Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Kostrad : Prajurit Profesional Dan Disegani

1 min read

Hai sahabat Analisis Militer Blog, Kali ini kita ada membahas Profil Kostrad ( Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ), Sebagai salah satu Pasukan Elit yang dimiliki Militer Indonesia.

kostrad
kostrad.mil.id

TNI AD selaku salah satu Matra ( Kecabangan ) di TNI yang mempunyai tanggung jawab melaksanakan tugas TNI Matra Darat di bidang pertahanan, menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain, pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat dan pemberdayaan wilayah pertahanan wilayah ( Perpres 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI ) membagi satuannya menjadi beberapa Komando Utama ( Kotama ) baik tempur maupun teritorial ( Wilayah) .

Baca Juga : Kopassus

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ( KOSTRAD ) adalah salah satu bagian Komando Utama Tempur TNI AD yang dipimpin oleh seorang Panglima dengan Pangkat Letnan Jenderal, yang dari segi pembinaan bertanggung jawab langsung pada KASAD dimana saat ini Panglima Kostrad ( Pangkostrad ) dijabat oleh Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan.

Sejarah Kostrad

Pada tahun 1960 dilatar belakangi situasi mendesak terutama sengketa dengan belanda atas Irian Barat, Pimpinan TNI AD menganggap perlunya membentuk satuan yang memiliki kemampuan Lintas Udara ( LINUD ) yang siap menjalankan operasi tempur di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga:

Guna hal tersebut KASAD Jenderal TNI A.H. Nasution mengeluarkan Surat Keputusan No KPTS.1067/12/1960 yang akhirnya ditindaklanjuti dengan pembentukan kelompok kerja yang diketuai Deputi 1 Kasad Brigjen TNI Soeharto.

Baca Juga : Urutan Pangkat TNI AD

6 Maret 1961 akhirnya berhasil diresmikan Cadangan Umum Angkatan Darat ( CADUAD ) dimana Mayjen TNI Soeharto ditunjuk sebagai panglima KORRA I CADUAD. Setelah berjalan kurang lebih 2 tahun dan berdasarkan pengalaman yang dimiliki, Mayjen TNI Soeharto mempunyai ide perlunya dibentuk Pasukan Cadangan Strategis. Ide tersebut disetujui oleh KASAD dengan keluarnya Skep Kasad No KTPS 178/2/1963 tgl 19 Februari 1963 diputuskan bahwa KORRA I CADUAD resmi menjadi KOSTRAD.

Tugas Pokok Kostrad

Sebagai Kotama Tempur TNI AD KOSTRAD mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi militer baik berdiri sendiri maupun bagian dalam suatu operasi gabungan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )

Organisasi

Guna melaksakan tugas pokoknya Satuan ini dibagi menjadi 3 divisi antara lain :

  1. DIVISI 1 KOSTRAD ( PRAKASA VIRA GUPTI )

Satuan ini merupakan salah satu Divisi Infantri jajaran Kostrad yang mempunyai Markas Komando di Cilodong Depok Jawa barat dan memegang kendali memegang kendali atas beberapa satuan tempur diwilayah Indonesia bagian barat.

  • DIVISI 2 KOSTRAD ( VIRA CAKTI YUDHA )

Komando pelaksana opersional yang kedua adalah Divisi 2 Kostrad yang mempunyai Markas Komando di Singosari Malang Jawa timur dan memegang kendali memegang kendali atas beberapa satuan tempur diwilayah Indonesia bagian tengah.

  • DIVISI 3 KOSTRAD ( DARPA CAKTI YUDHA )

Divisi 3 Kostrad merupakan Satuan baru yang mempunyai Markas Komando di Bontomaru Gowa Sulawesi Selatan dan memegang kendali memegang kendali atas beberapa satuan tempur diwilayah Indonesia bagian timur.

Demikian Profil singkat KOSTRAD sebagai salah satuan elit TNI AD yang ditulis berdasarkan pengetahuan penulis Mayor Inf Acuk Andrianto diambil dari beberapa sumber antara lain http://tniad.mil.id dan http://kostrad.mil.id.

Editor : Letda Inf Arif Dian Prasetyo ( Akmil 2016 ) 06 MARET 2020.

DIRGAHAYU KOSTRAD KE 59 SEMOGA SELALU MENJADI PRAJURIT PROFESIONAL DAN DISEGANI

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!