Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Komunikasi Publik

2 min read

unsur unsur dan contoh komunikasi publik

Sebagai makhluk sosial kita tidak akan lepas dengan komunikasi antar sesama, baik itu perorangan ataupun pada orang yang lebih banyak atau one to many. Untuk itu kita dituntut memiliki kemampuan berbicara, menulis bahkan mendengarkan dengan baik. atas dasr pentingnya ilmu berkomunikasi tersebut yuk kita coba sama sama untuk belajar tentang Komunikasi Publik, Pengertian dan bagaimana caranya.

Komunikasi Publik

Mungkin kita sudah familiar mengucapkan Namanya Siapa ? Tinggalnya dimana ? No HP yang bisa dihubungi berapa atau juga bahasa basa basi lainnya, dimana dasarnya hal tersebut merupakan bagian dari ilmu berkomunikasi.

Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi, perubahan gaya hidup serta lingkungan organisasi mengakibatkan adanya perubahan pola komunikasi dari one to one menjadi One to many bahkan menjadi many to many.

Menurut pakar komunikasi Dr. Ahmadriswan Nasution Komunikasi Publik adalah komunikasi publik adalah pertukaran pesan dengan sejumlah orang yang berada dalam sebuah organisasi atau yang di luar organisasi, secara tatap muka atau melalui media.

Memahami Komunikasi

Sebelum memasuki pada topik pokok tentang komunikasi publik kita harus memahami dulu tentang apa itu komunikasi, jadi komunikasi pada dasarnya adalah segala UPKT ( Upaya, Pekerjaan, Kegiatan dan tindakan dalam mencapai kesamaan.

Baca Juga:

Sehingga dicapai Mutual understanding / Saling pengertian, Mutual of Agreement / Kesepakatan bersama dan Mutual of Action / Saling Aksi bersama.

Dengan demikian komunikasi merupakan proses dan efek yaitu proses penyampaian pesan kepada pihak / orang lain baik dengan cara direct atau langsung dan menggunakan perantara media yang ada.

Dimana diharapkan bahwa Komunikasi berefek atau berdampak pada adanya perubahan prilaku sesuai yang diinginkan.

Unsur – unsur Dalam Komunikasi

Dalam berkomunikasi ada beberapa unsur yang akan selalu terlibat yaitu :

  1. Sang Komunikator atau Sumber, dimana idelanya bahwa dalam setiap proses komunikasi san sumber idelanya memiliki kredibilitas yang baik terutama di mata sang lawan komunikasi.
  2. Message atau Pesan,  merupakan unsur komunikasi yang kedua. dimana untuk menghasilkan sesuatu yang baik pesan harus jelas baik itu secara verbal maupun non verbal.
  3. Channel juga merupakan unsur penting dalam komunikasi, dimana media yang digunakan sebagai channel menyampaikan pesan dalam komunikasi harus jelas dan memiliki kredibilitas tinggi.
  4. Receiver atau penerima pesan adalah unsur komunikasi selanjutnya yang juga harus dapat diidentifikasi secara tepat.
  5. Dan Unsur terakhir adalah Effect, Effect adalah unsur yang diharapkan dari proses komunikasi yaitu perubahan prilaku. Dimana yang awalnya tidak yahu menjadi tahu, yang tidak mau menjadi mau, tidak mampu menjadi mampu dan tentu harus dalam keadaan senang serta menghibur.

unsur komunikasi

Analisis Publik

Guna mencapai hasil komunikasi yang baik kita juga pelu analisis publik, yaitu yang pertama dengan memahami karakterisktik Demografis, Sosiografis dan Psikografis Komunikan yang akan kita ajak berkomunikasi.

Kedua adalah dengan mempunyai data dan informasi yang lengkap, dimana hal ini menjadi modal kita untuk menarik empati dari komunikan.

Sang Komunikator juga harus masuk ke Komunikan/ publik yang akan kitak ajak berkomunikasi untuk mendapatkan simpati.

Dan terakhir adalah dengan melaksanakan komunikasi secara harmonis sehingga jalannya komunikasi dapat efektif.

Merancang Pesan Komunikasi

Dalam sebuah komunikasi publik kita harus merencanakan pesan komunikasi yang akan disampaikan, dimana pesan tersebut dapat dilakuka dengan 2 cara yaitu Verbal maupun Non Verbal.

Pesan Verbal

Verbal adalah menyampaikan pesan komunikasi dengan kata kata, hal ini harus dilakasanakan 1. menyampaikan kronologis dan urutan kejadian dengan lengkap dan jelas 2. dilaksanakan dengan deduktif, dimana uraian yang bersifat khusus dan rinci 3. Logis, disampaikan juga faktor penyebab dan dilanjutkan penjelasannya serta 4. pesan harus disusun secara sistematis.

Pesan Non Verbal

Sedangkan Non verbal adalah pesan komunikasi dengan tingkah laku atau tanpa kata kata, hal ini dilakukan dengan 1. Kinesik, yaitu Gesture, posture dan facial atau raut muka 2, Paralinguistik, yaitu melalui Intonasi, artikulasi dan volume yang pas 3. Artifaktual, yaitu pesan komunikasi yang disampaikan melalui pakaian, kosmetik dan aksesori 4. Proximity dan 5. sentuhan.

Contoh Komunikasi Publik

Ada beberapa Contoh komunikasi Publik yang saat ini sering dilaksanakan yaitu :

  1. Surat Edaran dari pemerintah baik pemerintah daerah mengenai PSBB/PTKM guna membatasi penyebaran pandemi covid 19 adalah salah satu contoh komunikasi publik.
  2. Orasi para calon kepala daerah saat Pilkada.
  3. Himbauan yang dilaksanakan pemerintah untuk 3M ( Menjaga Jarak, mencuci tangan dan pakai masker )

Akhir Kata

Nah begitulah tadi pembahasan kita tentang Komunikasi Publik. Dimana perkembangan teknologi dan informasi juga telah ikut berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan tak luput juga dengan bagaimana cara kita berprilaku sebagai seorang individu maupun bagian dari sebuah kelompok masyarakat atau organiasasi.

Terima kasih telah mampir ke Blog Militer , jangan lupa share dan bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat bagi banyak orang. Terima Kasih

 

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!