Makin Panas, Turki Gelar Latihan Militer Besar

0
185
LATIHAN MILITER TURKI

Blog Militer,- Ankara – Turki Menggelar latihan Militer di laut Mediterania Timur, latihan yang akan dilaksanakan Hingga 11 September 2020 itu meningkatkan ketegangan Turki Dengan Uni Eropa ( 30/08/2020 ).

Ketegangan di mediterania meningkat sejak beberapa waktu lalu ketika Turki mulai mengerahkan Kapal Riset Orucreis ke mediterania Timur, selain Kapal Riset Turki juga mengerahkan kapal Pengeboran Minyak dan Gas.

Latihan Militer Angkatan Perang Turki ini membuat Uni Eropa mengancam akan menerapkan Sanksi terhadap Turki. Sedangkan Turki sendiri melalui Hulusi Akar sebagai menteri Pertahanan mengatakan bahwa Latihan yang digelar merupakan salah satu cara dalam membela kedaulatan Wilayahnya.

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan juga mengecam Perancis yang mengerahkan jet – jet tepurnya ke Siprus . Perancis megikuti latihan militer gabungan di Mediterania Timur bersama Siprus, yunani dan Italia.

Turki Akan Perpanjang Latihan Militer di Laut Mediterania - Medcom.id
ILUSTRASI LATIHA MILITER TURKI ( SUMBER : MEDCOM.ID )

Latihan Militer Turki

Dalam latihan Militer ini Turki mengerahkan armada tempurnya di pantai Iskenderun. hal ini kemudian juga memicu Yunani mengerahkan kapal dan pesawat tempurnya ke Pulau Kastellorizo yang berjarak hanya 2 Km dari Turki.

Sedangkan Siprus melalui menteri luar negerinya Florence Parfi juga menyiapkan armada tempurnya dengan mengerahkan 3 Jet tempur Rafale, Beberapa Kapal perang dan jet tempur lainnya guna menghadapi Turki.

Sengketa ini memanas sebenarnya setelah ditemukan cadangan minyak dan gas di laut Mediterania Timur dimana Yunani bergerak cepat dengan meneken beberapa proyek pembangunan jaringan pipa migas.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh PM Yunani Kyriakos Mitsotakis, PM Israel Benjamin Netanyahu dan PM Siprus Nikos Anestasiadis. Disusul dengan keterlibatan Perusahaan Total dari Perancis dan Eni dar Italia dalam Eksploarasi Migas di Mediterania.

Karena Merasa Geram terhadap beberapa negara tersebut yang mengincar minyak di mediterania tersebut, akhirnya Turki mengerahkan kapal pengebor Yavuz ke areal cadangan gas yang diincar Perancis dan italia.

BACA JUGA :

KEHEBATAN MILITER CHINA

LYRIC PESAWAT TEMPUR

PESAWAT MILITER INDONESIA

Turki menyebutkan bahwa Proyek yang sedang dikerjakan perusahaan Total milik Perancis dan Eni Milik Italia tersebut adalah Illegal dan Invalid.

Presiden Turki Erdogan dibuat geram karena dikeroyok beberapa negara dalam hal ini. Baik negara dari UNi Eropa maupun Pakta pertahanan atlantik utara atau biasa disebut NATO.

Erdogan menegaskan bahwa negaranya tidak akan gentar menghadapi tekanan dari banyak negara bahkan dalam dialog lainnya. Erdogan mengecam Presiden Perancis Emmanuel macron yang makin memanas – manasi keadaan.

Berbeda dengan Perancis. jerman melalui menteri luar negerinya Heiko Maas mencoba meredam ketegangan di mediterania tersebut dengan mendesak Turki dan Yunani berdialog dan menghindari perang dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang ada.

Dalam keterangan lainnya Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengecam tindakan negara – negara UNi Eropa yang menekan Turki. Dia mengatakan bahwa langkah Uni eropa mengancam Turki dengan penerapan sanksi tidak akan menyelesaikan keadaan.

Turki Sendiri menyebutkan Bahwa Latihan Militer yang digelar oleh negaranya telah dilaporkan ke sistem Navigasi maritim International ( Navtek )

Baca juga beberapa tips psikologi penting lainnya : Strategi dan Tips Tes Koran, Tes Psikologi Gambar, Menggambar orang , Menggambar Pohon, Tes Wartegg , Tips Lolos Akmil atau berita penting lainnya Sejarah lahirnya pancasila, Urutan Pangkat TNI AD serta urutan pangkat TNI AL

Jangan Lupa juga bagi dan share bila dirasakan artikel ini bermanfaat serta kritik dan saran bila ada kekurangan baik komen di kolom komentar atau email ke alamat email admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb

Tinggalkan Balasan