Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

KFX/IFX : Jet tempur 4,5 G Buatan Indonesia dan Korea

46 sec read

KFX/IFX
jet tempur kfx/ifx, pesawat tempur, Indonesia-Korea Selatan

literacyMILITER.com – Indonesia dan Korea mempunyai proyek prestisius yang tertunda, yaitu proyek pengembangan Jet Tempur KFX/IFX.

Proyek yang akan menjadikan Indonesia berpeluang sebagai negara produsen Jet tempur canggih generasi 4,5 G setara Sukhoi SU -35, Dassault Rafalle ataupun Eurofighter Typhoon.

Analisis Alutsista menyatakan bahwa Program kerjasama pengembangan pesawat tempur antar 2 negara yang letter of intent (LoI ) nya ditandatangani pada tahun 2009 kemudian ditindak lanjuti dengan nota kesepahaman 1 tahun berikutnya di tahun 2010 masih harus menunggu beberapa hal yang harus di negosiasi kembali.

Pada tahun 2016 sebenarnya ada titik terang dengan adanya penandatanganan cost share agreement senilai 18 Triliun.

Pesawat tempur KFX/IFX akan mempunyai purwarupa yang mirip dengan F-35 buatan Amerika Serikat (AS), jet tempur KFX/IFX ini juga akan dibekali dengan kemampuan khusus yaitu jammer elektronik atau singkatnya dibekali dengan kemampuan untuk merusak sistem elektonik musuh.

Baca Juga:

Pesawat tempur KFX/IFX ini juga direncanakan sebagai pesawat semi siluman dimana mesin dari pesawat ini tidak dapat terdeteksi radar.

Bila sesuai rencana Indonesia seharusnya akan mendapat perkuatan kurang lebih 48 Jet tempur KFX/IFX pada tahun 2026. tentunya ini akan memperkuat armada tempur udara kita dan membuat negara semakin disegani oleh negara lain.

Semoga proyek Pesawat tempur KFX/IFX ini akan terlaksana dengan baik dan Indonesia semakin jaya baik di Darat, Laut dan Udara. NKRI harga mati

Editor : Acuk Andrianto

(Red | literacyMILITER )

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!