lagi, Coast guard Cina di Zona ZEE Indonesia

0
50

literacyMILITER – Sejak ditemukannya Kapal nelayan Vietnam dan kapal ikan Cina yang dikawal oleh armada Coast guard pemerintah Cina di perairan Natuna yang masih merupakan Zona Ekonomi Eksklusif ( ZEE ) Indonesia.

TNI yang dikomandoi TNI AL memperketat peraturan dan pengawasan terhadap nelayan illegal y.ang berasal dari Cina dan Vietnam.

Untuk itu TNI AL mengerahkan pesawat CN -235 MPA yang telah dibekali radar surveilance canggih untuk melaksanakan patroli udara diperairan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Selasa (04/02/2020)

BERITA DISARANKAN

Dan pada pelaksanaan patroli udara tersebut, dari jarak 222 Km pesawat ini mendeteksi keberadaan kapal fregat besar milik Coast Guard Cina dengan nomor lambung CCG-5305 sedang berkeliaran di perairan Natuna Utara untuk mengawal kapal nelayan mereka di Zona Eksklusif Indonesia, seperti dilansir oleh Instagram @puspenerbal ( by official puspenerbal )

kegiatan melintas di ZEE sebenarnya diperbolehkan dan tidak melanggar peraturan, namun keberadaan mereka biasnya adalah mengawal kapal kapal nelayan mereka. Dan mereka itulah yang sering melanggar peraturan. Guna melindungi kedaulatan Indonesia maka TNI AL perlu untuk melakukan identifikasi visual dan mengawal kapal tersebut saat melintasi ZEE Indonesia.

( Red | literacyMILITER | Acuk )

Tinggalkan Balasan