Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

2 min read

makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi Bangsa Indonesia

Hai Sobat, Kita kembali belajar tentang wawasan kebangsaan yuk. Agar kita tahu bahwa bagaimana cara merawat kemerdekaan yang telah para pejuang usahakan dengan mengorbankan segala hal yang mereka punya. Nah kali ini kita akan membahas tentang makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.

Kita tentu telah mengetahui bahwa Proklamasi Kemerdekaan menjadi puncak dari seluruh perjuangan bangsa Indonesia dilakukan pda tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta yang merupakan kediaman Soekarno.

Kata ‘merdeka’ menjadi kado terindah bangsa Indonesia. Karena untuk mendapakan kata tersebut, dibutuhkan pengorbanan luar biasa para pejuang yang telah gugur di medan pertempuran.

Yang menyedihkan adalah, para pahlawan, para veteran yang sudah rela berkorban bahkan nggak sempat menikmati perjuangan mereka.

Semoga mereka ditempatkan di tempat terbaik. Nah, rasanya, sangat tidak etis jika pengorbanan para pahlawan kita sia-sia kan.

Baca Juga:

Mereka bertarung siang malam bak singa mengangkat senjata, eh anak mudah kita masa kini malah gemah gemulai bergoyang-goyang di depan kamera, lalu dibagikan ke semua orang.

Artikel Terkait : Sejarah Lahirnya Pancasila

Menyedihkan memang. Dan tampaknya, generasi yang ngaku-ngaku millennial, generasi emas ini sudah lupa Arti proklamasi bagi bangsa Indonesia.

Sehingga, rasanya kita perlu kembali, merefleksikan diri dengan mengingat-ingat Arti proklamasi bagi bangsa Indonesia yang mulai dilupakan.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi kemerdekaan Indonesia , diumumkan pada bulan Agustus, tahun seribu Sembilan ratus empat puluh lima. Yang saat ini, lagunya sudah kita hafal di luar kepala.

Peristiwa luar biasa ini menjadi sebuah peristiwa sangat penting bagi kita, harusnya loh ya. Jika kita perhatikan, kata proklamasi ini berasal dari kata proclamare, yang merupakan bahasa latin, artinya dalah pemberitahuan kepada banyak orang.

Dan pemberitahuannya bersifat ketatanegaraan. Sehingga, bisa kita simpulkan, bahwa peristiwa proklamasi merupakan pemberitahuan kepada banyak orang akan kemerdekaan sebuah Negara, Indonesia misalnya.

Proklamasi ini tujuannya bukan hanya pemberitahuan kepada masyarakat di Negara tersebut ya, melainkan juga kepada seluruh penduduk dunia.  So, yuk simak makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.

Aspek Hukum 

Ditinjau Dari Aspek Hukum Proklamasi merupakan sebuah pernyataan yang berisi keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia yang membuat hukum kolonial tidak berlaku lagi.

Aspek Historis

Sedangkan dari Aspek Historis, Proklamasi dapat dilihat sebagai titik awal bagi Indonesia sebagai sebuah negara merdeka dan menjadi titik akhir sejarah penjajahan Indonesia.

Aspek Sosiologis

Dari Aspek Sosiologis, Proklamasi memberikan rasa bebas bagi bangsa Indonesia dan merdeka dari penjajah.

Aspek Kultural

Proklamasi menjadi awal dari pembangunan peradaban baru bagi bangsa yang mengakui persamaan harkat dan martabat manusia.

Aspek Politis

Proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan mempunyai kedudukan sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Aspek spiritual

Proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah anugerah dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dab tidak lepas dari doa segenap bangsa.

Puncak Perjuangan

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia selanjutnya adalah puncak perjuangan. Saat belajar PKN, atau sejarah, kita sudah dikenalkan dengan berbagai tanggal-tanggal penting, angka-angka penting yang berkaitan dengan penjajahan ya.

Dimana, masyarakat Indonesia saat itu harus tunduk terhadap penindasan yang dilakukan oleh para penjajahan. Mereka bak babu yang tidak lagi mempunyai harga diri.

Di sisi lain, para pejuang melakukan berbagai macam upaya perlawanan dala mengusi penjajah, segala cara sudah dicoba, mulai dari perjuangan fisik hingga diplomasi. Perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan kita awalnya hanya sebatas lingkup daerah, sayangnya, tidak memberikan hasil yang memuaskan, tidak sesuai yang diinginkan.

Karena merasa gagal berjuang di ranah daerah, para pejuang tangguh kemudian mulai melakukan perjuangan berskala nasional. Karena tujuan utamanya adalah untuk memerdekakan Negara ini. Negara yang bebas dari berbagai ancaman dan penjajahan.

Perubahan Tata Hukum dari Kolonial menjadi Tata Hukum Nasional

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia selanjutnya adalah perubahan tata hukum dari colonial menjadi tata hukum nasional.

Usai merdeka dan memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia mempunyai hak mengubah tata hukum, dari yang awalnya disesuaikan dengan hukum colonial atau menjajahan, menjadi hukum yang sah milik Indonesia.

Kamu tentu tahu dong, bahwa system hukum atau tata hukum yang dimiliki colonial nyaris seluruhnya menyengsarakan masyarakat. Sehingga, diperlukan adanya perubahan tata hukum.

Siap Hidup Sebagai NKRI

Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia selanjutnya adalah siap hidup sebagai NKRI, Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia merupakan sebuah Negara yang sangat kaya, mempunyai kebudayaan yang beragam, mulai dari agama, ras, suku, bahasa, daerah, dan lain sebagainya.

Dan dengan adanya proklamasi, itu artinya kita siap untuk hidup sebagai NKRI, yang meskipun berbeda-beda namun tetap satu, sebagaimana makna dari semboyan kita.

Dengan adanya proklamasi ini diharapkan dapar membuat antar daerah menjadi lebih kuat, dan mempunyai kedaulatan yang penuh.

Baca Juga : Sejarah, Arti Dan Peran Bhineka Tunggal Ika Dalam Upaya Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Mulai dari penyusunan peraturan hingga penataan kehidupan ekonomi. Dan kita tidak lagi dapat dikendalikan oleh penjajah, atau Negara lain.

Itu hanyalah sebagian kecil dari makna proklamasi bagi bangsa Indonesia. Dan tentu, proklamasi mempunyai makna di hati kita masing-masing, yang sifatnya tentu berbeda-beda.

Akhir Kata

Maka, mari kita kembali menekuni dan mempelajari arti proklamasi bangsa Indonesia, dan mencari tahu seperti apa pengorbanan dan perjuangan orang-orang terdahulu.

Karena dengan mengetahui sejarah, maka kita akan sangat mencintai negeri ini. Sebagaimana yang disebutkan oleh Bung Karno, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya.

Demikian sobat pembahsan kita kali ini tentang makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi Bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

 

 

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!