Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Penggunaan Komputer Dekstop ( PC ) Dan Dampaknya Bagi Dunia Militer

3 min read

komputer-pc-dekstop-militer

Komputer merupakan salah satu bukti kecanggihan teknologi yang digunakan di hampir setiap jenis pekerjaan. Bahkan untuk para mahasiswa, mereka menggunakan komputer untuk menyelesaikan banyak tugas. Juga dengan para pekerja kantoran. Lalu bagaimana penggunaan Komputer Dekstop ( PC ) di dunia militer? Apa Dampaknya ?

Baca Juga:

Meski identik dengan pertahanan dan peperangan tetapi komputer dalam dunia militer sangatlah berperan penting.

Mengingat saat ini perang bukan lagi tentang adu fisik dan senjata saja tetapi juga tentang bagaimana kecanggihan teknologi bisa dikuasai atau dioperasikan.

Baca Juga : Cara Merubah Rekaman Suara menjadi Teks online

Beberapa fungsi dan juga penggunaan komputer di dunia militer adalah untuk  mengendalikan senjata dan peluru kendali, membuat simulasi perang, sebagai navigasi dari alat-alat perang dan memiliki dampak positif negatif tersendiri di dalam dunia militer.

Untuk mengetahui bagaimana persisnya penggunakan Komputer Dekstops ( PC ) ini, berikut beberapa fungsi penting komputer di dunia militer.

Komputer Dekstop ( PC ), Penggunaan Dan Dampaknya Bagi Dunia Militer

1. Navigasi Alat-alat Perang

Penggunaan dan fungsi komputer di dunia militer yang pertama adalah sebagai navigasi alat-alat perang.

Komputer bisa dijadikan sebagai navigasi alat perang seperti sonar dan radar. Radar itu sendiri memiliki singkatan radio detection dan ranging.

Alat ini memang hampir mirip dengan sonar tetapi menggunakan gelombang radio sebagai pengganti gelombang suara.

Untuk gelombang radio dipancarkan dan dipantulkan lagi menggunakan benda keras yang diterpanya.

Jadi semakin jauh beda yang terkena gelombang tersebut maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk gelombang bisa kembali.

Bentuk benda dan juga jaraknya ditayangkan pada sebuah layar mirip dengan televisi.

Radar ini dikembangkan di tahun 1930an serta digunakan untuk perang dunia II yang mana waktu itu berfungsi dalam mendeteksi kedatangan pesawat musuh.

Tetapi saat ini radar dimanfaatkan untuk banyak hal seperti kapal laut, pesawat terbang untuk melihat keadaan sekelilingnya di waktu malam hari dan juga dalam kondisi kabut tebal.

Berbeda halnya dengan sonar yang merupakat alat untuk menemukan kapal selam bawah laut.

Alat ini dulunya diciptakan oleh Inggris di Perang Dunia II untuk memburu kapal selam Jerman yang menenggelamkan banyak kapal milik sekutu.

2. Simulasi Tempur

Simulasi merupakan program komputer dengan fungsi menirukan perilaku sistem nyata atau realitaas tertantu.

Tujuan dari simulasi adalah untuk pelatihan atau training dan sebagai hiburan atau permainan. Beberapa contoh simulasi komputer seperti simulasi terbang, simulasi sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, antrian layanan bank, simulasi Tempur, simulasi tenaga listrik, simulasi mobil dan simulasi tata kota.

Penggunaan dan funsi komputer di dunia militer memang sebagai alat dalam simulasi Tempur dimana hal ini sangat penting dibutuhkan.

Contohnya adalah ketika US Army mencoba model pertempuran yang menghubungkan tiap prajurit dengan sistem senajta secara elektronis.

Bahkan tim dari Motorola dan Laboratorium US Army di Natick juga merencanakan suatu prototipe yang digunakan untuk tentara masa depan.

Mereka merencanakan helm prajurit yang bisa dilengkapi dengan mikrofon untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.

3. Mengendalikan Senjata dan Peluru Kendali

Penggunaan dan fungsi komputer Dekstop ( PC ) di dunia militer yang berikutnya adalah untuk mengendalikan sejata atau sebagai peluru kendali.

Komputer difungsikan untuk bisa melakukan simulasi dari perilaku sistem senjata. Komputer juga membantu jalannya praktik untuk orang yang dilatih.

Dimana hal ini memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer bisa merekam kinerja yang berlatih dan juga menampilkannya lagi.

Cukup banyak anggota militer yang masuk medan perang dengan pengalaman terbatas mereka dalam penggunaan amunisi dimana disinilah peran dan fugnsi komputer dibutuhkan.

Komputer mampu mengidentifikasi target dan juga mengarahkan peluru mereka. Tentara dan juga senjatanya bisa dilengkapi dengan GPS yang mengidentifikasi lokasi teman atau lawan.

Komputer juga bisa membantu menciptakan penangkal senjata yang canggih seperti penangkal rudal. Misil merupakan senjata roket militer yang bisa dikendalikan.

Biasanya memiliki sistem pengendali otomatis untuk bisa mencari target atau dalam menyesuaikan arah. Penggunaan ini juga membutuhkan teknologi yang bagus.

Kemajuan pesat yang hadir dalam teknologi informasi ini memang diterapkan dengan konsep Perang Informasi atau Information Warfare.

Hal inilah yang menjadi landasan penting untuk pengembangan teknologi militer yang akan datang. Teknologi informasi juga sangat berpengaruh terhadap tiap perubahan strategi militer. Sebab secara strategis, perang informasi ini memiliki arti yang penting karena berhubungan dengan masyarakat.

Saat ini manusia tidak lagi menjadi target utama utnuk perang tetapi berbagai informasi yang dimilikinya.

Baca Juga : Cara Membobol WiFi

Ini juga yang menjadi penyebab mengapa banyak pemerintahan atau organisasi tertentu yang mengabiskan banyak dana dalam memebntuk organisasi pengumpulan dan pengolahan informasi tentang segala sesuatu yang menjadi ancaman bagi keamanan mereka.

tanpa adanya ifnormasi yang akurat maka banyak kegagalan di dalam dunia militer.

Penerapan teknologi di dunia militer sama halnya dengan penggunaan dan fungsi komputer di dunia militer.

Mampu mengendalikan senjata dan peluru. Bisa juga untuk operasi persandian dan pengirimannya.

Selain itu, teknologi juga dimanfaatkan untuk navigasi kapal laut ataupun kapal selam, serta simulasi peperangan dan pengiriman sandi rahasia militer.

Ketika penguasaan teknologi informasi ini baik maka bukan hal mustahil bisa mengalahkan lawan atau musuh.

Banyak hal yang bisa ditaklukkan menggunakan sarana teknologi informasi ini termasuk komputer. Misalnya saja seperti penggunaan program kecerdasan buatan yang bisa mensimulasikan formasi dan kekuatan musuh dimana memungkinkan serang jadi lebih efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Penggunaan komputer memang tidak hanya pada organisasi militer saja tetapi pihak juga memungkinkan mereka dalam melakukan perlawanan. Seperti halnya teroris yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu senjata mereka.

Dampak Komputer ( PC ) di Dunia Militer

Ada dua dampak pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia militer. Untuk dampak positifnya, teknologi informasi seperti komputer mampu mempercepat penyampaian informasi dimana berdampak pada kecepatan pengambilan keputusan.

Sementara dari sisi pasukan, teknologi informasi ini juga membantu pasukan dalam memperoleh informasi di waktu dan tempat yang tepat dimana pasukan jadi lebih fleksibel untuk bergerak.

Teknologi informasi juga meningkatkan kualitas pemilihan strategi yang menggunakan Decision Support System. Dampak positif lainnya adalah meningkatkan akurasi dan keandalan teknologi persenjataan dengan rekayasa hardware dan juga software.

Dengan penggunaan dan fungsi komputer di dunia militer, maka besar kemungkinan untuk menaklukkan musuh dengan sarana teknologi informasi ini.

Sementara untuk dampak negatifnya, penyalahgunaan satelit oleh teroris bisa dilakukan seperti melacak kondisi tempat mereka dalam melakukan kejahatan.

Baca Juga : Cara Mengerjakan Tes Koran

Dengan media internet juga, pelaku teroris bisa berkomunikasi sesama anggotanya dalam mencari pengikut.

Tidak hanya itu, teknologi yang kian canggih ini memberi celah untuk menciptakan teknologi senjata pemusnah massal seperti senjata nuklir dan senjata biologi yang dikhawatirkan menjadi ancaman besar untuk suatu negara.

Dampak negatif lainnya yang menjadi ancaman adalah memungkinkan adanya jenis perang yang kualitatif berbeda. Misalnya seperti Perang Teluk dimana penguasaan pengetahuan mengungguli senjata dan juga taktik yang ada.

Penggunaan dan fungsi komputer di dunia militer memang luar biasa. Mampu membantu simulasi perang, sebagai navigasi alat-alat perang dan lain sebagainya.

Sayangnya meski ada banyak manfaat tersebut, ada bayang dampak negatif yang dikhawatirkan. Meski sejauh ini, penggunaan teknologi informasi sangat dibutuhkan.

Akhir Kata

Demikian sobat Blog Militer pembahasan kita kali ini tentang Komputer Dekstop ( PC ), Penggunaan Dan Dampaknya Bagi Dunia Militer. Semoga Bermanfaat. Salam Literacy.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!