Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop Dengan Mudah ( Worked )

2 min read

Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online

Hai Sahabat Blog Militer Indonesia kembali lagi bersama saya Cak acuk selaku Mimin literacymiliter.com, Kali ini kita akan kembali membahas Topik menarik yaitu bagaimana cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online, Dan ini sepenuhnya telah dicoba dan berhasil.

Baca Juga:

Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online

Bila Kalian mencari di Google tentang bagaimana cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop / PC kalian akan mendapati banyak web yang memberikan saran menggunakan Aplikasi.

Bahkan tak sedikit pula iklan tentang Aplikasi cara merubah suara menjadi menjadi teks yang menghiasi halaman pertama pencarian Google.

Namun tahukah kalian sebenarnya Google juga telah menyediakan cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online tanpa Aplikasi serta Gratis. Anda hanya perlu terhubung dengan internet.

Bagaimana Caranya ? Yuk kita bahas dan ulas secara lengkap dan anda bisa langsung praktekkan.

Cara Merubah Suara Menjadi Teks dengan Google Docs

Sebelum membahas lebih lanjut, sebelum membahas cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks secara online, tentunya kita harus berterima kasih pada mbah Google yang telah menyediakan hampir semua kebutuhan dunia maya kita secara mudah.

Oke … kita akan langsung pada pembahasan Cara Merubah Suara Menjadi Teks dengan Google Docs, Namun sebelumnya ada beberapa hal yang harus anda siapkan yaitu jaringan internet yang lancar dan Browser Chrome.

Baca Juga : Cara Membobol Wifi

Mengapa ? Karena kita akan melakukannya secara online dan setelah mencoba beberapa Browser ternyata tidak semua mendukung fitur yang dapat mendeteksi suara menjadi teks. Setelah itu anda dapat ikuti langkah – langkah dibawah ini.

1. Cek Setelan Stereo Mix di Laptop / PC anda sudah ter setting dalam mode Set as Default Device

Untuk memastikan setelan Stereo Mix di Laptop / PC anda sudah ter setting dalam mode Set as Default Device, berikut caranya :

a. Masuk ke Control Panel pada Laptop/PC kemudian pilih Hardware and Sound.

Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop Dengan Mudah
Masuk ke Control Panel pada Laptop/PC kemudian pilih Hardware and Sound.

b. Kemudian Klik / Pilih Mode Sound.

c.  Setelah Klik / Pilih Mode Sound maka akan muncul pop up windows sound klik Recording, kemudian klik Stereo Mix. Di pojok kiri bawah akan 2 pilihan enable device dan Default Communication Device kemudian pilih Enable Device.

Di pojok kiri bawah akan 2 pilihan enable device dan Default Communication Device kemudian pilih Enable Device.

Maka samapi disini langkah pertama untuk memastikan Setelan Stereo Mix di Laptop / PC anda sudah ter setting dalam mode Set as Default Device selesai dan lanjut ke cara selanjutnya.

2. Langkah kedua adalah kunjungi situs Google Docs

Untuk mengunjungi Google Docs Kalian bisa langsung ketik di pencarian Browser Chrome anda atau klik saja https://docs.google.com ( Pastikan Chrome sebagai Default Browser ).

3. Pilih Resume Documents

Setelah masuk ke Google docs kali pilih dokumen baru dan Klik Resume ( Jangan pilih Dokumen kosong ya, karena ada kemungkinan mode Klik untuk berbicara / Google Voice tidak ada )

Klik Resume ( Jangan pilih Dokumen kosong )

4. Aktifkan Mode Google Voice

Setelah masuk dalam Dokumen Resume maka untuk aktifkan Google Voice kalian dapat Klik Alat / Tools lalu pilih Pilih Dikte ( Tanda Google Voice ) atau langsung Klik CTRL + SHIFT + S.

Baca Juga : Cara Mengerjakan Tes Wartegg

Maka setelah itu akan muncul tanda Google Voice di sebelah kiri kolom dokumen yaitu tempat dimana tajuk ditambahkan.

Klik Alat / Tools lalu pilih Pilih Dikte ( Tanda Google Voice ) atau langsung
Klik CTRL + SHIFT + S. hingga muncul ikon googlr voice

Nah Selesai kini anda siap untuk Merubah Suara Menjadi Teks Online atau juga kalian dapat langsung berbicara dengan mendekat ke mikrofon laptop / PC anda agar teks yang dihasilkan sempurna.

Jangan lupa sebelum berbicara klik icon google Voice hingga berubah menjadi warna yang menandakan bahwa mikrofon siap beraksi.

Klik icon Google Voice dan Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online telah siap beraksi

Setelah rekaman suara berhasil dirubah menjadi teks maka kalian tinggal Copy Paste di Words agar lebih mudah disimpan,

Akhir Kata

Dengan langkah ini maka teman-teman akan dapat merubah rekaman suara yang kalian miliki menjadi teks dengan Gratis.

Anda juga dapat membuat artikel tanpa susah susah menulis, yaitu cukup dengan berbicara dan merubahnya menjadi teks. Gampang Bukan.

Butuh Hosting yang murah dan Handal dengan layanan Prima ? Kunjungi aja Hosting murah Indonesia

Nah itu tadi pembahasan kita tentang Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks Online di Laptop Dengan Mudah, jangan lupa bagikan agar bermanfaat bagi banyak orang. salam literasi.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!