Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Langkah Berpikir Kritis Dan Kreatif Serta Implementasinya

4 min read

Langkah Berpikir Kritis Dan Kreatif Serta Implementasinya

Langkah Berpikir Kritis Dan Kreatif – Dalam kehidupan sehari – hari kita akan selalu dihadapkan dengan permasalahan dan persoalan. Entah itu kalian mahasiswa, TNI, POLRI, PNS atau siapun kalian pasti akan ada persoalan yang harus segera diatasi.

Nah dalam memecahkan persoalan tersebut kalian memerlukan kemampuan berpikir baik berpikir kritis mupun berpikir kreatif.

Lalu bagaimana langkah – langkah berpikir kritis dan kreatif ? 

Nah untuk mengetahuinya kalian simak pembahasan berikut ini hinga selesai ya, sehingga mengerti dan faham pengertian dan bagaimana implementasinya.

Pengertian Berpikir Kritis Dan Kreatif

Nah dari beberapa modul dan sumber literasi yang kami baca, berpikir kritis adalah Proses atau kemampuan yang digunakan untuk memahami konsep, menerapkan, mensintesis dan mengevaluasi informasi yang diperoleh atau informasiyang dihasilkan.

Baca Juga:

Sedangkan berpikir kreatif adalah suatu kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memperhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan – kemungkinan baru , melihat dari susut pandang berbeda dan membangkitkan ide ide tak terduga atau out of the box.

Manfaat dan Kegunaan Berpikir Kritis Dan Kreatif

Nah berpikir secara kritis dan kreatif tentunya mempunyai manfaat dan kegunaan yang sangat diperlukan dalam memecahkan permasalah dalam kehidupan sehari- hari antara lain :

Kegunaan Berpikir Kritis

  1. Perluasan Ide, kegunaan pertama berpikir kritis adalah dapat lebih mudah melihat ide – ide baru yang cemerlang dimana hal ini dapat dikembangkan dalam memperoleh penyegaran dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan baik maslah kedinasan maupun masalah dalam proses belajar – mengajar.
  2. Inovasi Terbaru, dengan berpikir kritis juga akan dapat membantu menemukan jalan keluar dari suatu permasalahan, hal ini akan membangun inovasi baru yang paling tepat dan sesuai untuk dilakukan.
  3. Kreatifitas Lebih Maximal, Kegunaan berikunya berpikir kritis adalah dapat meningkatkan kretaifitas dan menemukan langkah baru dalam menuangkan pikiran yang berbeda.

Kegunaan Berpikir Kreatif

  1. Menikmati masalah, lho kok ? yang dimaksud dengan menikmati masalah disini adalah dengan berpikir kreatif kalian akan mampu menghadapi masalah tanpa terbebani bahkan akan menjadikan suatu masalah sebagai suau tantangan yang harus dipecahkan.
  2. Positif Thingking, dengan berpikir kreatif kalian juga akan selalu memupuk rasa optimistis, berbaik sangka dan selalu tampil percaya diri.
  3. Sukses Dalam Hubungan Sosial, Kegunaan selanjutnya adalah kedekatan dengan semua komponen sosial.
  4. Memperoleh Kebahagiaan, Dengan berpikir kreatif kalian juga dapat membantu diri sendiri dan orang lain memperoleh kebahagiaan.
  5. Memberikan Kepuasan, yup bener. Kalian akan meraskan kepuasan ketika bisa memecahkan berbagai permasalahan.

Langkah – Langkah Berpikir Kritis

1.  Mengenali Masalah ( Defining and clarifiying Problem )

Dalam mengenali masalah ada beberapa langkah yang dapat dilakuan antara lain :

  1. Mengidentifikasi permasalahan pokok.
  2. Membandingkan kesamaan dan perbedaan.
  3. Memilih informasi yang relevan.
  4. Merumuskan Masalah

2. Menilai Informasi Yang Relevan

Dengan cara :

  1. Menyeleksi fakta, opini dan hasil nalar.
  2. Mengecek Konsistensi.
  3. Mengidentifikasi Asumsi.
  4. Mengenali kemungkinan faktor stereotip.
  5. Mengenali kemungkinan bias, emosi, propaganda dan salah penafsiran kalimat.
  6. Mengenali kemungkinan perbedaan orientasi nilai dan idiologi.

3. Pemecahan Masalah / Penarikan Kesimpulan.

Setelah mengenali masalah dan menilai informasi yang relevan maka langkah berpikir kritis selanjutnya adalah menarik kesimpulan dengan mengenali data yang diperlukan dan meramalkan konsekuensi yang mungkin terjadi dari keputusan yang diambil.

Langkah – Langkah Berpikir Kreatif

1. Persiapan.

Langkah pertama berpikirkreatif adalah melakukan persiapan, yaitu menyiapakan diri untuk berpikir kreatif baik dalam bentuk pendidikan formal maupun informal berupa pengalaman dll.

2. Penyelidikan.

Langkah berikut ini diperlukan untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang masalah atau keputusan yang akan diambil.

3. Transformasi.

Langkah transformasi dilakukan dengan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan informasi yang telah terkumpul.

4. Inkubasi / Penetasan.

Langkah Inkubasi dilakukan dengan menyiapkan pikiran bawah sadar untuk merenungkan informasi yang terkumpul.

5. Penerangan.

Nah penerangan akan muncul jika pada langkah imkibasi terjadi pemecahan masalah secara spontan dan menyebabkan munculnya titik terang.

6. Pengujian.

Pengujian menyangkut validasi keakuratan dan manfaat ide-ide yang muncul dapat kita lakukan pada masa percobaan, proses simulasi, tes pemasaran dan aktivitas lainnya yang dirancang untuk membuktikan ide-ide baru yang akan di implementasikan.

7. Implementasi.

Nah langkah atau tahap terakhir dalam berpikir kretaif adalah implementasi dengan mentransformasikan ide dalam praktik kehidupan sehari – hari.

Implementasi Berpikir Kritis Dan Kreatif

Setelah membahas tentang bagaimana cara atau langkah berpikir kritis dan kreatif sekarang kita berdiskusi dengan contoh persoalan atau study kasus dibawah yuk ! Kita jawab bersama sama ya.

Contoh permasalahan ( Study Kasus )

Suatu waktu kita mendapat perintah dari pemerintah atau satuan untuk berdinas di wilayah kepulauan dan pesisir pantai dengan profesi penduduk sebagian  besar adalah nelayan tradisional.

Kondisi ekonomi masyarakat masih  banyak yang dibawah garis kemiskinan dikarenakan kurangnya pengetahuan para nelayan dalam pengolahan hasil tangkapan dan  kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan pekarangannya.

Baca Juga : Strategi Tes Koran

Hal ini  diperparah dengan banyaknya anak-anak yang tidak bersekolah dengan  alasan minimnya sarana sekolah di daerah kepulauan. Dengan konsep  berfikir kreatif, hal-hal apa saja yang bisa kita siapkan untuk mengatasi permasalahan agar dapat berhasil di daerah penugasan ?

Jawab ( Contoh )

Dalam menjawab pemasalahan ini tentunnya tak ada kata salah dan benar, hal ini dikarenakan perbedaan sudut pandang kita dalam menilai masalah tersebut.

Namun berdasarkan langkah berpikir kritis dan kreatif ada beberapa hal yang dapat kita lakukan antara lain :

1.  Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengunpulkan data dan memperoleh keterangan pendukung sebanyak – banyaknya dengan mempelajari kondisi idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya daerah yang akan menjadi tujuan penugasan kita.

2. Selanjutnya setelah kita mengetahui situasi dan kondisi daerah penugasan yang akan kita hadapi langkah berpikir kreatif berikutnya adalah  memahami masalah yang akan dihadapi.

Hal ini dilakukan dengan melihat suatu permasalahan dari beberapa sudut pandang berbeda yang dapat kita lakukan dengan membaca beberapa sumber literasi dan melakukan wawancara terhadap beberapa penduduk tujuan penugasan.

3. setelah memahami masalah yang terjadi, langkah berikutnya adalah dengan melakukan brainstorming atau pengumpulan ide dengan terlebih dahulu mengetahui penyebab permasalahan.

4. Setelah terkumpul ide – ide maka kita selanjutnya harus membuat rencana kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah penugasan.

Contoh dalam kasus ini adalah dengan membuat rencana penyuluhan tentang pengolahan hasil tangkapan dan  kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan pekarangannya dengan menyiapkan tenaga tenaga  pendamping yang telah didik atau profesional dibidangnya.

Selain rencana utama tentunya kita juga harus menyiapakan rencana alternatif jika rencana utama tidak berhasil mnyelesaikan masalah.

5.  Setelah membuat rencana kegiatan, sebelum kita melakukannya di daerah penugasan maka rencana tersebut harus diuji dan dicoba.

Hal ini bisa dilakukan saat pra tugas atau menunggu waktu keberangkatan ke daerah penugasan, kita harus memastikan bahwa rencana yang kita buat akan dapat diimplementasikan di daerah penugasan.

6. Nah setelah rencana berhasil diuji dalam masa pra tugas, langkah selanjutnya adalah action atau melaksanakan rencana kegiatan tersebut.

Nah implementasi rencana kegiatan ini harus dimulai saat kita tiba di daerah penugasan dengan memperhatikan situsi dan kondisi terbaru.

7. Selanjutnya Implementasi dan pelaksaan kegiatan harus di evaluasi secara terus menerus. Dengan mengevaluasi kegiatan yang dilaksanakan, maka kita akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari rencana kegiatan dan penyelesaian masalah yang telah kita lakukan.

Dari hasil evaluasi ini kegiatan kedepannya harus diperbaiki agar mendapat hasil yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan penugasan.

Nah ibarat roda maka langkah ini terus berlanjut dan berputar kembali hingga akhirnya menemukan penyelesaian masalah yang diharapkan.

Disclaimer : Contoh penyelasaian diatas adalah menurut pemahaman dan sudut pandang penulis setelah mempelajari cara berpikir kritis dan kreatif. Dan dimungkinkan ada jawaban lain sesuai dengan sudut pandang masing – masing.

Kesimpulan

Nah tiba di pengakhiran, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa kombinasi berpikir kritis dan berpikir kreatif akan menghasilkan solusi yang menyeluruh, efektif dan efisien.

Demikianlah pembahasan tentang cara dan langkah berpikir kritis dan kreatif, semoga dapat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan dan penugasan kita. Salam Literasi.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!