Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

5 Manfaat Ngeblog Saat Ini, Keren Lho !

3 min read

manfaat ngeblog saat ini yang keren

Hai sahabat Blog Militer, selamat datang kembali di blog kesayangan kita bersama. Akhir – akhir ini banyak sekali yang tanya mengapa sebagai seorang tentara saya ngeblog ? atau apa yang kau dapat dari blogging ? Nah dalam artikel ini akan saya jawab dan ulas secara tuntas manfaat ngeblog saat ini, sehingga kalian mengerti apa yang saya rasakan !

Ketika memilih terjun ke dunia blog, maka ada berbagai kesiapan yang harus dimiliki, salah satunya adalah kesiapan mental. Wah, bahkan ngeblog aja butuh kesiapan mental loh. Hal ini karena kan pada umumnya, tujuan utama banyak orang terjun ke dunia blogging adalah ‘mendapatkan manfaat ngeblog’ yang tak lain dan bukan berupa materi. Ini hanya sebagian besar, dan sama sekali tidak bisa dipukul rata.

Tentu, menginginkan manfaat ngebloh berupa materi bukan sesuatu yang ‘dilarang’ apalagi tabu. Bahkan hal ini adalah wajar. Karena di zaman yang serba digital ini, semua orang memang harus bisa bersaing di berbagai elemen demi mendapatkan ‘cuan’. Dan salah satu wadah yang sering dipilih oleh banyak orang adalah ngebloh. Nah, sebenarnya, manfaat ngebloh bukan hanya sekedar materi loh. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu peroleh, dimana, manfaat-manfaat tersebut orientasinya lebih dari sekedar uang bulanan. Daripada penasaran, yuk simak penjelasan berikut.

Manfaat Ngeblog Saat Ini

Hingga kini, masyarakat luar hanya tahu, bahwa satu-satunya manfaat ngelog itu ya mendapatkan cuan. Tentu pendapat ini tidak sebenarnya benar. Karena menfaat yang akan didapatkan oleh setiap blogger tentu akan berbeda. Tergantung dengan tujuan, mengapa ia terjun di dunia blog. Dan akan dibawa kemana nantinya blognya juga akan ditentukan oleh si blogger.

Jika orientasi yang diharapkan hanya sebatas materi, tentu seorang blogger bisa melakukan berbagai cara demi mendapatkan cuan yang melimpah. Dengan tidak memperhatikan kaedah apakah hal tersebut baik atau tidak. Yang penting dia mendapat duit. Semoga kamu tidak menjadi tipe blogger seperti ini. Sementara jika seorang blogger memiliki orientasi materi dan yang lainnya, tentu ia akan mengikuti aturan yang ada. Oke baik, buat kamu yang akan terjun ke dunia blog dan menjadi seorang blogger, yuk tentukan tujuan kamu, dan peroleh beberapa manfaat ngeblog berikut ini.

Baca Juga:

Mengasah Skill Menulis

Manfaat ngeblog yang pertama adalah mengasah kembali skill menulis kamu. Bagaimanapun, sebelum gabung ke dunia blog tentu kamu sudah menyadari, bahwa dunia blog adalah dunianya menulis. Dimana, kamu dituntut agar memiliki skill menulis. Dan cara yang paling ampuh untuk mengembangkan skill menulis kamu adalah dengan terus belatih. Dengan memiliki blog sendiri, tentu kamu akan merasakan sendiri, bahwa ternyata, manfaat ngeblog terhadap skill menulis kamu sangat baik. Hal ini dapat kamu rasakan jika kamu berusaha untuk rutin menulis. Temanya bebas, sesuaikan saja dengan pashion yang kamu miliki. Misalnya memiliki pashion di dunia kuliner, maka kamu bisa mulai menulis dari sana.

Bahkan, penulis kondang di Indonesia, Bang Raditya Dika juga mengasah kemampuan menulisnya di blog loh. Lihat saja sekarang, karena konsistensinya menulis setiap hari telah membuat namanya terkenal se Indonesia. Kamu ingin dong seperti Bang raditya Dika, maka, menulislah.

Berbagi Pengetahuan

Manfaat ngeblog yang kedua ialah berbagi pengetahuan, atau nge-share apa yang kamu ketahui. Hingga kini, kemampuan semua orang dalam membagikan pengetahuanya berbeda-beda. Dan masih banyak yang bingung bagaimana cara membagikan ilmunya kepada orang lain. Hal ini bisa saja dikarenakan keilmuan yang kamu miliki belum disukai oleh orang-orang di lingkungan kamu. Sehingga, agar tetap bisa berbagi, kamu bisa memanfaatkan blog sebagai wadah berbagi pengetahuan. Dengan menggunakan blog, maka kamu dan pembaca akan sama-sama diuntungkan. Kamu beruntung bisa membagikan pengetahuan yang kamu miliki dalam jangkauan yang luas, sementara orang lain bisa mendapatkan pengetahuan yang baru.

Membangun Jaringan atau Relasi

Manfaat ngeblog berikutnya adalah membangun relasi atau jaringan. Jika kamu ingin membangun sebuah relasi yang berbasis offline, tentu bukanlah hal yang mudah. Karena ada berbagai keterbatasan yang akan kamu hadapi. Maka, sudah waktunya kamu membangun relasi online, dengan memanfaatkan keberadaan blog ini.

Caranya mudah kok. Kamu bisa menulis artikel-artikel sederhana yang sesuai dengan pashion kamu. Nah, jika pembaca menyukai tulisan kamu, tentu mereka akan mulai menghubungi kamu melalui beberapa cara, bisa dengan mengirimkan pesan langsung via email yang ada di blog atau sekedar meninggalkan komentar. Semua data pengunjung blog yang meninggalkan komentar bisa kamu jadikan sebagai mailing list, yang dapat kamu gunakan untuk promosi produk. Keren kan.

Blog untuk Bisnis

Sebagian besar masyarakat kita hanya tahu, bahwa penghasilan blog hanya bisa diperoleh dari Google Adsense. Padahal tidak loh. Karena kamu bisa memulai bisnis dengan memanfaatkan blog. Modal yang dibutuhkan juga sangat minimalis. Cara menjadikan blog sebagai wadah berbisnis adalah dengan membuat tulisan berupa review sebuha produk yang akan kamu tawarkan ke konsumen. Dan ketika pengunjung sudah mulai ramai, kamu bisa mulai menetapkan tariff terhadap produk yang telah kamu review tadi. Bisnis satu ini sudah mulai gencar dilakukan oleh banyak masyarakat ya. Karena selain modal kecil, bisnis satu ini juga sangat menjanjikan.

Jualan

Manfaat ngeblog satu ini tidak berbeda jauh dengan manfaat blog untuk bisnis ya, karena sama-sama menawarkan produk. Nah, jika manfaat ngeblog untuk berbisnis mengharuskan kamu menulis sebuah review produk, maka manfaat ngeblog satu ini tidak. Kamu tidak harus membuat sebuah review terhadap produk kamu.

Dan saat ini, banyak para pedagang yang mulai ramai-ramai membuat sebuah blog untuk menawarkan barang dagangan mereka. Selain untuk menjangkau konsumen lebih luas, memanfaatkan blog untuk jualan juga akan membuat bisnis kamu terlihat lebih professional.

Tertarik ? Nah ini saat yang tepat guys buat kamu untuk mulai ngeblog karena domainesia sedang mengadakan promo domain xyz 2021 dan hosting setahun lho. Ini tentunya menjadi tawaran menarik disaat web penyedia hosting dan domain lain sedang mematok harga yang cukup tinggi. Ayoo sikat guys.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa manfaat ngeblog saat ini yang bisa kamu dapatkan. Semua manfaat tersebut memang tidak langsung berorientasi terhadap materi, namun jika kamu telateni, dan jalankan dengan enjoy, semuanya bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah. Semoga bermanfaat.

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!