Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

3 Metode Binter, Cara TNI Wujudkan Pertahanan Negara Yang Tangguh

1 min read

metode binter-literacy militer

Halo sobat Blog Militer yang Kami Cintai dan banggakan, Kita semua tentunya Sudah tahu Tugas Pokok TNI yaitu menjaga Kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah dan Melindungi seluruh warga dan tumpah darah Indonesia. Namun Tahukah Caranya ? Ternyata tidak hanya perang Lho ada cara lain yang berbeda dengan Angkatan Perang lain Di Dunia yaitu Metode Binter ( Pembinaan Tertorial ).

Baca Juga:

Metode Binter

Selain Tugas pokok yang telah dijelaskan secara singkat di atas, TNI AD sesuai Doktrin KEP ( Kartika Eka Paksi ) juga mempunyai beberapa Fungsi yaitu Fungsi Pertempuran, Fungsi Pembinaan Postur dan Fungsi pembinaan Teritorial ( Binter ).

Pengertian Pembinaan Teritorial / Binter sendiri adalah Kegiatan TNI AD dalam membina hubungan dengan segenap lapisan Masyarakat sehingga tercipta Kemanunggalan TNI dan Rakyat untuk didayagunakan bagi kepentingan pertahanan negara matra darat.

Macam – macam Metode Binter

Dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial ada 3 ( tiga ) Metode Binter yang harus dikerjakan yaitu dengan Metode Komsos ( Komunikasi Sosial ), Bakti TNi dan Bintahwil ( Pembinaan Ketahanan Wilayah ).

Metode Binter yang Pertama yaitu Metode Komsos atau Komunikasi Sosial yaitu Suatu cara yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI yang berhubungan dengan rencana untuk memelihara serta meningkatkan keeratan dengan segenap komponen bangsa guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan masyarakat untuk berpartisipasi di bidang pertahanan.

Baca Juga : Senjata Minimi

Metode Komsos dapat dilakukan dengan melakukan Silaturomi dengan Masyarakat, Anjangsana, Sapa Warga, Patroli Wilayah atau juga semua kegiatan yang memungkinkan timbulnya interaksi antara anggota TNI dan Masyarakat. Sehingga diperlukan Ilmu Berkomunikasi yang baik.

Metode Binter Komsos
Contoh Metode Binter dengan Cara Komsos

Metode pembinaan teritorial yang kedua adalah Metode Bakti TNI Yaitu segala upaya, pekerjaan dan kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AD, dalam menyelenggarakan bantuan kemanusiaan untuk menangani masalah – masalah sosial atas permintaan instansi terkait atau inisiatif sendiri dan koordinasi, serta berbagai hal yang terkait dengan penyiapan wilayah pertahanan di Darat dan kekuatan pendukungnya yang dilaksanakan baik secara berdiri sendiri maupun bersama – sama instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya.

Metode Binter Bakti TNI
Contoh Metode Binter dengan Cara Bakti TNI

Baca Juga : Ancaman Militer dan Ancaman Non Militer

Metode Binter yang ketiga adalah Metode Bintahwil ( Pembinaan Ketahanan Wilayah ) yaitu Segala Upaya, Pekerjaan dan Kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan jajaran TNI AD yang berhubungan dengan Perencanaan, Persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran dalam rangka mewujudkan kuat pertahanan aspek darat dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang bekerjasama dengan PEMDA , Instansi terkait / Stakehoder dan komponen bangsa lainnya melalui pembinaan Geo, Demo dan Konsos guna mendukung pencapaian Tupok TNI AD.

metode Binter Bintahwil - literacy militer
Contoh Metode Binter dengan Cara Bintahwil

Kesimpulan

Dengan penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Metode Binter adalah bagian Ilmu Psikologi Massa yang dapat berupa Kegiatan yang sangat penting. Dimana mempunyai Sasaran, Peranan dan Tujuan untuk tercapainya Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI.

Demikianlah pembahasan kita tentang 3 Metode binter sebagai cara TNI dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh sebagai bagian dalam menjalankan tugas pokok yaitu melakukan Operasi Militer Selain Perang. Salam Literasi Militer.

Baca Juga:
Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!