkan musuh dalam medan perang maupun pesaing dalam medan Bisnis.

Saat ini persaingan bisnis tak ubahnya layak sebuah peperangan dalam militer, Pola persaingan situasi dan tujuannya pun hampir sama, jadi bukanlah hal yang mustahil apabila kita menerapkan strategi militer dalam bisnis

Untuk itu bagi kalian para pemuda dan pelaku usaha kiranya sudah mulai melirik penggunaan Strategi Militer dalam Bisnis, Hal ini karena dengan penerapan Strategi militer yang konsisten, saya yakin Bisnis dan usaha yang anda lakukan juga akan makin berkembang dengan Baik. Sebelumnya mari kita ketahui dulu Apakah pengertian Strategi Militer dan Strategi Bisnis ?

Apakah pengertian Strategi Militer dan Strategi Bisnis ?

Ada banyak pengertian Strategi militer namun saya ambil 1 pengertian yang menurut saya paling relevan, Strategi Militer adalah sebuah taktik dan teknik militer yang digunakan oleh organisasi militer untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan sebagai suatu cara dalam memenangkan pertempuran / peperangan .

Didalamnya ada berbagai cara mulai dari penyusunan personel, Pembenahan Pangkalan, Pelatihan personel hingga peyiapan materril yang akan digunakan dalam peperangan.

Sementara Strategi Bisnis adalah Suatu upaya perusahaan / perseorangan perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan, untuk memenuhi dan mencapai tujuanĀ Bisnis. ( sumber : jurnal ID )

Dari pengertian diatas sebenarnya ada persamaan antara strategi bisnis dan strategi militer yaitu suatu kebijakan / cara yang diambil suatu organisasi atau seseorang dalam mencapai target dan sasaran yang diinginkan. Dan dengan penggunaan Strategi Militer dalam Bisnis tentunya akan makin membuka peluang bisnis makin berkembang dan maju.

Teori penggunaan Strategi militer dalam bisnis mulai mengemuka pada awal tahun 1980an dimana seorang tokoh terkenal bernama Michael Porter membuat suatu teori dalam berbisnis dengan nama Teori Positioning.

Dalam Teori Positioning Michael Porter yakin bahwa strategi perusahaan merupakan alat mencapai keunggulan kompetitif dalam persaingan industri yang sangat ketat seperti halnya peperangan dalam ranah militer.

Contoh Taktik dan Tehnik penggunaan Strategi Militer dalam Bisnis

Ada beberapa contoh penerapan Taktik dan tehnik Strategi Militer dalam berbisnis yaitu antara lain :

Berbisnis dengan Strategi Bertahan

Strategi militer pertama yang dapat digunakan dalam berbisnis adalah Strategi Bertahan, Strategi ini lebih cocok digunakan dalam bisnis yang telah berkembang dengan pesat dan menjadi pemimpin / leader dibandingkan dengan pesaing – pesaing bisnisnya yang yang serupa.

Strategi ini dilakukan dengan menerapkan kebijakan, Taktik / cara berbisnis untuk memperkuat posisi dalam pasar, mengurangi pengaruh serang para pesaing serta mengalihkan serangan tersebut agar tidak berpengaruh terhadap bisnis yang sedang kita jalankan.

Ada beberapa Karakteristik Bisnis yang Cocok dengan penggunaan Strategi bertahan yaitu mempunyai pangsa pasar terbesar dalam produk yang mereka jalankan, mempunyai keunggulan produk bila dibandingkan dengan para pesaing dengan produk serupa dan terakhir merupakan pusat orientasi para pesaing untuk ditiru dalam produk yang di bisniskan.

Berbisnis Dengan Strategi Menyerang

Strategi militer kedua yang dapat digunakan dalam berbisnis adalah Strategi Menyerang, Dalam strategi ini kita akan mengambil tindakan untuk menyerang para leader dalam menggerus keunggulan yang mereka miliki dan beralih menjadi keuntungan bagi bisnis yang kita jalankan.

Strategi ini cocok digunakan intuk para penantang utama dalam persaingan bisnis yang dijalankan, dimana Bisnis yang cocok dalam menjalankan strategi menyerang yaitu Merupakan perusahaan dengan omzet yang cukup besar baik omzet penjualan maupun omzet keuntungan.

Hal ini Karena akan berhadapan langsung dengan produk sang leader atau pemimpim pasar yang sedang bertahan, Strategi ini akan terus bergerak menyerang dengan mencari kelemahan – kelamahan produk sang leader untuk diambil keuntungan dalam produk sendiri, Strategi ini juga dapat dilakukan dengan mengumpulkan kekuatan yang berasal dari perusahaan – perusahaan kecil yang mempunyai produk serupa.

Dengan Strategi menyerang ini kita harus terus berinovasi dan mencari tahu kelbihan – kelbihan lawan untuk kita modifikasi lebih baik serta mencari tahu kelemahannya untuk terus kita serang.

Berbisnis Dengan Strategi Pelambungan

Taktik strategi militer yang dapat digunakan dalam berbisnis selanjutnya adalah Strategi Pelambungan, Strategi ini cocok digunakan oleh para Pebisnis UMKM atau dengan omzet kecil dimana para pesaingnya terlau kuat untuk di hadapi,

Inti dari Strategi ini adalah dengan tidak berhadapan langsung dengan para pesaing dan pebisnis besar, melainkan dengan berusaha mencari peluang dan berinovasi dari dari produk turunan dari para pesaing yang kita miliki.

Kita harus mencari peluang dengan mengetahui kebutuhan konsumen yang belum terwadahi oleh para pesaing dan memberikan ciri khas sendiri terhadap produk yang kita jual. Strategi ini berhasil dilakukan oleh Mc Donald’s untuk bersaing dengan perusahaan yang telah lebih dulu besar di bidang fast Food seperti KFC dan CFC.

Selain itu juga juga dapat menerapakan strategi membaur dengan perusahaan / Bisnis besar yang telah lebih dulu berkembang, dengan hal tersebut kita akan dapat memperoleh keuntungan dari pasar yang telah dimiliki oleh perusahaan besar yang telah mendahului ada. Strategi ini antara lain dilakukan dengan berbinis Franchise.

Analisa Kelebihan dan Kekurangan Strategi Militer Dalam Bisnis

Dalam setiap Metode maupun cara tentunya semuanya tak ada yang sempurna, hal ini juga berlaku pada penggunaan Strategi militer dalam Bisnis, antara lain :

Kelebihan penggunaan Strategi Militer Dalam Bisnis

  1. Bisnis kita akan lebih mempunyai tujuan dan arah yang jelas dalam perkembangannya kedepan.
  2. Menumbuhkan Konsistensi terhadap tujuan awal melakukan bisnis atau mendirikan sebuah perusahaan.
  3. Menumbuhkan kebiasaan untuk selalu melakukan pengamatan atau observasi dalam setiap pengambilan keputusan bisnis.
  4. Selalu menyiapkan rencana yang matang sebelum melakukan aksi ( perang ) di pasar dalam berbisnis.
  5. Mempunyai stuktur organisasi atau perusahaan yang jelas
  6. Mempunyai pembagian tugas yang jelas pada setiap personel yang terlibat dalam Bisnis.
  7. membiasakan mempunyai rencana cadangan apabila rencana utama gagal.
  8. Membiasakan personel yang terlibat dan bekerjasama dengan kita untuk Disiplin.

Kekurangan penggunaan Strategi Militer Dalam Bisnis

  1. Kaku dan menjenuhkan . Bila kita mampu berinovasi maka organisasi yang kita lakuakan akan terasa kaku dan menjemuhkan karena selalu melakukan rutinitas dan pekerjaan yang telah direncanakan. sehingga tidak ada kejutan – kejutan kecil yang memantik emosi.
  2. Terbatasnya Kretivitas. Dengan penerapan strategi militer yang kaku juga dapat menyebabkan terkekangnya kretivitas anak buah dalam melakukan inovasi dalam berbisnis. padahal inovasi juga merupakan hal yang sanagat penting demi kemajuan usaha. hal ini dapat diantispasi dengan pelatihan pelatihan yang dapat memicu kretaivitas pelaku usaha dan bisnis baik secara seminar maupun webinar bisnis.

Kesimpulan

Bahwa pada dasarnya Strategi Militer dan Strategi Bisnis mempunyai banyak persamaan secara prinsipal, sehingga Strategi militer dapat diterapkan dalam Bisnis, Bahkan sebagian perusahaan yang telah mencoba menerapkan dalam bisnisnya sukses menjelma menjadi pebisnis yang Handal.

Kemampuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan pesaingnya sehingga dapat merencanakan setiap kegiatan dengan detail dan tujuan yang jelas merupakan kelebihan yang akan kita peroleh bila menerapakan strategi militer dalam bisnis.

Namun begitu kita tentunya tetap harus memiliki kemampuan untuk berinovasi dan berkembang dengan menyesuaikan keadaan persaingan pasar yan saat ini sedang berlangsung.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Analisa kelebihan dan penggunaan strategi militer dalam bisnis , semoga bermanfaat dan dapat terus memacu semangat kita untuk berbuat lebih baik.

24 KOMENTAR

  1. Wah berarti selama ini saya menjalankan bisnis dengan strategi militer dong, soalnya cara saya sama seperti artikel ini šŸ˜…

  2. Biasanya Strategi ini digunakan Untuk jangka panjang dan Juga memiliki cadangan strategi jika terjadi hal2 yang mendesak.

  3. Kebetulan saya juga sedang mengembangkan bisnis. Saya baru tahu kalau strategi militer bisa diterapkan dalam dunia bisnis. Boleh lah, saya akan terapkan!

  4. btw gan ada typo tuh kelebihannya ada dua kali haha
    bener emang bisnis itu dasarnya kalo mau sukses harus direncanain dengan mateng tapi saya nggak nyangka sih ternyata bisa dihubungin sama militer. mantap

  5. Itulah salah satu kelebihan jika anggota militer menjalankan suatu bisnis, karena sudah mempunyai pengetahuan strategi militer yang ternyata dapat diterapkan juga dalam bisnis tersebut.

    • hampir semua perusahaan sebenarnyya telah melaksanakan ini mas, karena ada persamaan prinsip, salah satunya Mcd donald dimana ketika baru mulai menggunakan strategi menyerang dan saat sudah terkenal seperti saat ini menggunakan strategi bertahan

  6. Bisnis trasnporter, kayak di film hollywood tuh, perlu bgt strategi dan keahlian militer..hehehe
    Tp kira2di indo ada yg pake gak ya?

  7. Valid banget sih kalo ini.. Strategi militer emang cocok banget buat bisnis.. Sikap” yang udah tertanam itu yang sangat membantu di dunia bisnis nantinya

  8. Ternyata selama ini strategi militer juga bisa diaplikasikan pada bisnis ya? Saya punya bisnis kecil-kecilan hanya yang penting jalan, enggak pernah benar-benar membuat tujuan dan pendangan jangka panjang. Terima kasih untuk ilmunya kak.

  9. Dapat menambah pengetahuan umum, mengenai dunia militer , strateginya bahkan ada hubungan dengan strategi bisnis. Terimakasih infonya bermanfaat

Tinggalkan Balasan