Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Komodo 4 X 4 Miisile Launcher, Senjata Pertahanan Udara Buatan Indonesia

1 min read

Hai sahabat Blog Militer Literacy Militer.com kita kali ini akan membahas tentang Komodo 4 X 4 Miisile Launcher, Senjata Pertahanan Udara Buatan Indonesia.

Komodo 4 X 4 missile Launcher

Setelah lama tidak membahas dan Analisa Alutsista dikarenakan berbagai hal, terutama kesibukan mimin untuk sama sama ikut mencegah penyebaran Wabah/Virus Corona.

Malam ini, Mimin akan kembali membahas tentang Alutsista buatan anak dalam Negeri PT. PINDAD, Komodo 4X4 Missile Launcher. Kendaraan Taktis tangguh dengan kemampuan senjata pertahanan udara yang dipergunakan oleh satuan Arteleri Pertahanan Udara ( Arhanud ) TNI AD.

Baca Juga : Helikopter Tercanggih di Dunia

Yup … Komodo 4X4 Missile Launcher adalah salah satu kendaraan taktis kebanggaan negara ini, Kendaraan taktis yang dirancang guna memenuhi kebutuhan alutsista TNI AD dalam mempertahankan kedaulatan Udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.  

Baca Juga:

Kendaraan taktis yang mempunyai kapasitas 4 orang ini, sedikit berbeda dengan Varian Komodo lainnya dimana transmisinya menggunakan transmisi manual dalam perpindahan gigi – gigi percepatannya.

Senjata Pertahanan Udara

Sesuai dengan peruntukannya yaitu untuk menjaga pertahanan udara, maka disematkanlah peluncur ( Launcher ) Rudal MANPADS ( Man Portable Air Defense System ) Mistral, yang diletakkan di bagian belakang sang kendaraan taktis.

Baca Juga : Kopassus, Pasukan Khusus TNI AD

Disekitar dudukan peluncur rudal ini ada terdapat plat plat yang dapat dilipat dan siap digunakan saat satuan penembakan siap melaksanakan operasinya. Sedangkan dibawahnya ruang penyimpanan Rudal yang muat untuk 4 Rudal sebagai cadangan penembakan.

SPESIFIKASI

Berikut spesifikasi Kendaaran Taktis Komodo 4 X 4 Missile Launcher yang diklaim dapat menahan serbuan senjata hingga kaliber 7,62 mm, seperti dilansir oleh situs resmi Pindad, Sbb :

Panjang                    :           6.3 m

Lebar                         :           2.3 m

Tinggi                        :           2.4 m

Berat Kosong          :           7.5 tons

Kapasitas BBM       :           150 L

Kecepatan                :           80 km/h on highway 30 km/h on off road

Transmisi                 :           Manual

Alat Komunikasi     :           Intercom Set

Dengan tinggi kendaraan mencapai 2,4 meter diperlukan pijakan ( Foot Step) khusus yang ditempakan dibagian depan kendaraan sebelah kanan

Demikian analisa singkat tentang Komodo 4 X 4 Miisile Launcher sebagai senjata Pertahanan Udara, yang tentunya diharapkan mampu untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) yang kita Cintai ini.

Jangan lupa Share artikel tentang Komodo 4 X 4 Miisile Launcher, Senjata Pertahanan Udara Buatan Indonesia ini. Kami Juga harap masukan dan saran guna kelangsungan blog kami !!! Terima Kasih

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!