Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Keterampilan yang wajib dimiliki, CALON TNI !!!

1 min read

literacyMILITER – Menjadi seorang Prajurit TNI bukanlah suatu yang mudah, selain tekad yang kuat kalian juga harus memiliki beberapa keterampilan dasar agar bisa menjadi Prajurit.

Baca Juga:

Seorang Prajurit TNI adalah garda terdepan dalam mempertahankan kedaulatan negara, yang harus siap menghadapi musuh yang datang dari dalam dan luar negeri. Apa saja keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Prajurit ??

Kemampuan Jasmani

Kemampuan Jasmani adalah kemampuan yang paling utama bila ingin menjadi seorang Prajurit TNI. Hal ini karena dalam seleksi ada materi kesamaptaan yang mengukur kemampuan jasmani para calon Prajurit baik berupa tes kesegaran jasmani yang terdiri lari, Pull Up, Push Up, Sit Up dan Suttle Run dan Tes Ketangkasan yaitu kemampuan renang, tak hanya sampai disitu setelah menjadi prajurit pun Kemampuan Jasmani harus tetap dijaga agar mampu melaksanakan tugas pertempuran dengan baik. Dan kemampuan jasmani akan terus diukur setiap periodik/semester guna menjaga dan meningkatkan profesionalisme TNI.

Kemampuan inteligensia

Kemampuan Intelegesia atau kecerdasan individu untuk bereaksi secara cepat adalah kemampuan kedua yang harus dimiliki oleh setiap calon prajurit yang ingin lolos dalam tes penerimaan amggota TNI. Jangan berharap masuk TNI hanya butuh fisik kuat, karena pada kenyataannya setelah aktif sebagai Prajurit juga akan menerima pengetahuan umum seperti Matematika, Fisika dan penhetahuan Umum Lainnya.

Kemampuan Mental

Prajurit Identik dengan latihan yang berat dan Disiplin yang tinggi, untuk menghadapi itu semua diperlukan calon calon prajurit yang tangguh dan tak mudah menyerah. Hal ini diperlukan agar prajurit mampu melaksanakan semua tugas yang diberikan padanya.

Kemampuan Bela Diri

Sebagai Prajurit Kemampuan Bela Diri adalah hal penting yang harus dimiliki, hal ini dikarenakan seorang anggota TNI akan dipersiapkan untuk menghadapi musuh di garis depan. Selain untuk menghadapi musuh di medan perang, kemampuan Bela Diri juga berguna untuk membentuk mental seorang calon Prajurit agar siap mengikuti latihan militer yang terkenal berat.

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Penulis : Mayor Inf Acuk

loading…
Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!