Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .

Militer Terkuat Di Dunia : AS Juara, Indonesia ???

2 min read

Militer Terkuat Dunia hingga saat ini masih di dominasi 2 kekuatan besar dengan Amerika Serikat dan Rusia Sebagai pemimpin di masing – masing Blog militer. Dibawah Amerika serikat dan Rusia ada China yang menjadi kuda hitam kekuatan militer dunia, Negara berjuluk tirai bambu ini mengalami peningkatan luar biasa dalam pengadaan alutsista dan kekuatan personel angkatan perangnya.

Seperti apa yang dirilis oleh sebuah website luar negeri Global Fire Power, Dimana Web ini membuat peringkat Kekuatan militer di Dunia dengan beberapa Parameter Penilaian.

Parameter penilaian kekuatan militer yang mereka buat antara lain menggunakan Faktor Kekuatan Alutsista, Jumlah personel angkatan perang beserta cadangannya, Sumber daya alam yang dimiliki, hingga kondisi Demografi dan Geografinya.

Militer Terkuat di Dunia

Negara adigdaya Amerika Serikat tetap sebagai negara dengan militer terkuat, hal tersebut dinilai dan dipandang dari segi personel maupun alutsista seperti dikutip dalam Majalah Militer Dunia globalfirepower.

Kekuatan Militer Negeri Paman Sam atau United State Amerika ( USA ) ini mendapat nilai dengan indeks 0,0615. AS memiliki sekitar 2,3 juta personel tentara.

Baca Juga:

1,4 juta diantaranya adalah personel aktif dan sisanya pasukan cadangan. Angkatan Udara AS Memiliki total pesawat tempur yang dimiliki sebanyak 13.264 unit.

Baca Juga : Jenis Psikotes TNI

AS juga memiliki Helikopter Tercanggih di Dunia dengan Apache – AH 64E serta helikopter lainnya sebanyak 5.768 unit disusul pesawat tempur latih sebanyak 2.642 unit.

Amerika juga memiliki  2.085 pesawat tempur, 715 pesawat serbu, 945 pesawat angkut untuk mobilisasi pasukan dan peralatan perang.

Angkatan Lautnya juga tidak kalah kuat. Dengan 490 unit alutsista termasuk 20 kapal induk, kapal penghancur, kapal selam dan kapal patroli. Sedangkan Angkatan Darat AS memiliki 39.253 kendaraan tempur lapis baja, 6.289 tank, 1.366 proyektor roket serta lebih dari 3.000 artileri.

Masih menurut Global Fire Power hanya ada 2 negara yang menekan kekuatan militer Amerika serikat dengan kemajuan militernya yang sangat pesat yaitu Rusia dan cina.

Kekuatan Militer Indonesia

Bagaimana dengan kekuatan militer Indonesia ? Sebenarnya kekuatan militer Indonesia sebagai negara Non Blok yang artinya bersikap netral, terhadap seluruh konflik yang ada di dunia, dan selalu berusaha untuk tidak melibatkan kekuatan militer secara besar – besaran.

Namun dengan adanya beberapa Konflik dimulai lepasnya Timor Timur, Konflik bersenjata Aceh dan Papua membuat kekuatan Militer Indonesia mulai berbenah dengan memperkuat Militernya.

Salah satunya adalah dengan meluncurkan program MEF ( Minimum Essential Force ) atau kekuatan pokok minimum, yang dicanangkan mulai tahun 2007 dan diharapkan tercapai di tahun 2024.

Program ini bertujuan untuk modernisasi alutsista dan peningkatan kemampuan prajurit serta industri pertahanan sehingga memiliki kemampuan standart militer sehingga mampu meningkatkan kekuatan militer Indonesia, dan akhirya mampu menjaga kedaulatan NKRI yang sangat luas.

Dengan Jumlah prajurit TNI yang lebih dari 400.000 orang, 451 pesawat, 192 Helicopter, 315 Tank Tempur, 1300 kendaraan tempur lapis baja, 356 meriam tarik, 221 kapal laut termasuk diantaranya 8 frigate, 24 corvette dll ( dikutip dari globalfirepower.com)serta dana pertahanan tahun 2020 yang lebih dari Rp 131 Trilliun.

Baca Juga : Analisa Alutsista Indonesia

Kekuatan Militer Indonesia sebenarnya sudah cukup disegani dunia, dengan ditempatkan sebagai kekuatan militer ke 16 dari 137 Negara dan negara terkuat ke 5 di Asia di bawah Cina, Jepang, Korea dan Iran.

Di tahun ini Menhan Bapak Prabowo Subianto juga gencar melakukan lawatan ke negara – negara dengan industri pertahanan yang modern guna mencari alutsista tambahan guna memperkuat kekuatan militer indonesia yaitu TNI kita.

Dimana salah satu negara yang menarik perhatian adalah prancis dengan Jet tempur Dassault Raffale, Kapal selam scorpene dan kapal korvet Gowind.

Tentunya Kita tidak berharap akan ada konfrontasi langsung dengan negara lain, namun dengan kekuatan militer kuat maka negara lain akan berpikir ulang untuk berperang melawan Indonesia. Seperti pribahasa latin ” Si Vis Pacem, Parra Bellum” yang berarti jika kau menginginkan perdamaian maka bersiaplah untuk berperang.

Demikianlah Kekuatan Militer Dunia dan Kekuatan Militer Indonesia, Walau dengan persenjataan yang luar biasa kita tetap berharap ” Semoga Damai Indonesia dan makmur masyarakatnya ” …

Acuk Andrianto Seorang Perwira TNI AD Lulusan Akademi Militer ( Akmil ) Tahun 2004 Corps Infanteri. Membaca dan Menulis untuk meningkatkan Kemampuan Literasi .
error: Alert: Content is protected !!